Sukses

Makna Warna Mahkota Borobudur yang Diraih Pemenang Puteri Indonesia 2023

Kontes kecantikan Puteri Indonesia 2023 telah mengumumkan finalis yang berhak dimahkotai Mahkota Borobudur. Gelar Puteri Indonesia 2023 berhasil disabet oleh wakil Jawa Barat, Farhana Nariswari Wisandana.

Liputan6.com, Jakarta - Kontes kecantikan Puteri Indonesia 2023 telah mengumumkan finalis yang berhak dimahkotai Mahkota Borobudur. Gelar Puteri Indonesia 2023 berhasil disabet oleh wakil Jawa Barat, Farhana Nariswari Wisandana.

Pemenang Puteri Indonesia 2023 terungkap dalam malam grand final yang terselenggara di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, pada Jumat, 19 Mei 2023. Pengumuman pemenang itu diikuti dengan Farhana dimahkotai Mahkota Borobudur Merah oleh Puteri Indonesia 2022 Laksmi De-Neefe Suardana.

Runner-up 1 jatuh kepada Yasinta Aurellia dari Jawa Timur yang menyandang gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2023. Yasinta dikenakan Mahkota Borobudur Biru oleh Puteri Indonesia Pariwisata 2022 Cindy May McGuire.

Sedangkan, runner-up 2 diraih oleh wakil Lampung, Lulu Zaharani Krisna Widodo sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2023. Ia dimahkotai Mahkota Borobudur Hijau oleh Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Adinda Cresheilla.

Ketiga Mahkota Borobudur baru yang hadir lebih mewah, agung, dan memesona persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT). Dikutip dari laman resmi HWT Gold, Senin (22/5/2023), PT. Hartono Wira Tanik (HWT Gold) telah didaulat sebagai sponsor resmi mahkota Puteri Indonesia dan telah mempersembahkan empat desain mahkota sejak 2007.

Kini, Puteri Indonesia mengenakan mahkota dengan desain Candi Borobudur yang menjadi ikon Bangsa Indonesia. Keistimewaan Borobudur menginspirasi pihaknya untuk menciptakan sebuah mahakarya bagi Tanah Air.

"HWT Gold mempersembahkan, Mahkota Borobudur. Dibuat dengan penuh rasa cinta dan bangga. Untuk menemani sang juara menjalankan tugas mulia. Dari puteri-puteri Indonesia untuk Puteri Indonesia," demikian bunyi keterangan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merepresentasikan Indonesia

Setiap Mahkota Borobudur memiliki warna dan makna yang berbeda. "Mahkota Borobudur Merah dikenakan oleh Puteri Indonesia, desain melambangkan keberanian," lanjut keterangan itu.

Mahkota Borobudur Biru yang dikenakan Puteri Indonesia Pariwisata didesain yang merepresentasikan Indonesia sebagai negara maritim dan lautan Nusantara. Sedangkan, Mahkota Borobudur Hijau yang dikenakan oleh Puteri Indonesia Lingkungan merepresentasikan hutan hujan tropis Indonesia.

Atas kemenangannya meraih Mahkota Borobudur Merah, Farhana tak dapat menutupi rasa antusiasmenya. Hal tersebut diungkapkannya dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya pada Minggu, 21 Mei 2023.

"Tahun ini kami merayakan 30 tahun Puteri Indonesia, dan saya bangga mempersembahkan mahkota Borobudur Merah pertama untuk provinsi tercinta, Jawa Barat," bunyi keterangan yang ditulis dalam bahasa Inggris di unggahan tersebut.

Farhana melanjutkan bahwa kemenangan ini tampak nyata dan tak pernah terlibtas dalam pikirannya punya mimpi ini. Ia menyebut merasa terhormat dapat menyandang gelar Puteri Indonesia 2023. Perempuan berusia 26 tahun ini juga berterima kasih kepada berbagai pihak karena telah terus mendukung dan memercayai dirinya. Farhana juga turut menyampaikan pesan untuk Laksmi.

"Saya tidak sabar untuk menunjukkan kepada Anda apa yang dapat kami capai sebagai seorang wanita, tidak hanya dengan kecantikan kami, tetapi yang terpenting adalah belas kasih kami, dan keyakinan kami bahwa kami dapat mencapai apa pun yang kami tuju secara mutlak," tutupnya.

 

3 dari 4 halaman

Jawaban Kemenangan Farhana

Jawaban Farhana ketika di Top 3 membawanya berhasil dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2023. Saat grand final, ketiga finalis harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Putri Kus Wisnu Wardani dalam waktu 60 detik.

"Farhana, pertanyaannya adalah apakah berbuat baik dan berbuat benar itu sama? Kalau jawabanmu adalah berbeda, maka jelaskanlah perbedaannya," kata Putri.

Farhana lantas menyatakan kesiapannya untuk menjawab kepada pemandu acara Choky Sitohang. Perempuan berusia 26 tahun itu kemudian menjawab dengan mantap dengan menggunakan bahasa Inggris.

"Good evening Indonesia. I believe that doing something good and doing something right are two different things. Doing something good is when we do something based on our intention or desire, helping others is something good for example, but it's not always right (Selamat malam Indonesia. Saya percaya bahwa melakukan sesuatu yang baik dan melakukan sesuatu yang benar adalah dua hal yang berbeda. Melakukan sesuatu yang baik adalah ketika kita melakukan sesuatu berdasarkan niat atau keinginan kita, membantu orang lain adalah sesuatu yang baik misalnya, tapi itu tidak selalu benar)," ungkap Farhana.

4 dari 4 halaman

Tepuk Tangan Meriah

Farhana kemudian melanjutkan jawabannya. "However doing something right is beyond that. It is doing something involving moral values, involving God, and last but not least when you do something that you really really believe deep inside your heart. Thank you (Namun melakukan sesuatu yang benar lebih dari itu, itu adalah melakukan sesuatu yang melibatkan nilai-nilai moral, melibatkan Tuhan, dan yang tak kalah pentingnya, ketika Anda melakukan sesuatu yang benar-benar Anda yakini jauh di lubuk hati Anda. Terima kasih)," tutupnya.

Jawaban Farhana tersebut lantas disambut tepuk tangan meriah dan sorak sorai penonton yang bergemuruh di JCC. "Wow very touchy, thank you," kata Chocky. "I love the answer," timpal Patricia Gouw yang juga memandu acara tersebut.

Sementara, lisensi Miss Universe Indonesia telah berpindah tangan dari Yayasan Puteri Indonesia atau YPI ke PT Capella Swastika Karya. Itu berarti YPI tak lagi mengirim wakil Indonesia ke ajang Miss Universe. Farhana akan berlaga di Miss International 2023 yang akan dilaksanakan di Tokyo, Jepang, pada 26 Oktober 2023.

Sedangkan, Yasinta akan berkompetisi di Miss Supranational 2023 yang rencananya berlangsung di Malopolska, Polandia, pada 14 Juli 2023. Lulu nantinya akan berlaga di Miss Charm 2024 yang diagendakan terlaksana pada 24 Februari 2023 mendatang di Vietnam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.