Sukses

Ajakan Sumpah Setia pada Raja Charles III Tuai Perdebatan Jelang Penobatan

Pejabat Kerajaan Inggris dipaksa mengklarifikasi motivasi di balik "Penghormatan Rakyat" terhadap Raja Charles III yang banyak dicemooh dengan mengatakan itu hanya anjuran, bukan perintah.

Liputan6.com, Jakarta - Perselisihan mengemuka karena rencana Uskup Agung Canterbury meminta orang-orang bersumpah setia pada Raja Charles III "disalahpahami." Pejabat kerajaan dipaksa mengklarifikasi motivasi di balik "Penghormatan Rakyat" yang banyak dicemooh dengan mengatakan itu hanya anjuran, bukan perintah.

Mengutip The Sun, Selasa (2/5/2023), para staf Istana Buckingham yang geram khawatir masalah sumpah akan mengaburkan penobatan. Seorang sumber senior berkata, "Uskup Agung Canterbury telah keluar jalur untuk yang satu ini."

Kepala Istana Lambeth bersikeras ingin penghormatan jadi "seruan besar" untuk raja baru Inggris dan disetujui melalui konsultasi dengan Pemerintah dan Rumah Tangga Kerajaan. Orang-orang diminta Justin Welby untuk mengatakan serempak, "Saya bersumpah bahwa saya akan memberikan kesetiaan sejati pada Yang Mulia, dan kepada ahli waris dan penerus Anda menurut hukum. Jadi bantu saya Tuhan."

Tapi, seorang sumber mengatakan, reaksi publik dengan jajak pendapat The Sun, baru-baru ini, menunjukkan 53 persen tidak akan bergabung dalam seruan sumpah tersebut. Dapat dipahami bahwa prosesi ini dimaksudkan sebagai ajakan keterlibatan dalam upacara, bukan merupakan perintah.

Istana Lambeth terpaksa mengeluarkan klarifikasi pada Senin, 1 Mei 2023. Sementara itu, TV royalti Ant dan Dec telah diberi kursi utama di dalam Westminster Abbey untuk Penobatan Sabtu, 6 Mei 2023. Pasangan Geordie ada dalam daftar 2.200 orang yang akan berada di tempat tersebut untuk menyaksikan penobatan bersejarah Raja Charles III dan Ratu Camilla.

Ant McPartlin dan Declan Donnelly akan bergabung dengan selebritas dan ikon musik lain yang menjadikan penobatan Raja Charles III sebagai acara paling bertabur bintang dalam seribu tahun sejarahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lionel Richie dan Pesohor yang Diundang

Bintang favorit televisi telah mencetak tiket terpanas di kota sebagai pengakuan atas pekerjaan mereka untuk The Prince's Trust, sebuah badan amal yang dijalankan Charles selama 47 tahun yang membantu kaum muda kurang beruntung. Magician Dynamo, nama asli Stephen Frayne, yang menerima hibah Prince's Trust saat ia menjadi entertainer yang sedang berjuang, juga akan hadir.

Ia berkata,"The Prince's Trust memberi saya dukungan yang tidak akan diberikan orang lain dan itu mengubah hidup saya. Itu keajaiban yang nyata."

Legenda musik Lionel Richie (73), duta besar global pertama untuk The Prince’s Trust, dan penyanyi utama Stereophonics, Kelly Jones, yang kariernya dimulai dengan hibah dari badan amal, juga telah diberikan undangan ke hari besar tersebut. Presenter Jay Blades, yang tampil di serial hit BBC-nya The Repair Shop bersama Raja Charles juga memiliki tiket.

Ia adalah duta untuk The Prince's Foundation. Ant berkata, "Ada begitu banyak peran di TV dan media yang mungkin belum dianggap anak muda sebagai karier. Kami ingin membantu kaum muda mengetahui lebih banyak tentang industri ini."

 

3 dari 4 halaman

Mereka yang Belum Dapat Undangan

Dec menambahkan, "Kami sangat bangga telah bermitra dengan Prince's Trust dalam proyek ini selama dua tahun terakhir dan berharap dapat membantu mengubah lebih banyak kehidupan muda bersama di tahun-tahun mendatang."

Pasangan itu, yang juga memimpin Saturday Night Takeaway dan Britain's Got Talent, jadi duta niat baik untuk Trust pada 2021 setelah dua dekade bekerja dengan badan amal tersebut. Mereka juga telah menyelenggarakan Prince's Trust Awards 10 kali.

Sementara, lusinan keluarga kerajaan dan rekan-rekan kecewa karena belum menerima tiket ke lokasi penobatan, akhir pekan ini. Sebaliknya, hampir setengah dari kursi akan diambil para pahlawan Covid-19, pekerja amal, pemegang Medali Kerajaan Inggris, dan anak-anak yang tampak menjadikannya sebagai "Penobatan Rakyat."

Istri Pangeran Harry, Meghan, tidak akan hadir karena tinggal di rumah di California untuk merayakan ulang tahun ke-4 putra mereka, Archie. Sarah Ferguson, mantan istri Pangeran Andrew, juga belum diundang.

4 dari 4 halaman

100 Kepala Keluarga Akan Hadir

Adapun perwakilan internasional dari 203 negara, termasuk sekitar 100 kepala negara, akan hadir di Westminster Abbey untuk penobatan Charles dan Camilla. Presiden AS Joe Biden mengirim Ibu Negara Jill sebagai gantinya.

Orang lain yang mendapat penghargaan atas pekerjaan mereka dengan amal Charles adalah pemimpin redaksi Vogue Inggris Edward Enninful, 51, yang sebagai duta global telah membantu memandu pekerjaannya di Afrika dan di seluruh dunia. 

Penata rambut Inggris, Ghana Charlotte Mensah, hadir setelah menerima hibah pada 1999, yang memungkinkannya mendirikan salonnya sendiri. Di antara orang-orang muda yang menghadiri Trust adalah Hassan Alkhawam (24), yang mencari perlindungan di Irlandia Utara bersama keluarganya pada 2017 setelah melarikan diri dari konflik di Suriah.

Ia menerima dukungan amal ketika mendaftar untuk belajar rekayasa perangkat lunak di universitas dan sekarang menjalankan perusahaan sosial lokalnya sendiri. Funmilola Sosanya, 31, yang berbasis di London, mengalami kehilangan dan pengangguran sebelum Trust membantunya mendapatkan pekerjaan sebagai asisten perawatan kesehatan.

Selain tamu di lokasi penobatan, lebih dari 30 orang yang terkait dengan Trust juga akan menghadiri pemutaran film di Gereja St Margaret di Westminster.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini