Sukses

Korbankan Diri, Begini Pesan Terakhir Ibu dari 4 Anak Korban Selamat Kecelakaan Pesawat di Hutan Amazon

Ibu empat anak korban selamat kecelakaan pesawat di Hutan Amazon itu diketahui masih hidup selama empat hari sebelum meninggal dunia dan meninggalkan anak-anaknya yang masih belia.

Liputan6.com, Jakarta - Insiden kecelakaan pesawat di Hutan Amazon menyisakkan duka mendalam. Ibu empat anak yang secara ajaib selamat dari kecelakaan pesawat di Hutan Amazon menyuruh anak-anaknya "pergi" dan menyelamatkan diri sebelum ia meninggal dunia.

Dikutip dari Mirror, Senin (12/6/2023), anak-anak Magdalena Mucutuy Valencia yang berusia antara 11 bulan dan 13 tahun, selamat setelah bertahan selama 40 hari di hutan usai kecelakaan pesawat pada 1 Mei 2023. Detail mengerikan dari pengalaman mereka muncul saat sang suami Manual Ranoque mengungkapkan pesan memilukan yang diberikan kepada putri sulung Magdalena, Lesly, dalam perjuangannya untuk tetap hidup.

Berbicara kepada pers di Bogota, Ranoque berkata, "Putri saya telah memberi tahu saya bahwa ibu mereka masih hidup selama empat hari."

Ia menambahkan, "Mari kita perjelas, gadis itu (Lesly) tahu segalanya. Satu-satunya hal yang dia klarifikasi adalah bahwa ibunya masih hidup selama empat hari."

"Sebelum dia meninggal... dia menyuruh mereka 'pergi!' Dan, 'kamu akan mengetahui seperti apa ayahmu... dan seperti apa cinta ayahmu'," lanjutnya.

Tragedi itu terungkap ketika sebuah pesawat kecil yang ditumpangi keluarga, yakni Cessna 206, terbang dari Araracuara, Kolombia, menuju San Jose del Guaviare, menghilang dari radar setelah pilot mengalami kerusakan mesin. Pesawat kecil itu jatuh ke hutan dan reruntuhannya kemudian ditemukan oleh militer.

Penemuan tersebut memicu operasi besar untuk menemukan Magdalena dan anak-anaknya yang hilang. Buah yang dimakan di tempat kejadian juga menunjukkan bahwa mereka selamat dari kecelakaan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara 4 Anak Korban Kecelakaan Pesawat Bertahan Hidup di Hutan Amazon

Sejak itu terungkap bahwa Magdalena bertahan hidup selama empat hari sebelum menyuruh keempat anaknya untuk meninggalkannya dan menyelamatkan diri. Sejak ditemukan sekitar tiga mil dari lokasi kecelakaan dan dibawa ke tempat aman pada Jumat, 9 Juni 2023, empat anak, yakni Lesly Jacombaire Mucutuy (13), Soleiny Jacombaire Mucutuy (9), Tien Noriel Ronoque Mucutuy (4), dan Cristin Neriman Ranoque Mucutuy yang berusia satu tahun, tetap berada di rumah sakit militer di Bogota.

Fidencio Valencia, paman anak-anak tersebut, mengatakan kepada media lokal Noticias Caracol bahwa anak-anak mulai berbicara tentang insiden itu. Salah satu dari mereka mengatakan bahwa mereka bersembunyi di batang pohon untuk melindungi diri mereka sendiri di kawasan hutan yang dipenuhi ular, hewan, dan nyamuk.

"Mereka setidaknya sudah makan, sedikit, tapi makan," katanya usai menjenguk mereka di rumah sakit militer di Bogota, Kolombia.

Dairo Juvenal Mucutuy, paman lainnya, mengatakan kepada media lokal bahwa salah satu anak ingin mulai berjalan, tetapi tidak bisa karena "kakinya sakit".

3 dari 4 halaman

Makanan yang Dikonsumsi 4 Anak Korban Kecelakaan Pesawat

Pihak berwenang dan anggota keluarga mengatakan anak-anak yang berasal dari kelompok Pribumi Huitoto, bertahan hidup dengan memakan tepung singkong dan biji-bijian. Buah-buahan hutan hujan juga merupakan kunci kelangsungan hidup mereka.

Sebuah video angkatan udara yang dirilis pada Jumat, 9 Juni 2023, menunjukkan sebuah helikopter menggunakan tali untuk menarik anak-anak itu karena tidak dapat mendarat di hutan hujan lebat tempat mereka ditemukan. Militer juga mengunggah foto yang menunjukkan sekelompok tentara dan sukarelawan berpose bersama anak-anak, yang terbungkus selimut termal.

Ranoque mengatakan penyelamatan menunjukkan bagaimana sebagai "penduduk asli, kami dilatih untuk mencari" di tengah hutan. "Kami membuktikan kepada dunia bahwa kami menemukan pesawat... kami menemukan anak-anak," tambahnya.

Beberapa anggota masyarakat adat membakar dupa sebagai bagian dari upacara di luar rumah sakit militer Bogota pada Minggu, 11 Juni 2023, untuk berterima kasih atas penyelamatan anak-anak itu. Luis Acosta, koordinator penjaga Pribumi yang merupakan bagian dari pencarian di Amazon, mengatakan anak-anak itu ditemukan sebagai bagian dari apa yang disebutnya sebagai "kombinasi kearifan leluhur dan kearifan Barat... antara teknik militer dan teknik tradisional. "

4 dari 4 halaman

Kata Presiden Kolombia Usai Kecelakaan Pesawat di Hutan Amazon

Dikutip dari BBC, Presiden Kolombia Gustavo Petro mengatakan penemuan itu adalah "hari ajaib". Mereka sendirian, mereka sendiri mencapai contoh kelangsungan hidup total yang akan tetap ada dalam sejarah," lanjutnya.

Anak-anak itu termasuk dalam kelompok pribumi Huitoto. Petro membagikan foto beberapa anggota militer dan komunitas Pribumi yang merawat saudara kandung yang telah hilang selama 40 hari.

Salah satu anggota penyelamat mengangkat botol ke mulut anak terkecil, sementara yang lain memberi makan salah satu anak lain dari cangkir dengan sendok. Sebuah video yang dibagikan oleh Kementerian Pertahanan Kolombia menunjukkan anak-anak itu diangkat ke dalam helikopter dalam kegelapan di atas pohon-pohon tinggi di hutan.

Mereka telah diterbangkan ke ibu kota negara Bogota, dengan ambulans membawa mereka ke rumah sakit untuk perawatan medis lebih lanjut. Nenek anak-anak itu, Fatima Valencia, mengatakan setelah penyelamatan mereka, "Saya sangat berterima kasih, dan juga kepada ibu pertiwi, bahwa mereka telah dibebaskan."

Ia mengatakan anak sulung dari empat bersaudara itu terbiasa menjaga tiga lainnya ketika ibu mereka sedang bekerja. Hal itu membantu mereka bertahan hidup di hutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini