Sukses

Sederet Potret Prosesi Sangjit Para Pesohor, Terbaru Tina Toon dan Suami

Masyarakat Tionghoa punya tradisi pernikahan tersendiri, salah satunya adalah prosesi sangjit. Prosesi yang jadi bagian dari langkah menuju pernikahan ini serupa dengan prosesi seserahan dalam adat Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Tionghoa punya tradisi pernikahan tersendiri, salah satunya adalah prosesi sangjit. Prosesi yang jadi bagian dari langkah menuju pernikahan ini serupa dengan prosesi seserahan dalam adat Jawa, seperti yang dilaksanakan mantan penyanyi cilik Tina Toon dan Daniel.

Dilansir dari Weddingku.com, prosesi sangjit dilakukan setelah lamaran dan di antara satu bulan hingga satu minggu sebelum tanggal pernikahan. Biasanya, acara ini diadakan di siang hari, yakni antara pukul 10.00 hingga 13.00, kemudian dilanjutkan dengan makan siang.

Dalam prosesi sangjit, calon mempelai pria datang bersama keluarganya dan memberikan hadiah untuk diserahkan kepada pihak mempelai perempuan beserta keluarganya. Hadiahnya terdiri dari 12 nampan yang setiap jenis barangnya memiliki makna tersendiri. Nampan tersebut berisi buah, kue, kain busana dan perhiasan.

Dilansir dari laman cihc.nl, di antara 12 nampan tersebut, ada dua hadiah yang tidak tergantikan. Salah satunya adalah uang susu yang dibungkus dalam angpau merah. Uang susu harus diberikan sebagai tanda terima kasih kepada ibu dari calon mempelai perempuan karena telah melahirkan dan membesarkan putrinya.

Satu hadiah lagi yang tidak bisa digantikan adalah lilin liong, yakni sepasang lilin merah besar yang diikat dengan pita merah. Lilin yang membawa simbol perlindungan dari pengaruh negatif ini harus dinyalakan di altar saat upacara pernikahan nantinya. Hadiah dari pihak keluarga calon mempelai pria selalu diterima oleh calon mempelai perempuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosesi Sangjit Tina Toon dan Daniel

Calon mempelai perempuan pun tidak tinggal diam. Mereka juga memberikan antaran balik kepada calon mempelai pria, yang berisi seserahan mempelai pria yang diambil sebagian, makanan manis, keperluan pria, dan juga sejumlah uang untuk dibagikan kepada pembawa nampan.

Calon mempelai perempuan tidak boleh menerima seserahan dari tunangannya secara penuh, sebab menerimanya akan membuat hubungan calon mempelai perempuan terputus dari keluarganya. Karena itulah, mereka wajib mengembalikan seserahan tersebut kepada calon mempelai pria agar keluarga pihak perempuan masih bisa turut serta dalam kehidupan calon pengantin.

Sementara, potret prosesi sangjit terbaru datang dari mantan penyanyi cilik Tina Toon. Ia sempat membagikan deretan unggahan tengah menjalani prosesi sangjit dengan pujaan hatinya, Daniel.

"Sangjit ❤," tulisnya singkat sebagai keterangan sederet unggahan. Di potret-potret tersebut, Tina dan Daniel kompak mengenakan ansambel serba merah marun yang memberi kesan tampilan elegan.

 

 

Pada kolom keterangan dituliskan perempuan berusia 29 tahun itu, bajunya merupakan cheongsam dari Bie Hin Tailor dan qipao rilisan Alethea Sposa. Potongan mode itu disempurnakan dengan mengenakan alas kaki berwarna serasi dari Enavant Wedding Shoes dan aksesori pelengkap oleh Peurle.

Makeup Tina yang menambah kesan elegan dalam tampilannya merupakan pulasan makeup artist @smmakeupstylist, sementara rambutnya ditata oleh Opick Mano. Di sisi Tina, calon suaminya tampil necis dengan tang suit berwarna serasi. Senada dengan busana mereka, dekorasi acara pun sarat sentuhan maroon, serta bunga warna-warni nan cantik.

Tina juga membagikan foto kedua orangtuanya yang mengenakan busana serba deep gold yang menambah kesan elegan prosesi tersebut. Ia pun menulis bahwa acara spesialnya dipandu MC Calvin Gunawan. Setelah prosesi sangjit, Tina Toon dan Daniel menikah pada Juni 2023 lalu.

3 dari 4 halaman

Yuanita Christiani dan Indra Wiguna

Presenter Yuanita Christiani menjalani prosesi sangjit bersama tunangannya pada 10 Februari 2019. Yuanita tampil elegan dalam prosesi tersebut. Gaun putih gading yang dikenakannya saat itu merupakan rancangan Soko Wiyanto.

Desain gaun dan tatanan rambut yang dikenakan membuat Yuanita semakin mirip dengan putri Tiongkok. Lalu pada 7 Maret 2019, pasangan ini resmi menikah dan kini telah dikaruniai seorang putri bernama Ariella Lenora Wiguna yang lahir pada 16 Maret 2020 lalu.

Nex Carlos dan Vienesca

Food Vlogger Nex Carlos dan Vienesca Laurencia pada 17 Desember 2022 menjalani ritual sangjit yang menjadi tradisi Tionghoa. Sama seperti menjalani tunangan dan memberikan seserahan, Nex Carlos dan Vienesca pun tampil menawan dengan balutan busana khas Tionghoa dengan warna merah. 

Kedua resmi menikah pada 8 Januari 2023 di Kuta Selatan, Badung, Bali. Pada hari yang sama, Nex Carlos juga menggelar resepsi pernikahan yang mewah dan penuh bunga. Tidak hanya dekorasinya yang mencuri perhatian, namun tamu undangan yang kebanyakan datang dari kalangan publik figur pun ikut tersorot

4 dari 4 halaman

Michelle Wanda dan Andy Sukandar

Nama Michelle Wanda jadi sorotan melalui serial Layangan Putus. Michelle berperan sebagai Dita, sahabat Kinan (Putri Marino) yang beprofesi sebagai dokter. Dalam kehidupan nyata, Michelle sebelumnya menggelar acara lamaran dan sangjit pada Januari 2022 lalu.

Dalam kolom keterangan, Michelle mengungkap rasa senang berkesempatan menggelar acara lamaran dan sangjit. "Seneng juga hari ini bisa menjalankan salah satu tradisi Chinese buat pasangan yang mau nikah," tulisnya.

Michelle menjelaskan bahwa lamaran yang ia dan pasangan lakukan digelar secara terbatas. "Seneng juga hari ini bisa menjalankan salah satu tradisi Chinese buat pasangan yang mau nikah. Biasanya Sangjit tuh heboh rame banget ngundang semua keluarga besar tapi karena kasus covid lagi rame jadi ya terbatas yang datang," katanya.

Sementara, Michelle dan Andy Sukandar melangsungkan pemberkatan pernikahan di Canisius Chapel, Jakarta Pusat pada Sabtu, 17 September 2022. Acara berjalan dengan sakral dan khidmat.

Michelle juga lebih memilih menggelar pernikahan secara intimate. Meski begitu, penampilannya pada hari bahagia itu begitu elegan. Mengenakan gaun pengantin berwarna putih dengan riasan wajah yang natural, membuatnya tampil menawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.