Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Somalia, Negara Afrika yang Berada di Garis Khatulistiwa

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 berita hari ini mengenai fakta menarik Somalia yang merupakan negara paling timur Afrika. Wilayah Somalia membentang dari selatan Khatulistiwa ke utara Teluk Aden dan menempati posisi geopolitik penting antara Afrika sub-Sahara dan negara-negara Arab dan Asia barat daya.

Mengutip dari laman Britannica, Senin 22 Mei 2023, ibu kota Somalia adalah Mogadishu, terletak tepat di utara Khatulistiwa di Samudera Hindia. Somalia dikenal sebagai negara yang rentan mengalami perang saudara, konflik teritorial, dan pemerintahan yang tidak stabil. 

Selanjutnya berita kedua yang paling banyak dibaca adalah mengenai sekelompok aktivis perubahan iklim mengubah air biru Air Mancur Trevi di Roma, Italia menjadi hitam. Mereka melakukannya dengan arang yang diencerkan pada Minggu, 21 Mei 2023.

Dikutip dari CNN pada Selasa, 23 Mei 2023, sekitar 10 aktivis dari kelompok iklim Ultima Generazione (Generasi Terakhir) memasuki air mancur ikonik Roma itu dengan membawa spanduk bertuliskan "Jangan bayar untuk kampanye fosil mengingat apa yang terjadi di Emilia Romagna." 

Berita ketiga yang paling banyak dibaca adalah mengenai Toko Buku Gunung Agung berencana untuk menutup outlet yang masih tersisa pada 2023. Penutupan ini jadi kabar yang mengejutkan bagi masyarakat Indonesia, dengan kehadiran Toko Buku Gunung Agung yang sudah menjadi salah satu pilihan membeli buku dan peralatan alat tulis.

PT GA Tiga Belas atau Toko Buku Gunung Agung dalam keterangannya menjelaskan bahwa, keputusan tersebut diambil lantaran kerugian operasional bulannya yang semakin besar, sehingga sulit untuk mempertahankan bisnisnya. Selengkapnya di top 3 berita hari ini.

2 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Somalia, Negara Afrika yang Berada di Garis Khatulistiwa

Ibu kota Somalia adalah Mogadishu, terletak tepat di utara Khatulistiwa di Samudera Hindia. Somalia dikenal sebagai negara yang rentan mengalami perang saudara, konflik teritorial, dan pemerintahan yang tidak stabil.

Permusuhan sipil selama beberapa dekade telah menghancurkan ekonomi dan infrastruktur Somalia serta membagi negara itu menjadi wilayah-wilayah di bawah kekuasaan berbagai entitas. Masih banyak hal mengenai Somalia selain letak geografisnya.

Republik Somalia dibentuk pada 1960 oleh federasi bekas jajahan Italia dan protektorat Inggris. Mohamed Siad Barre atau dikenal juga sebagai Maxamed Siyaad Barre memegang pemerintahan diktator atas negara dari Oktober 1969 hingga Januari 1991, dia digulingkan dalam perang saudara berdarah yang dilakukan oleh gerilyawan berbasis klan.

Setelah Siad jatuh dari kekuasaan, peperangan terus berlanjut dan negara tidak memiliki pemerintahan terpusat yang efektif masalah yang terus berlanjut hingga abad ke-21. Selain itu, pemerintah de facto mendeklarasikan pembentukan Republik Somaliland yang merdeka di utara pada 1991. Demikian pula, pada 1998 wilayah otonom Puntland (Negara Bagian Puntland Somalia) memproklamirkan diri di timur laut.

Selengkapnya..

3 dari 4 halaman

Aktivis Lingkungan Hitamkan Air Mancur Trevi di Roma, Protes Banjir Dahsyat di Italia

Sekelompok aktivis perubahan iklim mengubah air biru Air Mancur Trevi di Roma, Italia menjadi hitam dengan arang yang diencerkan pada Minggu, 21 Mei 2023.

Dikutip dari CNN pada Selasa, 23 Mei 2023, sekitar 10 aktivis dari kelompok iklim Ultima Generazione (Generasi Terakhir) memasuki air mancur ikonik Roma itu dengan membawa spanduk bertuliskan "Jangan bayar untuk kampanye fosil mengingat apa yang terjadi di Emilia Romagna." 

Hal ini mengacu pada banjir mematikan yang terjadi baru-baru ini di daerah Emilia Romagna, bagian di utara Italia yang menurut beberapa ahli berkaitan dengan krisis iklim. "Negara kita sekarat," bunyi spanduk lainnya. Menyusul aksi penghitaman air mancur tersebut, seluruh aktivis ditangkap dan dihadapkan pada tuduhan perusakan, menurut polisi Roma.

Luisa Regimenti, anggota dewan personel, keamanan kota, kepolisian, dan pemerintah di wilayah Lazio yang mencakup kota Roma, mengutuk tindakan tersebut. Dalam pernyataan tertulisnya, ia menyebutnya sebagai "aksi demonstratif eko-vandalisme yang kesekian" yang berdampak pada "simbol Roma yang dikenal di seluruh dunia."

Selengkapnya..

4 dari 4 halaman

Toko Buku Gunung Agung Beri Diskon sampai 70 Persen Jelang Ditutup Akhir 2023

Toko Buku Gunung Agung berencana untuk menutup outlet yang masih tersisa pada 2023. Penutupan ini menjadi kabar yang mengejutkan bagi masyarakat Indonesia, dengan kehadiran Toko Buku Gunung Agung yang sudah menjadi salah satu pilihan membeli buku dan peralatan alat tulis.

PT GA Tiga Belas atau Toko Buku Gunung Agung dalam keterangannya menjelaskan bahwa, keputusan tersebut diambil lantaran kerugian operasional bulannya yang semakin besar, sehingga sulit untuk mempertahankan bisnisnya. 

Pada 2020 saat pandemi COVID-19 melanda, Toko Gunung Agung telah melakukan efisiensi dengan menutup sejumlah toko/outlet yang tersebar di beberapa kota yaitu Surabaya, Semarang, Gresik, Magelang, Bogor, Bekasi, dan Jakarta.

"Namun, penutupan toko/outlet tidak hanya kami lakukan akibat dampak dari pandemi pada 2020 saja, karena kami telah melakukan efisiensi dan efektivitas usaha sejak 2013 untuk berjuang menjaga kelangsungan usaha dan mengatasi kerugian usaha," demikian keterangan tertulis Toko Buku Gunung Agung, dikutip Senin, 22 Mei 2023, mengutip kanal Bisnis Liputan6.com

Selengkapnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini