Sukses

Dian Sastro Ungkap Alasan Hindari Keramas Pakai Air Hangat dan Pilih Perawatan Rambut di Rumah

Dian Sastro seperti wanita lainnya yang pernah punya permasalahan rambut rontok. Memahami kondisi rambutnya yang cukup rentan, Dian memiliki kebiasaan khusus agar terhindar dari kerontokan.

Liputan6.com, Jakarta - Rambut erat kaitannya dengan kepercayaan diri bagi seseorang, tak mengenal gender. Tapi utamanya bagi wanita, rambut adalah mahkota yang harus dijaga meski untuk mereka yang berhijab sekalipun.

Sementara itu, permasalahan rambut rontok telah dialami banyak orang sejak dulu dan menurut penelitian sebanyak 80 persen kerontokan terjadi karena akar rambut. Dari laporan yang dirilis oleh International Academy of Cosmetic Dermatology (2012), pun terungkap bahwa sebanyak 2 dari 3 perempuan menganggap rambut sebagai identitas personal.

Seperti wanita pada umumnya, Dian Sastrowardoyo yang dikenal sebagai brand ambassador sebuah produk shampo pun ternyata pernah mengalami kerontokan rambut. Hingga pemeran di film Guru-Guru Gokil ini punya perawatan khusus agar rambutnya kembali sehat seperti semula. 

"Rambut buat aku dekat hubungannya dengan kepercayaan diri. Kalo rambut lagi prima itu bikin percaya diri banget, tapi kalo kurang ikut kurang pede," ungkap Dian saat kampanye #DOVEKuatDariAkar di Gandaria City Mal Jakarta Selatan, Selasa, 16 Mei 2023. 

Dengan kesibukannya sebagai public figure, Dian kerap menyanggul rambutnya, memakai hair spray, catok, juga hair dryer. "Penataan rambut berlebihan itu memengaruhi kerontokan, kerontokan makin lama terjadi itu membuat stres," kata Dian. 

Dian mengaku sempat merasakan rambutnya benar-benar rontok seperti ibu-ibu lainnya ketika sedang menyusui. Namun keadaan itu telah lewat setelah beberapa kebiasaan yang dia terapkan untuk mengurangi kerontokan.

"Dulu aku sering cuci rambut dengan air hangat, kan saat syuting disasak karakternya harus sanggulan. Kena hair spray otomatis keramas tiap hari, kalau subuh harus di lokasi. Keramasnya jadi malam dan tengah malam nggak berani kalau nggak air hangat, itu yang aku rasain kok banyak ya rontoknya," cerita wanita pemilik nama lengkap Diandra Paramitha Sastrowardoyo itu.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebiasaan Agar Menghindari Rambut Rontok

Sejak itu Dian hampir tidak pernah lagi keramas dengan air hangat. Ternyata keramas dengan air hangat juga termasuk salah satu pemicu kerontokan rambut.

Hal tersebut diungkapkan Hair and Skin Expert, dr. Kamila Jaidi. "Sama analoginya dengan mandi air hangat, keramas dengan air hangat bikin rambut kita kering dan akar rambut jadi rapuh,"katanya di kesempatan yang sama.

Namun sesekali memakai air hangat tidak terlalu masalah asalkan suhunya tidak terlalu hangat. Hal ini sebabnya saat perawatan di salon, biasanya akan ditanyakan apakah akan menggunakan air hangat atau biasa. 

"Itu pilihan cerdas, aku jadi lebih paham sekarang," sambung Dian. 

Dian juga punya kebiasaan lain agar rambutnya terhindar dari kerontokan. Sang mama sedari kecil selalu mengajarinya untuk menyisir rambut dari bagian bawahnya agar akar rambut tidak tertarik. Kebiasaan lain saat memakai hair dryer, ia selang-seling dengan udara dingin dan panas. 

"Aku udah mulai disiplin, setelah kering tidak styling. Ngurangin banget karena rambut harus kita rawat, kalau di rumah aja tidak perlu styling rambut," paparnya.  

3 dari 4 halaman

Lebih Sering Perawatan Rambut di Rumah

Untuk mengatasi kerontokan rambut, Dian juga melakukanya hanya di rumah dengan rangkaian shampo, conditioner, hingga serum untuk rambut rontok. Hal itu dilakukan secara konsisten, hingga empat bulan rambutnya kembali tumbuh sehat.

dr. Kamila Jaidi pun menambahkan, bahwa untuk mengatasi kerontokan maka kenali dulu penyebab rontoknya. Apakah karena penataan rambut berlebihan atau pemakaian produk yang salah. 

"Biasanya penggunaan produk yang salah, karena nggak memahami kandungan utamanya dan apa pengaruhnya bagi rambut kita," jelasnya.

Keramas setiap hari sudah bagus dilakukan, sebaiknya tidak lebih dari itu. Menurutnya saat membeli produk perawatan rambut perhatikan juga kandungan di dalamnya dan saat memakainya harus dilakukan konsisten dalam satu rangkaian. 

"Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah karena rentan terhadap kerontokan," katanya lagi.

dr. Kamila juga menambahkan jika kerontokan sudah lebih dari 100 helai per hari, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Apakah ternyata kekurangan nutrisi dari makanan dan memerlukan rekomendasi suplemen tambahan. 

4 dari 4 halaman

Dove Hairfall Expert Center

Masih belum jelas mengenai cara mengatasi rambut rontok? Datang saja ke Dove Hairfall Expert Center, yang hadir di Mini Atrium LG di Gandaria City Mall. Bekerjasama dengan Dermatologist, di sini pengunjung akan mendapatkan pengalaman konsultasi gratis yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai masalah kerontokan rambut.

Tak hanya solusi, pengunjung bisa menikmati berbagai perawatan layaknya di salon dengan syarat dan ketentuan berlaku. Pengunjung yang memiliki masalah rambut rontok diajak untuk membuktikan secara langsung efektivitas rangkaian perawatan rambut rontok.

Alternatif solusi rambut rontok di Dove Hairfall Expert Center meliputi konsultasi eksklusif dan pemeriksaan kondisi rambut secara gratis untuk mendapatkan solusi terpercaya dari Dermatologist. Dove Hairfall Expert Center juga memberikan edukasi rambut rontok bagi pengunjung dan sekaligus membeli produk yang disarankan dengan harga spesial.

Tak hanya itu saja, para pengunjung bisa menikmati berbagai perawatan rambut menggunakan produk Dove sebagai solusi mengatasi rambut rontok. Pengunjung bisa mencoba Waterhealing Hair Spa and Hot Stone Massage dan Creambath and Hair Styling dengan syarat dan ketentuan berlaku. Dove Hairfall Expert Center hadir dari tanggal 12 Mei 2023 hingga 21 Mei 2023.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.