Sukses

Mengulik Tren Hybrid Salon dan Klinik Kecantikan

Tren hybrid salon dan klinik kecantikan ini akhirnya memberi layanan kecantikan satu atap. Fasilitas ini salah satunya dimanfaatkan untuk memberi servis dengan harga lebih terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Tren kecantikan terus berubah dari waktu ke waktu. Di antara banyak, istilah "hybrid" mulai lekat dengan dunia beauty, termasuk dalam perpanjangan tren gabungan antara salon dengan klinik kecantikan.

Secara tradisional, keduanya merupakan fasilitas berbeda. Bahkan, di beberapa negara di dunia, izin bisnisnya pun bisa jadi lain. Tapi, dalam beberapa waktu terakhir, beauty enthusiast mulai melihat peleburan mereka atau setidaknya berada di satu lokasi, menawarkan "layanan kecantikan satu atap."

Menurut Premium Beauty News, dikutip Minggu (2/7/2023), perubahan besar-besaran di dunia kecantikan terjadi akibat pandemi COVID-19. Fleksibel jadi alasan banyak bisnis kecantikan mengubah "cara bermain" mereka, termasuk mengolaborasikan salon dan klinik kecantikan.

Layanan salon kecantikan, sebutnya, akhirnya tidak hanya membuat "seseorang jadi cantik," namun menawarkan pengalaman menyeluruh lewat pendekatan wellness. Karena itu, pelanggan sekarang bisa mendapati salon rambut yang juga memiliki spa unggulan sebagai salah satu contohnya.

Indonesia pun bukan pengecualian dalam tren ini. Salah satu yang berpraktik demikian adalah ETREA. General manager-nya, Flo, berkata bahwa awalnya, ERTEA hadir untuk menjawab kebutuhan para klien Martha Tilaar Salon & Spa yang menginginkan layanan kecantikan.

"Jadi, ketika klien datang ke tempat kami, mereka bisa menggabungkan treatment tradisional yang disediakan Martha Tilaar dan perawatan lebih modern di ETREA," katanya melalui pesan pada Liputan6.com, Jumat, 30 Juni 2023. "Misalnya, ketika seseorang ingin mencoba pico laser kami, mereka bisa melakukan facial terlebih dahulu di Martha Tilaar."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tren Hybrid Salon dan Klinik Kecantikan

Contoh lainnya, Flo menyambung, klien yang ingin melakukan meso hair, bisa melakukan hair spa terlebih dahulu di salon Martha Tilaar. Ia menyebut, "Ini merupakan kolaborasi yang belum ada sebelumnya dan berada di satu tempat yang sama, sehingga klien bisa menghemat waktu."

Menurut pihaknya, tren hybrid salon dan klinik kecantikan akan berkembang pesat ke depan, karena "banyak orang yang mementingkan efisiensi waktu." "Jadi, ketika datang ke salon, ekspektasi mereka bisa langsung cantik dalam waktu yang bersamaan," imbuhnya.

"Di ETREA, kami bahkan menyediakan layanan untuk para suami. Saat mengantar istri ke ETREA, mereka bisa pijat atau spa di Martha Tilaar. Kami ingin menyajikan layanan one stop bagi ibu-ibu, bapak-bapak, bahkan anak muda," ujar dia.

Flo berkata, pico laser jadi layanan perawatan terpopuler karena "menggunakan teknologi terbaru dan FDA approved." "Para klien sangat puas dengan hasil pico, terutama untuk menghilangkan flek dan melasma," ia menyebut. 

3 dari 4 halaman

Perawatan di Salon dan Klinik Kecantikan

Selain itu, katanya, treatment meso untuk double chin juga sangat diminati. "Memang terlihat hasilnya hanya dengan satu kali treatment," ia mengklaim. "Kami pun baru meluncurkan treatment PRP face dan hair yang cukup diminati."

Flo menjelaskan, layanan perawatan kecantikan ini dilakukan dengan cara mengambil darah si klien, lalu disuntikkan ke wajah maupun rambut. "Hasilnya juga terlihat setelah satu kali treatment," klaimnya.

Menurutnya, kenyamanan, value for money, dan dokter berpengalaman adalah tiga hal utama yang dicari pelanggan saat mempertimbangkan perawatan di salon dan klinik kecantikan. Ia berbagi, "Untuk perawatan kecantikan, pasti setiap orang ingin melihat hasil yang sepadan dengan uang yang mereka bayar."

Dengan demikian, dokter berpengalaman akan menanamkan kepercayaan tersendiri bagi klien. "Lalu, untuk beberapa orang yang masih takut ke salon dan klinik kecantikan pascapandemi, mereka umumnya mengutamakan kenyamanan," tuturnya.

Ia menyambung, "ETREA sendiri memiliki ruangan treatment 1-1. Jadi, satu orang di satu ruangan, sehingga lebih eksklusif untuk para klien dan kenyamanannya terjamin."

4 dari 4 halaman

Punya Banyak Promo dan Layanan Terjangkau

Demi mempertahankan konsumen loyal dan menarik pelanggan baru, Flo mengatakan bahwa pihaknya terus merilis treatment baru sesuai kebutuhan. "Tentunya dengan promo-promo yang menarik dan bersifat limited," ucapnya. "Kami juga baru meluncurkan loyalty card untuk pelanggan, sehingga mereka bisa mendapat benefit tambahan."

Saat ini, mereka masih punya promo yang terus berjalan, yaitu mix and match, di mana para klien bisa mendapat harga spesial berupa diskon sampai 60 persen jika mereka mengambil minimal delapan kali treatment. "Boleh dicampur antara satu treatment dengan treatment lain," katanya.

Juga, boleh sharing sampai dua orang. "Untuk promo-promo lain, boleh dicek di Instagram kami di @ETREAclinic karena kami suka mengadakan flash sale dadakan untuk mendapat promo terbaik di ETREA," katanya.

Sejalan dengan itu, di Australia, fasilitas hybrid salon dan klinik kecantikan telah dimanfaatkan untuk memberi layanan kecantikan dengan harga lebih terjangkau. TAFE SA, yang merupakan penyedia pendidikan dan pelatihan kejuruan terbesar di bagian selatan Australia, jadi salah satu penyedia jasanya.

Servisnya antara lain potong rambut, pewarnaan rambut, tata rambut, waxing, manikur, serta perawatan spa. Mereka juga menyediakan diskon tambahan untuk murid yang bisa memperlihatkan kartu pelajar mereka, mengutip situs webnya.

Jadi, apakah Anda tertarik mengunjungi fasilitas hyrid salon dan klinik kecantikan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.