Sukses

Dikunjungi Kaisar Jepang Naruhito, Candi Borobudur Dibuka Lebih Siang pada 22 Juni 2023

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan pertama ke Indonesia sejak naik takhta pada 2019 yang berlangsung selama tujuh hari.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana di Istana Bogor dan berkunjung ke beberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya, Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako akan segera melawat ke Candi Borobudur. Maka, pengelola destinasi Taman Wisata Candi Borobudur akan membuka kawasan tersebut lebih siang pada Kamis, 22 Juni 2023.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC), Febrina Intan menjelaskan bahwa untuk menjaga kondusivitas kunjungan tamu negara dari Jepang, area Taman Wisata Candi Borobudur ditutup bagi kunjugan wisatawan pada Kamis, 22 Juni 2023, dari pukul 06.00--10.00 WIB.

"TWC terlibat aktif berkoordinasi bersama berbagai pihak, antara lain Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar untuk mengawal hal-hal yang perlu dipersiapkan baik sebelum kunjungan maupun saat berada di destinasi," kata Febrina dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 20 Juni 2023.

General Manager of Borobudur Jamaludin Mawardi mengatakan penutupan dilakukan di seluruh area, mulai dari area parkir hingga zona I Candi Borobudur. "Namun jangan khawatir, dapat kami informasikan kepada masyarakat luas bahwa kunjungan wisatawan akan dibuka kembali pada pukul 10.00 WIB. Kami tunggu kehadiran wisatawan di Taman Wisata Candi Borobudur," kata dia.

Febrina berharap kunjungan itu bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur. Hal tersebut menjadi momentum untuk memperkenalkan pengalaman baru berkunjung ke Candi Borobudur.

"Kunjungan ini merupakan ajang bagi kami untuk memamerkan kekayaan warisan budaya Indonesia yang megah. Tak hanya itu, kami juga ingin menyuguhkan konsep pengelolaan baru untuk Candi Borobudur sebagai kawasan wisata yang tetap mengutamakan aspek konservasi, spiritual dan juga edukasi," Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kunjungan Kenegaraan ke Indonesia Pertama Kaisar Naruhito

Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore, 17 Juni 2023, sekitar pukul 16.20 WIB. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada 2019.

Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat, 23 Juni 2023. Dalam kunjungannya, Kaisar bersama Permaisuri dijadwalkan akan melaksanakan sejumlah kegiatan, termasuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Senin, 19 Juni 2023. Selain itu, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut bahwa Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia. Salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo, Jepang pada Juli 2022.

"Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang," ucapnya dikutip dari presidenri.go.id, Minggu, 18 Juni 2023.

3 dari 4 halaman

Berkunjung ke Kebun Raya Bogor

Saat menemui Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada awal pekan ini, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako diajak melihat Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Jokowi sengaja mengajak pemimpin Jepang itu setelah mengetahui Kaisar Naruhito sangat tertarik dengan Kebun Raya Bogor.

Kaisar Naruhito mengaku mengenal Kebun Raya Bogor lewat cerita ayahnya, Kaisar Akihito, yang berkunjung pada 1962. "Bapak Presiden mendapat informasi bahwa Kaisar Naruhito tertarik pada Kebun Raya Bogor, karena Naruhito kecil mendengarkan cerita langsung dari orangtuanya saat diantar jalan-jalan oleh Presiden Sukarno pada tahun 1962," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Senin, 19 Juni 2023.

Kaisar Naruhito menunjukkan antusiasmenya saat mengunjungi Griya Anggrek. Dia terlihat serius mendengarkan penjelasan dari Presiden Jokowi soal tanaman yang ada di Griya Anggrek. Tak hanya itu, Permaisuri Masako juga beberapa kali memotret tanaman yang ada di Griya Anggrek.

Dalam kunjungan ini, Jokowi juga mengajak Kaisar Naruhito menanam pohon bersama yang merupakan agenda rutin apabila pemimpin negara berkunjung ke Istana Bogor. Jenis pohon yang ditanam yakni pohon gaharu.

4 dari 4 halaman

Penampilan Iriana Jokowi dan Permaisuri Masako

Sebagai perwakilan pimpinan negara, Ibu Iriana Jokowi dan Permaisuri Masako tampil elegan dengan pakaian formal masing-masing. Sama-sama memakai pakaian bernuansa pastel, keduanya tampak akrab bercengkerama saat tengah berjalan-jalan di halaman Istana Bogor itu. 

Ibu Negara Iriana terlihat kalem dengan setelan busana nasional menyerupai kebaya modern dengan detail renda yang elegan berwarna merah muda salem. Dia memadukannya dengan bawahan kain yang berwarna sedikit lebih gelap dengan ilustrasi modern yang mencuri perhatian. 

Di pundak sebelah kanannya, tergantung selendang yang tampak bermotif songket dengan warna senada. Sementara sepatunya adalah heels formal berwarna hitam. Melengkapi penampilannya, Iriana Jokowi mengenakan bros silver di kerah kebayanya, anting-anting dan cincin. Beliau mempercantik rambutnya yang dikonde dengan aksesori tusuk konde berwarna emas.

Sementara, Permaisuri Owada Masako menggunakan pakaian formal berupa setelan blazer dua kancing dengan kemeja putih dan rok span sebetis berwarna biru pastel. Permaisuri berusia 59 tahun itu memadukan setelannya dengan heels berwarna putih. 

Sebagai aksesori, Permaisuri Masako menggunakan topi bundar berwarna putih dengan garis biru muda dan clutch kecil berwarna senada. Beliau juga menggunakan kalung dan anting-anting mutiara sebagai pemanis. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.