Sukses

UGM Bantah Dugaan Kasus Mahasiswa KKN Mesum yang Viral: Tak Seperti yang Diberitakan

Dugaan kasus mahasiswa KKN UGM yang mesum baru-baru ini beredar luas di jagat maya. Terkait isu viral tersebut, UGM pun angkat bicara dan tegas membantas kabar miring tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Dugaan kasus mahasiswa KKN UGM yang mesum baru-baru ini beredar luas di jagat maya. Terkait isu viral tersebut, UGM pun angkat bicara dan tegas membantas kabar miring tersebut.

Direktur Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) UGM Rustamadji menegaskan kabar miring yang beredar di berbagai media sosial mengenai dugaan mahasiswa KKN UGM yang mesum, tidak benar. Setelah isu itu mencuat, pengelola KKN-PPM UGM telah bergerak cepat untuk menanggapi.

"Setelah dilakukan investigasi, dinyatakan bahwa kejadian tersebut tidak seperti yang diberitakan. Tidak ada mesum seperti yang ramai diberitakan," kata Rustamadji dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 4 Juli 2023, dikutip dari Regional Liputan6.com.

Ia turut membantah terkait tidak ada penolakan dan pemulangan unit KKN di lokasi, termasuk tidak ada video dan foto seperti rumor yang berkembang. Kini, proses penanganan telah dilakukan dan diharapkan semua pihak dapat menyikapinya dengan bijaksana.

Dosen pembimbing lapangan dan DPkM tengah memitigasi dampak dan berkonsolidasi untuk memastikan agar kondisi dapat pulih dengan baik. Dengan kondisi ini, KKN tetap dilanjutkan sesuai dengan rencana awal di lokasi tersebut, disertai pengawasan dan perhatian serius.

"DPkM mewakili UGM berterima kasih kepada kepala desa serta semua pihak terkait sehingga permasalahan tersebut telah selesai dengan baik," jelas Rustamadji.

Sebelumnya, dugaan mahasiswa UGM yang sedang melakukan KKN berbuat mesum menjadi pembicaraan di media sosial. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Heboh Dugaan Kasus Mesum Mahasiswa KKN UGM

Baru-baru ini publik kembali dibuat heboh dengan kabar viral diduga mahasiswa UGM yang diduga bertindak mesum di lokasi Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Kabar tersebut mulai viral setelah terdapat unggahan di media sosial @UGM_FESS.

Pada cuitan yang diunggah di media sosial Twitter tersebut, seseorang menanyakan mengenai KKN yang diduga bebas. Hal tersebut, ia pertanyakan karena ada kiriman lain mengenai kabar mahasiswa yang berbuat mesum.

"kkn ugm_fess tuh sebebas itu yak? barusan dapet kiriman ada yang ketauan berbuat mes*m," tulis keterangan dalam unggahan tersebut pada Minggu, 2 Juli 2023.

Sontak dugaan perbuatan mesum di lokasi KKN diduga mahasiswa UGM itu pun menjadi viral dan ramai dibahas publik. Namun, pihak UGM langsung menginvestigasi mengenai kebenarannya.

Melalui unggahan Twitter resmi UGM, @UGMYogyakarta, kabar tersebut langsung diklarifikasi oleh direktur DPkM UGM, DR. dr. Rustamadji, M.Kes. Pihaknya menegaskan jika kabar tersebut telah dikonfirmasi tidak benar.

3 dari 4 halaman

Viral Video Pasangan Muda-mudi Diduga Mesum di TPU Tanah Kusir

Sebelumnya, dikutip dari News Liputan6.com, sepasang muda-mudi diduga berbuat mesum di lingkungan taman pemakaman umum (TPU) Tanah Kusir, Jalan Bintaro Raya, Jakarta Selatan. Aksi tak senonoh diabadikan oleh salah satu warga dan video viral di media sosial. Akun @lensa_berita_jakarta mengunggah rekaman video ke media sosial Instagram.

Terlihat, sepasang muda-mudi duduk-berhadap-hadapan di sebuah sepeda motor yang terpakir di dekat area makam. Salah seorang di antaranya menggerakkan tubuh ke depan dan belakang berulang-ulang.

"2 orang remaja terekam kamera sedang mesum di atas motor, kejadian ini terpantau kamera warga di makam tanah kusir. Diduga aksi tersebut terjadi karena minimnya pengawasan pihak makam tanah kusir dijadikan tempat berkumpulnya para remaja yg pacaran hingga malam," tulis pemilik akun seperti dikutip, Kamis, 11 Mei 2023.

Sementara pada Februari 2023 lalu, AR, seorang Dosen di Universitas Muhammadiyah Enrekang (Unimen), Sulawesi Selatan, tepergok mesum bersama mahasiswinya. Ironisnya aksi tak senonoh itu dilakukan di dalam perpustakaan kampus. 

Rektor Unimen Yunus Busa membenarkan ihwal kejadian tersebut. Dia menyebutkan bahwa aksi mesum tenaga pengajar dan mahasiswinya itu terjadi pada Minggu, 12 Februari 2023 malam. 

"Iya betul kejadiannya Minggu lalu," kata Yunus, Sabtu, 18 Februari 2023.

4 dari 4 halaman

Dosen Universitas Muhammadiyah Enrekang Tepergok Mesum Bareng Mahasiswi di Perpustakaan

Dia menjelaskan bahwa dosen yang tengah mesum dengan mahasiswinya dipergoki oleh satuan pengamanan (Satpam) kampus yang tengah berpatroli malam. Ia mengatakan, aksi tak senonoh dosen bersama mahasiswinya itu dipergoki langsung oleh sekuriti kampus saat sedang asyik mesum di Aula Perpustakaan Kampus II Universitas Muhammadiyah Enrekang. 

"Jadi sekuriti kita ini sedang patroli malam dan melintas di area perpustakaan. Tiba-tiba sekuriti kami mendapati oknum dosen AR dan seorang mahasiswi sedang melakukan hal terlarang," ungkap Yunus.

Saat ini, pihak kampus telah menjatuhkan sanksi kepada kedua pelaku. Yunus menyebutkan dosen berinisial AR itu diberi sanksi pemecatan, sementara mahasiswi yang melakukan aksi mesum dengan dosennya diberi sanksi skorsing. 

"Itu sudah menjadi kesepakatan dan sanksi tegas yang kami ambil," dia memungkasi. 

Yunus mengaku jika kasus mesum dosen dan mahasiswi tersebut telah ditangani pihak kampus. Sanksinya, dosen AR langsung dipecat sementara mahasiswi yang bersangkutan diskors. "Itu sudah menjadi tindakan tegas yang kami ambil," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini