Sukses

Jadi Staf Ahli Menpora Dito Ariotedjo, Berapa Gaji Mikha Tambayong?

Dengan menduduki kursi pemerintah sebagai staf ahli Menpora, Mikha Tambayong tentunya menerima gaji dan tunjangan.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris dan penyanyi Mikha Tambayong mendapat tugas baru mulai Mei 2023 kemarin. Mikha didapuk menjadi salah satu staf ahli Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Mikha menjadi staf ahli bidang komunikasi publik.

Menpora Dito Ariotedjo memperkenalkan langsung Mikha Tambayong sebagai staf ahlinya kepada publik pada saat pelepasan timnas bisbol putri yang mengikuti Kejuaraan BFA Women's Baseball Asian Cup, 21 Mei--2 Juni 2023 di Hong Kong pada awal Mei lalu. Menpora Dito Ariotedjo berharap dengan menggaet kawan-kawan muda influencer di Kemenpora, akan berdampak positif dan bisa menggaet perhatian publik terhadap olahraga di Tanah Air.

Dengan menduduki kursi pemerintah, Mikha pastinya menerima gaji dan tunjangan. Lantas berapakah gaji yang diterima istri dari Deva Mahenra itu sebagai Staf Ahli Menpora?

Dilansir dari Perpres Nomor 68 Tahun 2019 khususnya pasal 67 disebutkan bahwa jabatan Staf Ahli berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri atau Menteri Koordinator dan dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal atau Sekretaris Kementerian atau Sekretaris Kementerian Koordinator. Tugas Staf Ahli yaitu memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis kepada menteri atau menteri koordinator sesuai keahliannya.

Terakhir disebutkan Staf Ahli sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling banyak 5 (lima) Staf Ahli dan tidak melebihi jumlah unsur pelaksana. Selanjutnya, pada pasal 85 ayat (2) Staf Ahli adalah Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau jabatan struktural eselon I.b.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Gaji dan Tunjangan Mikha Tambayong

Kesimpulannya, besaran gaji dan tunjangan yang dapat didapat Mikha paling tinggi setara dengan Jabatan Struktural eselon I.b Menpora. Besaran gaji pokok yang diterima Mikha setara dengan PNS golongan IV e/d yang sebesar Rp3.447.200 sampai Rp 5.901.200.

Gaji itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019. Selain gaji, Mikha juga akan mendapatkan tunjangan, salah satunya tunjangan kinerja (tukin). Besaran tukin pegawai Kemenpora diatur dalam Perpres Nomor 14 Tahun 2019.

Dalam beleid tersebut, Mikha Tambayong sebagai Staf Ahli berada di kelas jabatan 16 yang besaran tukinnya mencapai Rp17.413.000.  Jadi, total besaran gaji dan tunjangan yang didapat Mikha Tambayong menjadi Staf Ahli Menpora berkisar Rp20.860.200 sampai Rp23.314.200, tapi pendapatan ini belum termasuk tunjangan lainnya.

Sementara, Mikha diketahui lahir di Jakarta, 15 September 1994 dan memiliki nama lengkap Maudy Mikha Maria Tambayong. Ia merupakan anak dari pasangan Michael dan Deva Tambayong. Ibunya adalah kakak kandung dari penyanyi senior Harvey Malaiholo.

Mikha sendiri selama ini dikenal juga cukup menyukai olahraga. Dia kerap bermain bola basket. Mikha sempat unjuk kemampuan bermain basket dihadapan legenda NBA Jason Richardson beberapa tahun lalu.

3 dari 4 halaman

Pernikahan Mikha dan Deva

Mikha juga sempat berpacaran dengan pemain basket Daniel Wenas. Sayangnya hubungan asmara ini kandas di tengah jalan. Pada awal tahun ini Mikha baru saja menikah dengan Deva Mahenra. 

Keduanya melangsungkan pernikahan pada Sabtu, 28 Januari 2023 di hotel Ritz Carlton, Bali. Mengenakan busana bernuansa hijau mint, keduanya jadi "pengantin Sulawesi," sebagaimana dituliskan Mikha di unggahan akun Instagram-nya, Sabtu (28/1/2023). Diketahui bahwa baju pengantin itu merupakan rancangan desainer Vera Anggraini.

Di momen itu, Mikha tampil menawan dengan kebaya panjang yang "ekornya" menyapu lantai. Lengan balon kebayanya memberi sentuhan desain klasik pada siluetnya. Makeup-nya cenderung sederhana dengan sentuhan warna merah muda lembut di bagian pipi dan bibir.

Rambut Mikha ditata dalam sanggul rapi dan dilengkapi aksesori. Di sisinya, Deva tampil gagah dengan beskap berwarna senada. Keduanya pun memakai wastra serasi sebagai pelengkap penampilan mereka.

Di potret berbeda, keduanya memakai busana pengantin konvensional, dengan gaun putih untuk Mikha dan jas serasi, serta celana panjang cokelat untuk Deva. Strapless dress Mikha, sebagaimana dituliskannya, merupakan warisan dari ibundanya.

4 dari 4 halaman

Pelantikan Menpora Dito Ariotedjo

Di keterangan unggahan, Mikha Tambayong menulis, "28.01.2023. Married my best friend in my Mother’s dress. What a dream." Unggahan pernikahan Mikha Tambayong dan Deva Mahenra pun dibanjiri ucapan selamat dan doa-doa baik, baik dari sesama rekan pesohor maupun masyarakat awam

Sementara itu, Dito Ariotedjo resmi mengemban tugas sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Kabinet Indonesia Maju pada Senin, 3 April 2023. Pria dengan nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo kini berusia 32 tahun.

Hal ini selaras dengan keinginan Jokowi memiliki menteri pemuda berusia muda dalam kabinetnya. Dito yang sebelumnya menjadi tenaga ahli di Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian diyakini mempunyai rekam jejak sesuai yang diinginkan Presiden Jokowi.

Melihat latar pendidikannya, Dito adalah lulusan SMAN 6 Jakarta dan Fakultas Hukum Universita Indonesia (FHUI). Dunia kampus dijalani Dito dengan sibuk berorganisasi dan menjadi aktivis melalui jalur badan eksekutif mahasiswa (BEM) dengan mengemban tanggung jawab sebagai bendahara umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini