Sukses

Australia Bakal Basmi Kucing Liar dengan Mesin Pembunuh, Bisa Identifikasi Target dari Jarak 10 Km

Mesin pembunuh kucing tengah jadi sorotan hangat di Australia. Mesin yang dirancang dapat menembakkan gel beracun ke kucing liar akan diluncurkan di seluruh Negeri Kanguru dalam upaya menyelamatkan jutaan hewan asli yang terbunuh setiap tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Mesin pembunuh kucing tengah jadi sorotan hangat di Australia. Mesin yang dirancang dapat menembakkan gel beracun ke kucing liar akan diluncurkan di seluruh Negeri Kanguru dalam upaya menyelamatkan jutaan hewan asli yang terbunuh setiap tahun.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu, 12 Juli 2023, mesin pembunuh kucing bernama Felixer oleh kelompok Thylation. Mesin itu menggunakan empat sensor untuk mendeteksi kucing atau rubah liar sebelum menembakkan gel 1080 yang lengket dan sangat beracun ke bulu mereka.

Kucing atau rubah kemudian menjilati gel dari bulunya, menelan racunnya, dan mati. Kucing tidak mungkin mengambil umpan atau masuk ke dalam perangkap tetapi terus-menerus merawat diri, sehingga perangkat ini solusi yang lebih efisien dan manusiawi untuk kucing liar.

Kucing liar di seluruh Australia diperkirakan membunuh dua miliar mamalia asli, marsupial, reptil, katak, dan burung setiap tahun. Kucing peliharaan yang berkeliaran dan berburu membunuh tambahan 390 juta penduduk asli setiap tahun.

Gel beracun tersebut hanya akan ditembakkan ketika dua sensor di kedua sisi mesin mendeteksi bentuk kucing atau rubah secara bersamaan. Sebuah sensor di bagian bawah mesin mendeteksi kaki spesies asli yang pendek dan kekar seperti echidna dan wombat untuk memastikan gel tidak ditembakkan.

Sementara, sensor di bagian atas memastikan hewan yang lebih besar seperti emu dan dingo tetap aman. Felixer bertenaga surya itu menampung 20 kartrid gel, menyetel ulang secara otomatis setelah ditembakkan, dan mengambil foto semua hewan yang terdeteksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dirancang untuk Semprotkan Racun

Kemampuannya untuk membedakan antara spesies asli dan kucing liar diharapkan meningkat karena semakin banyak gambar targetnya yang diunggah ke software manajemennya. Mesin memutar 'umpan audio' untuk menarik perhatian kucing dan rubah. Sementara, pengaturan software mengontrol kepekaannya dan kemungkinan menembaki hewan asli.

Baru-baru ini, perangkat tersebut dilengkapi dengan teknologi buatan baru yang menghentikan target spesies asli dan terancam punah. Perangkat itu akan diluncurkan di seluruh Australia Barat untuk menghentikan 'dampak yang menghancurkan' kucing terhadap satwa liar asli.

Negara bagian akan menghabiskan 7,6 juta dolar AS atau setara Rp113,5 miliar selama lima tahun untuk membasmi kucing liar. Langkah ini juga akan mencakup peningkatan jumlah umpan dari 600.000 menjadi 880.000 per tahun.

Felixer menerima persetujuan Commonwealth untuk peluncuran skala besar daripada tujuan penelitian. Bergerak lebih jauh ke timur, Queensland Parks and Wildlife Service (QPWS) sedang menguji coba Felixers baru selama tiga bulan. Sejauh ini, 25 kucing telah dibasmi hanya dari jarak 10 kilometer (km).

3 dari 4 halaman

Uji Coba Mesin Pembunuh

Uji coba pertama dari mesin tersebut berhasil menargetkan 62 kucing dan melihat penurunan aktivitas kucing liar sebesar 66 persen. Pada 2020, peneliti dari University of New South Wales berhasil menguji coba perangkat Felixer di lahan berpagar seluas 2.600 hektare di Australia Selatan.

Setelah enam minggu, para peneliti menemukan bahwa dua pertiga dari 50 kucing liar di properti itu telah dibunuh oleh perangkat tersebut dan tidak ada satwa liar lain yang dirugikan. Salah satu peneliti utama studi tersebut, Katherine Moseby, mengatakan hasilnya sangat menjanjikan untuk memberantas kucing liar di Australia.

"Ini alat lain di kotak peralatan," katanya kepada Daily Mail Australia saat itu. "Dalam uji coba kami memiliki 100 persen tembakan pada kucing. Dalam beberapa uji coba lainnya, hewan asli memicu perangkat tetapi memiliki spesifisitas target yang jauh lebih tinggi daripada perangkap.

Moseby mengatakan timnya 'sangat senang' dengan hasil uji coba tersebut. Sementara biaya pembuatan setiap perangkat sekitar 15 ribu dolar AS atau sekitar Rp224juta, upaya sedang dilakukan untuk menurunkan harga sehingga lebih banyak orang dapat mulai membasmi kucing liar.

4 dari 4 halaman

Ancam Satwa Endemik Australia

Dikutip dari ABC News, kucing liar dianggap sebagai ancaman yang signifikan bagi banyak satwa asli, seperti numbat, woylies, walabi batu, burung dan reptil, dan penghalang bagi masuknya kembali spesies terancam ke habitat aslinya. Kucing-kucing tersebut terkait dengan kepunahan 28 spesies di Australia dan dianggap sebagai ancaman bagi 124 spesies lainnya. 

Thylation, perusahaan yang mengembangkan Felixers, dengan dukungan kelompok konservasi non-pemerintah dan hibah Persemakmuran, akan menyewakan 16 perangkat bertenaga surya kepada pemerintah Western Australia. Mereka menggambarkannya sebagai "alat baru, manusiawi dan otomatis untuk membantu mengendalikan dan mengurangi jumlah kucing dan rubah liar, dan dengan demikian meningkatkan kesejahteraan hewan asli".

Ditemukan bahwa mesin sangat pandai memilih target tertentu, perawatannya rendah setelah dipasang, berpotensi digunakan di mana umpan dan senjata api mungkin tidak sesuai, dan uji coba telah menunjukkan bahwa mereka aman untuk manusia dan beragam spesies asli. Namun, mereka mengatakan harganya mahal dan saat ini tidak cocok untuk digunakan dalam "skala lanskap" yang besar dan paling cocok untuk lokasi tertentu.

Misalnya, di tempat spesies terancam punah, seperti burung beo darat, di area terbatas, atau area di mana kucing liar mungkin berkumpul. Whitby mengatakan Felixers bekerja paling baik di lokasi di mana ada titik jepit yang memaksa banyak kucing melewati tempat yang sama, seperti selokan berbatu atau garis pagar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.