Sukses

Starbucks Kenalkan Kopi Bali di Ultah ke-21, Dianggap Paling Langka dari Semua Varian

Starbucks di Indonesia merayakan ulang tahun ke-21 di tahun ini. Anthony McEvoy selaku Pimpinan PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia, memaknai hari jadi ini sebagai momen yang istimewa.

Liputan6.com, Jakarta - Starbucks di Indonesia merayakan ulang tahun ke-21 di tahun ini. Anthony McEvoy selaku Pimpinan PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia, memaknai hari jadi ini sebagai momen yang istimewa.

"Bahkan 21 tahun kemudian, kami masih memegang nilai yang sama seperti dulu. Saya berbicara tentang orang, planet, dan tentang kopi," kata Anthony saat ditemui di Starbucks Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Mei 2023.

Perayaan ulang tahun ke-21 Starbucks juga ditandai dengan mengenalkan kopi lokal baru, yakni Starbucks Single Origin Indonesia Bali Batur Volcano. Anthony menjelaskan terkait hadirnya kopi lokal baru tersebut.

"Kami mendapat pengecualian khusus dari Starbucks untuk dapat menyangrai biji kopi dan itu secara khusus dilakukan terkait dengan toko Dewata Experience, jadi kami benar-benar dapat berbicara tentang perjalanan dari benih sampai ke cangkir," terangnya.

Sebelum itu, dikatakan Anthony, pihaknya hanya memiliki biji kopi tapi tidak dapat menyangrainya. Pihaknya saat itu ingin membuat kopi Bali, tetapi kualitas kopi Bali naik turun dipengaruhi cuaca.

"Juga, petani selama pandemi semuanya beralih dari (menanam) kopi ke jeruk. Jadi, kami bekerja sama dengan pusat dukungan petani di Berastagi dan tim, untuk benar-benar mulai mendidik dalam hal mengembalikan kesempatan kepada petani," lanjutnya.

Para petani lantas menjalani kualifikasi pada akhir tahun lalu dan mendapatkan panen pertama. Kopi Bali Batur Volcano dikatakan Anthony saat ini hanya tersedia di Bali.

"Sebenarnya, kopi Batur Bali hanya tersedia di Bali karena kami memiliki batasan kapasitas dengan jumlah kopi yang bisa kami buat," ungkap Anthony.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baru Tersedia di Bali

Meski begitu, ia menyebut memiliki rencana lain ke depan terkait kopi lokal baru ini. "Ada rencana lagi nanti untuk kita lakukan lebih banyak untuk meningkatkan kapasitas, tetapi saat ini hanya tersedia di Bali," tuturnya.

"Sangat eksklusif. Ini sebenarnya kopi paling langka di semua Starbucks," katanya.

Anthony melanjutkan, "Jadi, Starbucks memiliki 36.000 toko secara global, dan kopi itu hanya tersedia di 32 toko yang kami miliki di Bali. Jadi, ada orang yang datang dari Seattle kantor pusat kami di Seattle ke Bali untuk mencicipinya, karena mereka bahkan tidak bisa mendapatkannya di mana pun (kecuali Bali)."

Ia menyebut bahwa pihaknya berfokus menciptakan peluang tanpa batas bagi lingkungan sekitar. Tahun ini, pihaknya mempromosikan kopi lokal ini yang diambil dari lereng gunung berapi, Gunung Batur, dan langsung disangrai di Starbucks Coffee Experience Center di Bali.

Hal tersebut dikatakannya menunjukkan keberhasilan Indonesia dalam menyangrai kopinya sendiri. Kesempatan ini bermanfaat pula bagi lingkungan dengan menurunkan jejak karbon dalam menghasilkan produk terbaik.

3 dari 4 halaman

Merchandise Hari Jadi Edisi Terbatas

Starbucks juga menciptakan sederet merchandise edisi terbatas sebagai perayaan ulang tahun ke-21, yang meliputi tote bag, tumbler stainless steel dalam dua pilihan warna, tumbler bag, dan Bearistas raksasa. Tumbler bag khusus tersedia secara eksklusif di Starbucks Delivers.

Sedangkan, giant Bearista dapat dibeli hanya seharga Rp50 ribu, dengan akumulasi pembelian hingga Rp2 juta menggunakan Starbucks Rewards yang sudah terdaftar. Konsumen juga dapat mengoleksi Starbucks Card dengan desain spesial Bearista.

Chief Marketing Officer PT Sari Coffee Indonesia Liryawati menyampaikan bahwa selalu ada yang spesial yang disediakan pihaknya untuk pelanggan setia, termasuk di perayaan ulang tahun. Berbagai merchandise diluncurkan untuk merayakan kehadiran Starbucks di Indonesia agar selalu dapat menginspirasi dan terhubung dengan pelayanan ramah dan senyum hangat dari barista mereka yang disimbolkan dengan bearista.

Sejak membuka gerai pertamanya di Plaza Indonesia 21 tahun lalu, Starbucks telah berekspansi ke 52 kota di Indonesia, dengan lebih dari 5.500 mitra. Pihaknya juga terus berupaya untuk berdampak positif bagi masyarakat dalam misinya untuk mengubah kehidupan banyak orang. 

4 dari 4 halaman

Pencapaian di 21 Tahun

Pada 2020, Starbucks membuka Community Store pertama di kawasan Tanah Abang Jakarta, untuk menciptakan kesempatan pendidikan bagi anak muda Tanah Abang yang dilanjutkan dengan Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) untuk mendukung pemberdayaan anak muda. Berlanjut dengan menutup 2022 lalu, pihaknya membuka signing store pertama di Indonesia di Starbucks Community Store Tata Puri, yang didedikasikan untuk komunitas Tuli, gangguan pendengaran, dan bahasa isyarat di Jakarta, Indonesia. 

Di 2022, Starbucks di Indonesia dengan dukungan dari Starbucks Foundation dan berkolaborasi bersama Habitat for Humanity melakukan proyek air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Selain itu, partner Starbucks telah mendukung proyek yang dipimpin oleh Mercy Corps Indonesia untuk memberdayakan petani kopi perempuan di Kabupaten Bandung melalui pelatihan dan pendampingan.

Bekerja sama dengan Farmers Support Center di Berastagi, Sumatera Utara, lebih dari 500.000 bibit kopi telah disumbangkan kepada petani kopi melalui program Art in the Cup. Lalu di tahun ini, Starbucks ingin menegaskan komitmennya untuk memberikan kembali kepada Planet Bumi dengan mendonasikan 48.000 bibit pohon kopi kepada petani kopi di Indonesia sebagai bagian dari perayaan ini. Penyerahan bibit pohon kopi tersebut akan dilakukan pada 1 Oktober 2023, bertepatan dengan Hari Kopi Internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.