Sukses

Prediksi Busana yang Akan Dikenakan Ratu Camilla, Kate Middleton, dan Pangeran Harry di Penobatan Raja Charles III

Ratu Camilla menunjuk desainer favorit Putri Diana, Bruce Oldfield, untuk merancang gaun yang akan dikenakannya di upacara penobatan Raja Charles III. Sementara, Kate Middleton lebih dulu membocorkan warna gaun yang akan dipakainya nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang penobatan Raja Charles III yang tinggal dua hari lagi, segala persiapan terus dimatangkan. Hal itu juga berlaku bagi stylist dan desainer yang merancang busana untuk para bangsawan Inggris, khususnya Ratu Camilla dan Kate Middleton.

Pada Februari 2023 diumumkan bahwa Ratu Camilla telah menunjuk desainer favorit Putri Diana, Bruce Oldfield, untuk merancang gaun yang akan dipakainya di upacara penobatan pada Sabtu, 6 Mei 2023. Pemilihan Oldfield sempat mengagetkan sebagain publik, walau sebenarnya tak terlalu mengherankan.

Dikutip dari The Guardian, Rabu, 3 Mei 2023, Oldfield mengaku sudah 13 tahun mendesain busana untuk Camilla. "Jadi beberapa tahun lebih lama dari yang kulakukan untuk Diana, sebenarnya," ujarnya.

Ia pun menjelaskan pertemuan pertamanya dengan Camilla di Clarence House, kediaman resmi Charles dan Camilla di London. Saat itu, kaki Camilla terkilir usai terjatuh di Skotlandia. Oldfield ingat saat itu ada lima enam orang duduk mengelilingi Camilla berbicara dengannya. 

"Dia berkata, 'Nah Bruce, saya pikir sudah saatnya kita benar-benar membuat beberapa gaun, bukan?'," ucap Oldfield menirukan kata-kata Camilla.

Sejak itu, Oldfield banyak mendesain pakaian formal untuk Camilla, termasuk atasan bersulam perak dan rok yang dikenakannya pada kunjungan kenegaraan pertamanya pada Maret 2023. Oldfield pernah berkata, "Saya memberi Diana pesonanya dan Camilla kepercayaan dirinya." 

Oldfield merahasiakan penuh busana penobatan Camilla yang dirancangnya. Namun, pakar fesyen kerajaan Josh Birch Jones yang juga anggota termuda Dewan Fesyen Inggris memprediksi bahwa anggota kerajaan Inggris akan 'memodernisasi' tampilan di hari H nanti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ratu Camilla Bakal Jadi Sorotan Utama

"Dengan keputusan untuk menggelar upacara yang lebih santai, berharap bisa melihat gaun yang lebih modern untuk momen bersejarah ini," kata Birch Jones, dikutip dari Page Six.

Pihak istana sebelumnya mengumumkan bahwa skala prosesi akan diturunkan dibandingkan upacara penobatan yang digelar sebelumnya. Karena itu terkait dengan pemilihan busana, para anggota kerajaan harus bijak memilihnya agar tidak mengalahkan Raja dan Ratu.

"Ratu Camilla berjanji untuk menjadi anggota kerajaan wanita yang paling banyak ditonton selama penobatan," sambung Birch Jones.

Ia ingin melihat Camilla berbalut busana putih gading yang dihiasi manik-manik bermotif simbolis yang mewakili Inggris dan Persemakmuran. "Karena pengumuman modernisasi acara, kita akan melihat versi jubah penobatan masa lalu yang berpotensi lebih berpasangan, sekali lagi yang akan mencakup signifikansi simbolis melalui sulaman bunga, alam, dan hewan yang bermakna bagi Ratu Camilla," lanjutnya.

Ia meyakini bahwa perhiasan akan menjadi fokus utama penobatan Ratu Camilla, khususnya cincin permaisuri. "Yang akan diperlihatkan pada hari penobatan," imbuh dia.

 

3 dari 4 halaman

Prediksi Desainer Inggris Pilihan Kate Middleton

Sementara, Birch Jones meyakini Putri Kate Middleton akan muncul dengan 'tampilan statement'. "Semua mata akan difokuskan pada Putri Wales yang tidak diragukan lagi menarik perhatian dengan gaya klasih juga pendekatan personalnya," ucapnya.

"Gelar baru Kate mengandung banyak tanggung jawab yang berarti bahwa partisipasinya selama penobatan akan sangat disorot, sehingga sebuah statement look diperlukan," imbuh dia.

Birch Jones meyakini Kate Middleton akan mendukung fesyen Inggris dengan busana penobatannya. Ia memprediksi ibu tiga anak itu akan mengenakan gaun mantel yang didesain oleh Catherine Walker. Sang putri dikenali akan kecintaannya pada gaun-gaun rancangan Walker, termasuk yang dikenakannya saat Kebaktian Paskah tahun ini dan Hari Persemakmuran pada tahun lalu.

"Busana itu menampilkan kerah efek kupu-kupu yang menandakan anggukan halus pada transformasi Putri Wales menjadi gelar kerajaan barunya," jelasnya.

"Warna biru untuk mendukung bendera Inggris diharapkan menjadi warna populer untuk penobatan, jadi perkirakan untuk melihat bangsawan memilih merah, putih, dan biru selama perayaan yang akan datang."

Kate sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa ia akan memakai pakaian penobatannya dengan sedikit elemen biru. Selama 12 tahun bekerja sebagai anggota kerajaan senior, ia sering memilih warna tersebut saat berdinas. Keluarga kerajaan memiliki sejarah panjang terkait dengan warna tersebut yang mewakili kekuatan, ketenangan, dan stabilitas.

 

4 dari 4 halaman

Prediksi Busana yang Akan Dipakai Harry

 

Birch Jones juga memprediksi Kate akan menggenapi penampilannya dengan sepasang sepatu hak tinggi warna biru Hangisi klasik dari Manolo Blahnik dan topi koleksi Philip Treacy yang senada. Tak hanya itu, Kate juga akan menyeleksi perhiasan yang dikenakannya.

"Karena itu, aku memprediksi kita mungkin akan melihat Kate kembali mengenakan koleksi perhiasan kerajaan untuk acara tersebut," ia menambahkan.

Catherine, nama lengkapnya, kemungkinan akan mengenakan koleksi untuk menghormati mendiang ibu mertuanya, Putri Diana, atau Ratu Elizabeth. Walau begitu, tidak tertutup kemungkinan bahwa ia akan mengenakan perhiasan yang lebih kasual dari brand streetwear seperti Zara.

Dalam kesempatan tersebut, Birch Jones juga memprediksi busana yang akan dikenakan Pangeran Harry di hari penobatan ayahnya. "Dengan spekulasi bahwa Pangeran Harry kemungkinan menolak kesempatan mengenakan seragam militer yang kita prediksi akan dikenakan Pangeran William, aku kita kita akan melihat pangeran kontroversial kita mengenakan setelan yang dirancang khusus oleh penjahit Saville Row Dege & Skinner," katanya. Ia mencatat bahwa mereka adalah penjahit di balik setelan pernikahan Harry.

 

Menonjolkan 'modernisasi keseluruhan' di penobatan, Birch Jones mengatakan bahwa 'setelan biru gelap yang sederhana merupakan pilihan yang tepat untuk bangsawan itu di tengah turbulansi yang tak terhindarkan untuk penobatan'. "Tambah lagi, untuk mendukung nilai-nilai Inggris, aku akan suka melihat perpaduan merah, putih, dan biru," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.