Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Harta Kekayaan Jaksa yang Laporkan Siswi SMP Pengkritik Wali Kota Jambi ke Polisi Dianggap Tak Wajar

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini yang pertama mengenai seorang siswi SMP Negeri 1 berinisial SFA dengan akun Tiktok @fadiyahalkaff sedang viral karena mengkritik Wali Kota Jambi dan Pemerintah Kota Jambi lalu dilaporkan ke Polda Jambi. Pelapornya Muhammad Gempa Awaljon Putra yang menjabat Kabag Hukum Pemkot Jambi yang juga masih berstatus jaksa.

Warganet riuh menuding Gempa merangkap jabatan. Namun, pihak Kejaksaan Tinggi membela Gempa. "Bahwa saudara Muhammad Gempa Awaljon Putra sejak tanggal 3 Februari 2023 telah dilantik sebagai Kabag Hukum Pemkot Jambi dan telah diberhentikan dari jabatannya sebagai Kasi Perdata dan Tata Usaha Negera berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Tanggal 6 Februari 2023," kata Asisten Intelijen Kejati Jambi Nophy T Suoth ke wartawan, Selasa, 6 Juni 2023, mengutip kanal News Liputan6.com.

Berita kedua yang paling banyak dibaca adalah mengenai samudra awan buatan hotel mewah di jantung Tokyo, Jepang, kembali menyapa. Sejak 2020, Samudra Awan Tokyo, atau Tokyo Unkai dalam bahasa Jepang, melibatkan pemasangan nozel yang dirancang khusus, sehingga formasi awan buatan muncul di area taman cekung Hotel Chinzanso.

Taman ini ikut dihiasi berbagai fitur yang terlihat alami, seperti lampion bambu. Terdapat pula jalan setapak dengan deretan sekitar 300 lonceng angin bergaya Edo Jepang yang tergantung di atas.

Selanjutnya berita ketiga mengenai Namibia adalah sebuah negara di Afrika bagian barat daya tepatnya di pesisir Atlantik. Namibia berbatasan dengan Angola dan Zambia di sebelah utara, Botswana di timur dan Afrika Selatan di selatan. Selengkapnya di top 3 berita hari ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Harta Kekayaan Jaksa yang Laporkan Siswi SMP Pengkritik Wali Kota Jambi ke Polisi Dianggap Tak Wajar

Seorang siswi SMP Negeri 1 berinisial SFA dengan akun Tiktok @fadiyahalkaff sedang viral karena mengkritik Wali Kota Jambi dan Pemerintah Kota Jambi lalu dilaporkan ke Polda Jambi. Pelapornya adalah Muhammad Gempa Awaljon Putra yang menjabat sebagai Kabag Hukum Pemkot Jambi yang juga masih berstatus jaksa.

Warganet pun riuh menuding Gempa merangkap jabatan. Namun, pihak Kejaksaan Tinggi membela Gempa. "Bahwa saudara Muhammad Gempa Awaljon Putra sejak tanggal 3 Februari 2023 telah dilantik sebagai Kabag Hukum Pemkot Jambi dan telah diberhentikan dari jabatannya sebagai Kasi Perdata dan Tata Usaha Negera berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Tanggal 6 Februari 2023," kata Asisten Intelijen Kejati Jambi Nophy T Suoth kepada wartawan, Selasa, 6 Juni 2023, mengutip kanal News Liputan6.com.

Menurut Nophy, tindakan pelaporan Muhammad Gempa Awaljon Putra dilakukan dalam kapasitasnya sebagai Kabag Hukum Pemkot Jambi, bukan jaksa di lingkungan Kejaksaan RI.

"Bahwa sejak saudara Muhammad Gempa Awaljon Putra dilantik sebagai Kabag Hukum Pemkot Jambi, pelaksanaan tugas-tugas yang bersangkutan bukan lagi dalam kapasitas sebagai jaksa melainkan sebagai Kabag Hukum yang bertanggung jawab kepada Wali Kota Jambi," jelasnya.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Hotel Mewah Pakai Awan Buatan untuk Menghalau Cuaca Panas

Samudra awan buatan hotel mewah di jantung Tokyo, Jepang, kembali menyapa. Sejak 2020, Samudra Awan Tokyo, atau Tokyo Unkai dalam bahasa Jepang, melibatkan pemasangan nozel yang dirancang khusus, sehingga formasi awan buatan muncul di area taman cekung Hotel Chinzanso.

Taman ini juga dihiasi berbagai fitur yang terlihat alami, seperti lampion bambu. Terdapat pula jalan setapak dengan deretan sekitar 300 lonceng angin bergaya Edo Jepang yang tergantung di atas.

Untuk merayakan ulang tahun ke-70 hotel, objek wisata ini telah ditingkatkan jadi "Great Sea of Clouds" dengan menggunakan nozel lebih canggih yang dapat menghasilkan awan lebih asli, dikutip dari Japan Today, Selasa, 6 Juni 2023. Itu disebut menggunakan semprotan dua kali lebih banyak.

Samudra Awan biasa dibuat lima kali sepanjang hari, sedangkan Samudra Awan Besar muncul sekali di pagi hari dan dua kali di sore hari. Ini semua dilakukan antara 3 Juli dan 18 September 2023, menjadikannya bukan hanya fitur mempercantik lanskap, tapi juga menghalau cuaca panas selama bulan-bulan bersuhu tinggi.

Selengkapnya..

4 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Namibia, Negara Afrika yang Pernah Jadi Korban Genosida Jerman

Namibia adalah sebuah negara di Afrika bagian barat daya tepatnya di pesisir Atlantik. Namibia berbatasan dengan Angola dan Zambia di sebelah utara, Botswana di timur dan Afrika Selatan di selatan.

Mengutip dari Britannica, Minggu, 4 Juni 2023, Namibia merdeka dari Afrika Selatan pada 1990 sehingga menjadi salah satu negara termuda di dunia. Ibu kota Namibia ialah Windhoek. Dengan luas sekitar 825.615 meter persegi, Namibia tercatat sebagai negara terbesar ke 34 di dunia.

Namibia terbagi menjadi 13 wilayah antara lain Caprivi, Erongo, Hardap, Kavango, Karas, Khomas, Kunene, Ohangwena, Omaheke, Omusati, Oshana, Oshikoto serta Otjozondjupa. Keberadaan Gurun Namib yang besar dan kering membuat Namibia jadi salah satu negara paling sedikit penduduknya di dunia.

Sebelum kemerdekaannya pada 1990, daerah tersebut dikenal sebagai Afrika Barat Daya Jerman (Deutsch-Südwestafrika). Namun orang Eropa pertama yang turun dan menjelajahi daerahnya adalah navigator Portugis Diogo Cao pada 1485 dan Bartolomeu Dias pada 1486, tetapi bangsa Portugis tidak mencoba untuk mengklaim daerahnya.

Selengkapnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini