Sukses

Beda Penampakan Septic Tank yang Meledak di Wajo Sulsel dan Fosil 163 Tahun Lalu

Sebuah septic tank di rumah kos Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan tiba-tiba meledak. Akibat insiden tersebut, seorang pria berinisial SY harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar serius.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah septic tank di rumah kos Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan tiba-tiba meledak. Akibat insiden tersebut, seorang pria berinisial SY, harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar serius.

Kapolres Wajo Sulsel AKBP Fatchur Rochman mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilakukan Tim Puslabfor Polda Sulsel, diketahui penyebab ledakan itu adalah adanya unsur mirip aliran gas berada di septic tank diduga naik ke kamar mandi di rumah kos tersebut. Saat bersamaan, korban yang merupakan penghuni kamar kos masuk ke kamar mandi menyalakan korek api dengan maksud untuk merokok sambil buang air besar.

"Untuk informasi sementara dugaan Puslabfor Polda Sulsel hal itu yang memicu ledakan," ujar Kapolres, dikutip dari Antara, Senin, 10 Juli 2023.

Olah TKP dilaksanakan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Sulsel didampingi Tim inafis Polres Wajo dan diamankan oleh Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen C Brimob Bone. Dampak ledakan membuat dinding antara kamar tujuh dan delapan jebol.

Sedangkan, kondisi korban ledakan septic tank itu saat ini sedang mendapatkan perawatan intensif secara medis di Rumah Sakit Hikmah, Sengkang Kabupaten Wajo Sulsel. Selain itu, Kapolres Wajo bersama unsur Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan Tempe tetap memantau dan mengamankan TKP tersebut sambil menunggu hasil yang lebih pasti dari Puslabfor Polda Sulsel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diperkirakan Ada Sejak 1860

Septic tank meledak kerap terjadi karena dipicu adanya gas metana. Dalam kondisi tertentu, gas metana yang termasuk salah satu gas beracun mudah meledak. Gas-gas beracun lain yang ada dalam septic tank menimbulkan efek keracunan dan berbagai permasalahan kesehatan.

Dikutip dari laman Fresh Water Systems, septic tank pertama ditemukan pada 1860. Jean-Louis Mouras bertekad untuk menciptakan sistem pengelolaan limbah yang tidak melibatkan pembuangan air limbah secara manual ke luar.

Terinspirasi oleh toilet siram dari Yunani Kuno dan Roma, dia mengembangkan tangki tertutup yang mengumpulkan sampah saat keluar dari rumahnya. Ia menggabungkan penemuannya dengan septic tank, wadah yang perlahan-lahan membocorkan isinya ke tanah di sekitarnya.

Ia menggunakan penemuannya selama hampir satu dekade tanpa masalah. Penemuannya akhirnya diketahui di Amerika Serikat, di mana pengusaha lain memanfaatkan idenya dan memperbaiki desainnya.

Saat ini, septic tank adalah solusi populer untuk pengelolaan limbah di rumah-rumah pedesaan dan efektif dalam menyaring limbah saat memasuki tanah. Di bawah ini Anda dapat menemukan informasi tentang apa itu septic tank, cara kerjanya, serta keuntungan dan kerugian menggunakan sistem septik.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Septic Tank?

Septic tank adalah wadah terkubur yang merupakan bagian dari sistem pembuangan limbah untuk rumah yang tidak terhubung ke sistem saluran pembuangan. Ini bekerja bersama dengan saluran pembuangan dan serangkaian pipa untuk membuang limbah dari rumah.

Banyak rumah di pedesaan yang tidak memiliki akses ke sistem saluran pembuangan kota menggunakan sistem septik untuk membuang air limbah. Setelah biaya awal dan pemasangan, biaya perawatan untuk sistem septik sangat rendah jika dipasang dengan benar.

Tangki dengan kualitas terbaik dan termahal terbuat dari beton, tetapi juga dapat dibuat dari fiberglass dan polietilen. Tangki septik adalah wadah kedap air yang menampung semua air yang dialirkan dari rumah.

Saat limbah terkumpul di septic tank, ia terpisah menjadi tiga lapisan, yakni:

  1. Scum adalah lapisan atas limbah dalam tangki. Ini terdiri dari minyak dan lemak yang mengapung ke atas air saat diberi waktu untuk duduk. Scum adalah produk sampingan dari minyak goreng, sabun, dan lemak lain yang mungkin berasal dari produk pembersih atau cuci tangan.
  2. Effluent adalah lapisan tengah limbah yang terdiri dari sisa air setelah sampah mengapung ke atas dan lumpur tenggelam ke dasar tangki. Efluen dipompa melalui outlet tangki ke saluran pembuangan, di mana ia disebarkan ke tanah.
  3. Sludge adalah lapisan bawah limbah di septic tank. Ini terdiri dari limbah padat yang tenggelam ke dasar tangki saat terpisah dari air. Sludge juga terdiri dari produk sampingan dari limbah lain yang terurai di dalam tangki.
4 dari 4 halaman

Cara Kerja

Tangki septik mengandalkan bakteri untuk mengurai limbah padat yang mengendap di dasar. Setelah bagian padat dipecah menjadi cairan, lalu dipompa keluar ke saluran pembuangan.

Bidang pembuangan bekerja bersama dengan tangki septik. Limbah yang mengandung cukup cairan untuk dipompa keluar dari tangki dikosongkan ke dalam tanah melalui saluran pembuangan.

Masalah dapat timbul jika lapisan lumpur tangki menjadi terlalu tinggi. Ini dapat menyumbat pipa saluran keluar dan mencegah air keluar ke saluran pembuangan.

Saat ini, genangan air akan terbentuk di halaman Anda saat tangki meluap. Saat tangki Anda dikosongkan, aditif bakteri dapat ditambahkan untuk meningkatkan efisiensi bakteri yang memecah lumpur menjadi cairan.

Tangki septik biasanya terbuat dari beton, fiberglass, atau polietilen. Bahan-bahan ini ideal karena tidak mudah retak saat berada di bawah tanah. Jika septic tank retak, limbah akan bocor keluar dan membentuk genangan air di permukaan atas tangki. Tangki septik menampung air limbah cukup lama untuk memisahkan bagian padat dan minyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini