Sukses

Jessica Mila Jalani Prosesi Martumpol Sebelum Menikah, Sempat Kesulitan Masukkan Cincin ke Jari Yakup Hasibuan

Martumpol merupakan ikrar janji atau semacam tunangan antara calon pengantin, yaitu Jessica Mila dan Yakup Hasibuan yang akan menikah di hadapan pendeta gereja dan jemaat.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang hari pernikahan yang tinggal hitungan hari, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan harus menjalani serangakaian acara. Prosesi adat Batak yang dijalani Jessica Mila antara lain seperti Mangain, Marhusio, dan Martongo Raja, hingga Martumpol.

Martumpol merupakan ikrar janji atau semacam tunangan antara calon pengantin, yaitu Jessica Mila dan Yakup, yang akan membina rumah tangga di hadapan pendeta gereja dan jemaat. Melansir kanal Youtube Jessica Mila, keduanya baru saja menjalani prosesi Martumpol di Gereja HKB Rawamangun, Jakarta Timur pada Sabtu, 29 April 2023.

Pada prosesi ini, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan mengucap janji nikah, menandatangani perjanjian, dan tukar cincin sebagai simbol kesetiaan. Dalam proses tukar cincin, Yakup sempat menyampaikan janjinya pada Jessica dan begitu pula sebaliknya.

"Yakup Putra Hasibuan, aku kenakan cincin ini di jarimu sebagai simbol kasih dan kesetiaanku. Aku berjanji selalu setiap kepadamu dalam suka maupun duka, di waktu sehat atau pun sakit, di waktu kaya atau pun miskin, di waktu muda maupun setelah tua nantinya," ucap Jessica.

"Aku berjanji akan selalu menghormatimu seumur hidupku. Demikianlah janjiku di hadapan Tuhan Allah dan jemaat," lanjutnya sebelum memasangkan cincin di jari manis Yakup.

Namun, momen Jessica memasangkan cincin pada jari manis Yakup agak sedikit lama karena cincin yang dipasangkan terlihat agak kesempitan. Yakup bahkan sempat membantu Jessica memasangkan cincin di jari manisnya. Cincin akhirnya bisa masuk dan terlihat wajah Jessica maupun Yakup sangat lega dan kembali tersenyum pada semua yang hadir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jessica Mila Sudah Diberi Marga

Kejadian itu sempat disorot beberapa warganet. Salah seorang warganet pun menduga anak pengacara kondang Otto Hasibuan itu lupa mengukur kembali cincin yang dikenakannya sebelum acara.

"Dibahas orang itu lagi cincinnya. Lupa kita ukur ulang dek, kata bang Akup," komentar seorang warganet.

Pada proses Martumpol, terungkap pula selisih usia Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. Rupanya, Jessica tiga tahun lebih tua dari Yakup Putra Hasibuan. Jessica Mila lahir pada 3 Agustus 1992, sedangkan, Yakup Hasibuan lahir pada 31 Agustus 1995.

Jessica juga sudah menjalani prosesi mangain, yaitu pemberian marga kepada calon pengantin yang bukan dari suku Batak, dan dalam waktu dekat akan menjadi istri orang Batak. Kini, Jessica Mila resmi menyandang marga Damanik dan otomatis sudah menjadi orang Batak.

"Hari ini ada acara adat Batak namanya ada 3 M: Mangain, Marhusip dan Martumpol," jelas Putri, kakak dari Yakup Hasibuan, Sabtu , 29 April 2023.

"Mangain itu pemberian marga kepada Mila, karena Mila bukan dari Batak. Jadi kita berikan Boru Damanik, dan itu ada prosesi-prosesinya," sambung Putri, melansir kanal Showbiz Liputan6.com.

 

3 dari 4 halaman

Tak Menyangka Berjodoh dengan Orang Batak

Penny Hasibuan, kakak perempuan Yakup lainnya, mengaku terharu melihat kebahagiaan adiknya bersama Jessica Mila. Ia bersyukur Yakup dan Jessica akan menikah.

"Bersyukur ya sampai di tahap ini. Bersyukur banget sama Tuhan bahagia juga melihat adik kami, Mila dan Yakup, bahagialah. Banyak harunya malah, bahagia," ungkap Penny.

Melalui akun Instagramnya, Jessica Mila diketahui sempat memamerkan prosesi adat Batak yang dijalaninya itu. Salah satunya saat ia disuapi ikan mas oleh orangtua angkatnya, yakni marga Damanik.

Sementara itu, kakak Jessica Mila, Ari, tak menyangka adiknya akan menikah dengan Yakup Hasibuan yang berasal dari suku Batak. Sepengetahuannya, sejak dulu Jessica tidak pernah menjalin asmara dengan pria Batak.

Siapa sangka, sekali bertemu dengan Yakup Hasibuan, kata Ari, hubungan adiknya berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Jessica dan Yakup akan melangsungkan pemberkatan pernikahan pada 5 Mei 2023.

"Sebenarnya enggak ada yang pernah kita sangka, ternyata jodohnya Mila dari keluarga Batak. Dari dulu, awal-awal Mila punya pasangan ya tidak ada yang orang Batak. Tapi ternyata jodohnya orang Batak," kata Ari.

4 dari 4 halaman

Harapan Ibu Jessica Mila

Menurut Ari, adiknya dan Yakup memiliki kecocokan. Satu tahun lebih menjalin asmara, Ari menilai Jessica dan Yakup saling memberikan pengaruh positif.  "Positif dan saling membangun. Setelah mereka bertemu, ternyata makin dekat dengan Tuhan dan semakin dekat dengan keluarga," ujar Ari.

Sebagai kakak, Ari berharap rencana bahagia Jessica Mila dan Yakup Hasibuan berjalan lancar.  Ia juga berdoa, semoga Jessica dan Yakup selalu harmonis dalam membina rumah tangga nanti.  "Next pernikahan dengan keluarga Hasibuan. Mudah mudahan semuanya lancar, langgeng sampai selamanya," harapnya.

Ibunda Jessica Mila, Jane Magdalena Baker, juga mengungkapkan perasaannya yang campur aduk, atas rencana bahagia putrinya. Jane membayangkan, andaikan mendiang suaminya masih ada, ia dapat menyaksikan langsung kebahagiaan yang dirasakan Jessica Mila jelang pernikahan dengan Yakup Hasibuan.

"Perasaannya campur aduk, terharu, soalnya aku ngebayangin ada suami," ungkap Jane.  Jane mengaku bahagia Jessica Mila akan menikah dengan Yakup Hasibuan. 

Ia berharap, rasa bahagia itu terus menyertai hingga nantinya Jessica Mila dan Yakup Hasibuan resmi menyandang status suami istri. "Tapi aku bahagia melihat Mila sama Yakup berdua, pokoknya bahagia, deh. Dari tadi pagi sampai sekarang dan selamanya,' ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini