Sukses

Yuk, Belanja Sambil Konsultasi Gratis Cara Atasi Flek Hitam di Fimela Shop

Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang banyak dialami di Indonesia. Flek hitam dapat menyebabkan wajah kusam kurang bercahaya hingga membuat mereka yang mengalaminya kurang percaya diri.

Liputan6.com, Jakarta - Flek hitam menjadi salah satu masalah kulit yang banyak dialami di Indonesia. Flek hitam dapat menyebabkan wajah kusam kurang bercahaya hingga membuat mereka yang mengalaminya kurang percaya diri.

Paparan sinar matahari sampai penuaan dini jadi penyebab munculnya flek hitam. Menanggapi hal tersebut, Fimela bersama founder Ekles Group dr. Ekles Senduk menghadirkan live TikTok yang akan mengulas cara mengatasi flek hitam yang menganggu.

Dalam live TikTok bersama dr. Ekles Skincare, Anda dapat belanja sekaligus konsultasi gratis mengenai kesehatan kulit wajah. Anda dapat bergabung melalui live di TikTok Fimela Shop pada Kamis, 25 Mei 2023 mendatang pukul 19.00 WIB.

Sementara, dr. Ekles Skincare merupakan produk yang diformulasikan dr. Ekles yang teruji dan bersertifikasi BPOM dan halal. Lini skincare ini menghadirkan rangkaian paket, yakni Oxyglow series yang memiliki 4 items, yakni facial wash glow, Refreshner Glow, Sun Protection Glow, serta Glow Cream/Acne cream (untuk krim malam) yang dapat menjaga skin barrier, menghidrasi kulit, serta membuat kulit tampak sehat dan bersinar.

dr. Ekles Skincare juga memiliki X50 photo glow serum yang dapat menyamarkan flek hitam di wajah, serta mencerahkan dan menghidrasi kulit. Produk lain yang dihadirkan brand ini adalah Anti Aging Serum yang dapat menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, membantu mengurangi kerutan dan garis halus, serta menghidrasi kulit.

Ada pula pilihan skincare lain, yakni Acne Probiotic Serum. Produk perawatan kecantikan ini dapat memperbaiki warna dan tekstur kulit, mengurangi minyak berlebih, mengatasi jerawat aktif, dan mencerahkan sekaligus menyamarkan noda bekas jerawat.

Terakhir, Mandelic Skin Treatment Essence sebagai toner essence maupun peeling serum yang membantu menghidrasi kulit, mencerahkan, dan dapat menghidrasi kulit wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Flek Hitam

Dikutip dari Medical News Today, Jumat (19/5/2023), flek hitam (dark spot) pada kulit, atau hiperpigmentasi, terjadi karena produksi melanin yang berlebihan. Melanin memberi warna pada mata, kulit, dan rambut.

Flek hitam pada kulit bisa berkisar dari cokelat muda hingga cokelat tua. Warna flek hitam mungkin bergantung pada warna kulit seseorang.

Flek itu memiliki tekstur yang sama dengan kulit dan tidak menyakitkan. Flek hitam juga bervariasi ukurannya dan dapat berkembang di bagian tubuh mana pun, tapi paling umum ditemui di area yang sering terpapar sinar matahari.

Flek hitam sering terjadi di area berikut:

  • Punggung tangan
  • Wajah
  • Punggung
  • Bahu

Pada orang dengan kulit lebih gelap, flek yang sedikit lebih gelap dari kulit biasanya akan memudar dalam waktu 6 hingga 12 bulan. Sedangkan flek yang lebih dalam membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memudar.

Perubahan warna yang dalam sering tampak biru atau abu-abu. Meski begitu, bercak juga bisa menjadi cokelat yang jauh lebih gelap daripada warna kulit alami seseorang.

3 dari 4 halaman

Penyebab Flek Hitam

Ada beberapa penyebab flek hitam yang berbeda. Simak rangkumannya seperti di bawah ini:

Akibat sinar matahari

Juga disebut sunspot, solar lentigines, atau liver spot, orang dapat mengalami flek hitam pada kulit mereka setelah terpapar sinar matahari atau tanning bed. Area tubuh yang paling banyak terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, kemungkinan besar akan mengalami sunspot.

Perubahan hormon

Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil pada permukaan kulit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama selama kehamilan. Menurut American Academy of Dermatology, hormon dapat memicu melasma.

Efek samping obat

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan flek hitam. Penyebab paling umum adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika.

Peradangan

Flek hitam bisa berkembang setelah serangan peradangan pada kulit. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan yang meliputi eksim, psoriasis, luka pada kulit, dan jerawat.

4 dari 4 halaman

Penyembuhan luka

Flek hitam mungkin tetap ada setelah gigitan serangga, luka bakar, atau penyembuhan luka. Ini mungkin memudar seiring waktu.

Iritasi

Produk kulit atau rambut kosmetik dapat mengiritasi kulit, menyebabkan terbentuknya bercak-bercak gelap.

Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap. Kondisi yang terkait dengan diabetes termasuk acanthosis nigricans, yang menyebabkan kulit menjadi gelap, seperti beludru, dan bintik-bintik tulang kering atau dermopati diabetik, yang mungkin membingungkan orang dengan bintik-bintik penuaan.

Siapa pun dapat mengalami flek hitam pada kulit. Faktor risiko tertentu tampaknya meningkatkan peluang seseorang termasuk:

  • Paparan sinar matahari
  • Kehamilan
  • Kondisi kulit, seperti jerawat, eksim, atau psoriasis
  • Trauma atau cedera pada kulit
  • Obat yang meningkatkan pigmentasi
  • Penyakit hati
  • Diabetes

Jika seseorang ingin menghilangkan flek hitam, mereka dapat mencoba berbagai perawatan, termasuk bekerja sama dengan dokter kulit untuk prosedur kosmetik atau menggunakan produk yang dijual bebas. Efektivitas pengobatan mungkin tergantung pada penyebab flek hitam dan luasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.