Sukses

Semarak Fashion Show Louis Vuitton di Seoul, Dihadiri Raline Shah hingga Hyein NewJeans

Louis Vuitton menyulap Jembatan Jamsugyo Seoul, Korea Selatan menjadi landasan pacu luar ruangan yang mencolok yang dihadiri pesohor dunia, termasuk Raline Shah.

Liputan6.com, Jakarta - Louis Vuitton menyulap Jembatan Jamsugyo Seoul, Korea Selatan menjadi landasan pacu luar ruangan yang mencolok. Fashion show Louis Vuitton di Negeri Ginseng ini berlangsung pada Sabtu malam, 29 April 2023.

Fashion show brand mewah asal Prancis itu juga kian semarak dengan kehadiran para pesohor dunia. Aktris Raline Shah menjadi salah seorang wakil Indonesia yang menyaksikan langsung peragaan busana tersebut.

Kala itu, Raline Shah berbalut jaket oversized dan dress mini bernuansa silver. Pemain film "Surga yang Tak Dirindukan" tersebut melengkapi penampilannya dengan menenteng tas LV Twist warna hitam dan mengenakan sepatu bot dengan warna senada.

Pulasan riasan kian membuat tampilan Raline Shah memesona. Rambut panjang berponinya ditata lurus dan dibiarkan tergerai indah.

Perempuan berusia 38 tahun ini membagikan sederet potret yang mengabadikan momen dirinya di fashion show Louis Vuitton di Seoul melalui akun Instagram pribadi. Pada salah satu potret juga menunjukkan Raline Shah berfoto dengan rapper sekaligus aktor Amerika Serikat, Jaden Smith yang hadir di acara itu bersama sang ibunda, Jada Pinkett Smith.

Selain Raline Shah, ada pula kehadiran dari Hyein NewJeans yang berbalut jaket oversized dan sepatu bot selutut bernuansa merah marun. Tampilannya kian dipermanis dengan menenteng handbag dari Louis Vuitton.

Dikutip dari CNN, Senin (1/5/2023), Louis Vuitton menggelar show womenswear pertamanya di Korea Selatan. Brand tersebut meluncurkan koleksi Pre-fall 2023 dengan mengirimkan sejumlah model melintasi Sungai Han di hadapan penonton yang bertabur bintang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Acara Spesial

Acara tersebut menandai momen besar bagi Louis Vuitton, paling tidak karena merek tersebut sebelumnya tidak pernah meluncurkan koleksi Pre-fall melalui pertunjukan landasan pacu. (Jauh di luar kalender Fashion Week biasa, desain Pre-fall seringkali lebih komersial daripada koleksi Musim Semi-Musim Panas atau Musim Gugur-Musim Dingin, dan oleh karena itu biasanya dipromosikan melalui foto kampanye.

Tapi ini juga menjadi tonggak sejarah bagi Seoul sendiri. Meskipun pasar mewah Korea Selatan berkembang pesat, ibu kotanya belum muncul sebagai perhentian rutin dari jadwal industri mode yang padat.

Antusiasme dan kegembiraan seputar pertunjukan dengan prosesnya disiarkan langsung ke orang yang lewat di layar besar di pusat kota. Koleksi baru ini bervariasi dalam gaya dan bahan, yakni jaket tebal berwarna primer dimasukkan ke dalam rok mini bertabur A-line. Lalu, siluet yang lebih longgar dan mengalir menghasilkan sedikit romansa. Model dan bintang "Squid Game" Jung Hoyeon membuka acara tersebut.

3 dari 4 halaman

Penataan Fashion Show

Pemerintah Seoul bersama Organisasi Pariwisata Korea telah menandatangani kemitraan jangka panjang dengan Louis Vuitton. Inisiatif ini merupakan bagian dari dorongan besar untuk mempromosikan kota tersebut.

Dengan penonton menghadap ke air, landasan pacu itu sendiri hanya beberapa meter dari pagar jembatan. Lokasi tersebut dibuat dengan latar belakang yang indah dan lanskap kota diterangi di kejauhan.

K-pop, K-beauty, dan K-drama telah menjadi salah satu fenomena budaya terbesar dalam beberapa tahun terakhir dan skenografi pada acara Sabtu diawasi oleh Hwang Dong-Hyuk, sutradara hit Netflix "Squid Game". Dengan efek pencahayaan biru tua dan soundtrack pra-pertunjukan bertema air, termasuk yang terdengar seperti panggilan paus, produksinya tampaknya terinspirasi oleh sungai di bawah.

Chloe Grace Moretz, Jaden Smith, Bae Doona, hingga Wi Han Joo, termasuk di antara bintang-bintang yang hadir. Mereka bergabung dengan sekitar 100 mahasiswa mode lokal, hadir di sana lewat undangan khusus dari Louis Vuitton.

Acara ini didalangi oleh direktur artistik rumah mode untuk pakaian perempuan, Nicolas Ghesquière, yang telah mengadakan pertunjukan di tempat-tempat mulai dari Louvre hingga Bandara JFK New York selama satu dekade kepemimpinannya.

4 dari 4 halaman

Alasan Memilih Seoul

Keputusan untuk menyelenggarakan fashion show di Seoul datang saat rumah mode Eropa itu berupaya memperkuat cengkeraman mereka di pasar barang mewah negara itu. Awal tahun ini, bank investasi Morgan Stanley mengungkapkan bahwa warga Korea Selatan sekarang adalah pembeli barang mewah terbesar di dunia, dengan pengeluaran tahunan sebesar 325 dolar AS atau setara Rp4,7 juta per kapita.

Louis Vuitton telah secara besar-besaran memperluas kehadirannya di Korea Selatan sejak membuka butik pertamanya di Seoul pada 1991. Label ini sekarang memiliki daftar 35 toko di seluruh negeri, termasuk patung unggulan berwajah kaca, yang dirancang oleh arsitek terkenal Frank Gehry di distrik kelas atas Gangnam Seoul. Dua tahun lalu, mendiang Virgil Abloh yang saat itu sebagai direktur artistik merek pakaian pria, menggelar pertunjukan "spin-off" di kota untuk koleksi Pria Louis Vuitton Musim Gugur 2021.

Kehadiran merek tersebut di negara tersebut telah didukung oleh gelombang kemitraan dengan musisi dan aktor ternama. Bintang-bintang yang mewakili label tersebut dalam beberapa tahun terakhir adalah Jung, yang merupakan orang Korea pertama yang tampil solo di sampul American Vogue, dan penyanyi K-pop Hyein dari girl grup pendatang baru NewJeans.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini