Sukses

Penyanyi OST Mulan Coco Lee Meninggal Bunuh Diri Usai Derita Depresi Bertahun-tahun

Coco Lee melejit berkat tembang RnB berjudul Before I Fall in Fall dan kemudian mengisi OST film Mulan. Keluarga mengabarinya ia berusaha bunuh diri pada akhir pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi sekaligus penulis lagu Coco Lee meninggal dunia pada Rabu, 5 Juli 2023. Ia mengembuskan napas terakhir setelah mencoba bunuh diri pada akhir pekan lalu, menurut pernyataan keluarga mendiang.

Dalam sebuah unggahan di Instagram, saudari Coco Lee, Nancy dan Carol Lee menyebut pelantun lagu soundtrack Mulan menderita depresi selama beberapa tahun terakhir. Ia lalu mencoba bunuh diri pada Minggu, 2 Juli 2023.

Mengutip laman Chanel News Asia, Kamis (6/7/2023), mereka menulis, "Meski tim rumah sakit telah mengerahkan usaha terbaik untuk menyelamatkan dan merawatnya dari koma, dia akhirnya meninggal dunia pada 5 Juli 2023."

Coco Lee memulai karier bermusiknya di Hong Kong pada era 1990an sebelum berhasil merekam album berbahasa Inggris pertamanya dan menembus tangga lagu AS. Kedua saudarinya menggambarkan sang bintang dengan kalimat 'telah memenangkan pengakuan internasional yang tak terhitung jumlahnya dengan lagu-lagu terlaris'.

"CoCo juga dikenal telah bekerja tanpa lelah untuk membuka dunia baru bagi penyanyi China di kancah musik internasional, dan dia berusaha sekuat tenaga untuk bersinar bagi orang China," tambah mereka.

"Kami sangat berterima kasih dan merasa terhormat memiliki saudara perempuan yang luar biasa dan luar biasa."

Nancy Lee dan Carol Lee juga mengucapkan terima kasih kepada staf medis dan meminta privasi untuk keluarga mereka. "Meskipun CoCo tidak lama berada di dunia, sinar cahayanya akan bertahan selamanya!"

Kepergian Coco Lee membawa duka bagi rekan sesama penyanyi. Jolin Tsai, penyanyi populer Taiwan, memberikan penghormatan khusus padanya di Facebook pada Rabu malam. Ia menulis dalam bahasa Mandarin, "Selalu mengingatmu dengan senyum paling cerah."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Unggahan Terakhir Coco Lee

Unggahan terakhir penyanyi Before I Fall in Love itu adalah pada 31 Desember 2022. Tergambarkan perjuangannya dalam mengatasi kesulitan yang dihadapinya selama ini. Ia mengaku bahwa kadang-kadang hidup tak tertahankan, tetapi ia berusaha bersikap seperti 'pejuang wanita' untuk menghadapinya tanpa rasa takut dan selalu tersenyum dan tertawa.

Coco Lee juga sempat menuliskan targetnya memasuki 2023. "Tujuan saya di tahun 2023 adalah untuk membagikan kisah hidup saya dan bagaimana saya menghadapi rintangan besar yang mengubah hidup n masih bisa menjaga sikap positif. Saya senang untuk mengatakan bahwa saya akhirnya menjalani diri saya yang sebenarnya. Itu perasaan terbaik dan saya bersyukur setiap hari masih hidup dan saya bisa berbagi pemikiran dengan Anda," tulisnya dalam bahasa Inggris.

Ia pun menitipkan pesan pada teman-teman dan pengikutnya agar berani bermimpi besar. Ia mengingatkan bahwa segala sesuatu dalam hidup adalah pilihan. "Jadi pilihlah apa yang membuat Anda bahagia dan bermakna," sambungnya.

Ia pun meminta agar setiap pengikutnya bisa menjadi bos atas hidup sendiri dan mempertahankan yang diyakini dengan sekuat hati. Di samping, ia meminta agar semua orang menjadi sosok yang bisa menginspirasi orang lain dengan terus menyebarkan cinta dan positivitas di mana-mana.

"Saya bayi pejuang wanita! Sama seperti Tembok Besar China, saya tidak akan pernah jatuh. Jika saya bisa mengatasi apa pun, Anda juga bisa! Kamu tidak sendiri, sesulit apapun hidup ini, aku bersamamu," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Awali Karier dengan Tak Sengaja

Unggahan tersebut disertai sejumlah potret. Salah satunya dua tato yang dibuat di lengannya yang bertuliskan Love dan Faith. Menurut Coco, dua kata itu menjadi favoritnya yang dibutuhkan untuk melewati tahun yang sulit.

Ia juga mengunggah potretnya sedang menggunakan tas drainase dan memperlihatkan berat badannya yang tertera di timbangan, yakni 42,3 kg. Ia juga sempat memperlihatkan foto saat dikelilingi teman-teman baiknya.

Mengutip CNN, Coco Lee lahir di Hong Kong, tetapi dibesarkan di San Francisco. Setelah sekolah menengah, dia kembali ke kota kelahirannya untuk berlibur yang dimanfaatkanya untuk mengikuti kontes menyanyi.

Lee berharap tidak melakukan apa-apa selain mendapatkan bayaran karena menabrakkan mobil ibunya dalam suatu kecelakaan. Dia memenangkan hadiah pertama dalam kontes, dan itu membuat roda karir popnya berputar. Suara R&B-nya yang dipadukan dengan hip hop Barat juga membuatnya populer di AS.

"Kami bersyukur kepada Tuhan karena memberi kami malaikat yang begitu baik. Kami tahu sekarang dia telah pergi ke tempat yang lebih bahagia dan tidak lagi menderita depresi. Kami percaya Tuhan menjaga kepentingan terbaiknya! Sekarang, tanggung jawab terbesar kami adalah merawat ibu kami yang sudah tua dengan baik. Saya harap semua orang akan berdoa untuk wanita tua yang malang ini & memberi kami waktu & privasi dalam penyembuhan," demikian pernyataan keluarga.

4 dari 4 halaman

Kontak Bantuan

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.