Sukses

Dianggap Sakral, Pria Peringatkan Pelaku Parodi Tarian Ibu Ida Dayak Saat Pengobatan yang Viral

Seorang pria memperingatkan pelaku parodi tarian Ibiu da Dayak punya makna khusus dan bukan joget sembarangan.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ibu Ida Dayak atau Ida Dayak sedang ramai diperbincangkan karena dipercaya mampu mengobati sejumlah penyakit seperti tulang bengkok, patah tulang, hingga stroke. Dirinya pun dengan cepat viral ke seantero negeri.

Dalam proses pengobatannya, Ibu Ida Dayak kerap tampak menari dan membaca mantra. Hal ini kemudian dijadikan sebuah parodi untuk konten di media sosial.  Maraknya video parodi Ida Dayak dan bahkan viral kemudian membuat seorang pria Dayak merasa geram. Akun Instagram lambe__danu membagikan kembali saat pria Dayak itu angkat suara.

"Tolonglah kalian yang alasan bikin konten yang niatnya bercandaan atau hiburan yang kalau bahasa saya sih malah mengolok-olok ya. Karena apa? Yang dilakukan Ibu Ida Dayak itu kemudian sambil berjoget, itu bukan sembarangan, itu dari leluhur kami," terang pria yang juga memakai busana khas suku Dayak itu, Senin (10/4/2023).

Pria ini menjelaskan bahwa tarian Ida Dayak punya makna khusus dan bukan joget sembarangan. Tarian tersebut adalah bagian dari ritual pengobatan. Pria ini kemudian mengingatkan untuk berhati-hati agar tak terkena tulah atau kemalangan. Pasalnya, sifat tarian tersebut seharusnya sakral.

"Hati-hati kapuhunan, karena tarian yang Ibu Ida Dayak tarikan, Ibu Dayak joget-joget, itu bukan tarian atau joget sembarangan. Itu bagian dari ritual," jelas pria ini.  Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan tersebut.

"Kalau mau nggak percaya sama Ibu Ida ya udah, tapi nggak usah parodi-parodiin apalagi sampai parodiin orang sakit juga," komentar seorang warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Pantas Dibuat Parodi

"Kenapa dibikin parodi sih. Kan Bu Ida nolong dan nggak ngerugiin mereka. Malahan yang sembuh bahagia bisa sembuh dengan bantun Bu Ida," komentar warganet lainnya.

"Bikin konten hari gini pada ngawur memang. Situasi sakral melakukan pengobatan itu nggak pantas dibuat parodi. Cari duit gini amat sih," tulis warganet lainnya.

Ida Dayak merupakan wanita kelahiran Pasir Belengkong, Kabupaten Pase, Kalimantan Timur pada 3 Juli 1972.  Ia memiliki nama asli Ida Andriyani. Saat melakukan pengobatan, Ida selalu mengenakan pakaian adat dan aksesori khas suku Dayak. Ida Dayak melakukan pengobatan sesuai dengan Agama Islam. Ia memulai pengobatan dengan melafalkan kalimat tauhid.

Ida Dayak mengaku dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Fenomena pengobatan Ibu Ida Dayak mulai mendapat sorotan dari banyak figur publik Tanah Air. Salah satu figur ternama yang kedapatan pernah menyebut Ibu Ida Dayak di salah konten videonya adalah Marcel Radhival alias Pesulap Merah.

Namun begitu, Pesulap Merah yang dikenal sering membongkar tipuan penyembuhan beberapa dukun, kini mengaku percaya dengan cara pengobatan Ibu Ida Dayak. Namun, banyak kanal YouTube yang membuat konten seolah kehadiran Ibu Dayak merepotkan Pesulap Merah.

3 dari 4 halaman

Trik Darah di Video Ibu Ida Dayak

Hal itu pun membuat Pesulap Merah geram dan meminta warganet untuk memblokir video-video tersebut beserta channel-nya. Meskipun begitu, bukan berarti Pesulap Merah tak pernah menyenggol Ibu Ida Dayak.

Melansir kanal Showbiz Liputan6/com, dalam konten terdahulu yang kini beredar kembali di media sosial, terlihat Marcel Radhival pernah mewanti-wanti Ibu Ida Dayak agar tak menggunakan trik darah lagi. Kala itu, Pesulap Merah membongkar trik mengeluarkan darah kotor yang diduga pernah dilakukan Ida Dayak dan terekam kamera.

Mengintip akun Instagram @lambenyinyir_official, diunggah sebuah video Pesulap Merah menyorot video Ibu Ida Dayak mengoles-oleskan obat ke lutut pasien hingga beberapa detik kemudian, keluar seperti darah dari lutut si pasien.

"Harusnya sih sudah enggak dipraktekkan lagi sama Ibu Ida ya. Gue berharap jangan dipraktekin lagi ya Bu, ya. Kalau enggak, gue gerebek nanti kalau masih dipraktekin lagi," tutur Pesulap Merah.

"Tuh dioles-olesin, seolah-olah darah kotor kan yang keluar dari kakinya. Seolah-olah darah kotor. Allahu Akbar. Semoga sudah tobat ya Ibu Ida, ya," lanjut Pesulap Merah sambil mempraktekkan trik darah.

 

4 dari 4 halaman

Pesulap Merah Tak Ragukan Kemampuan Ida Dayak

Pesulap Merah lalu menyampaikan bahwa cairan yang seolah keluar dari lutut pasien itu bukanlah darah maupun darah kotor. Cairan tersebut merupakan minyak yang berubah warnanya hanya dalam beberapa detik.

"Itu ada buktinya ya, Ibu Ida. Mempraktekkan pakai minyak, diolesi, disemprot, terus keluar darah kotor katanya. Padahal bukan darah kotor, tapi minyaknya yang berubah warna," terang Pesulap Merah dilanjutkan dengan praktek triknya.

"Ini trik dukun, bukan minyak tradisional. Ya, gue doakan Ibu Ida jangan sampai mempraktekkan ini. Karena ini penipuan, Ibu, kalau mempraktekkan ini," sambung Pesulap Merah.

Atas video tersebut, banyak warganet yang salah paham menyangka Pesulap Merah berusaha menjatuhkan Ibu Ida Dayak. Namun banyak juga yang memahami maksud dan tujuan Pesulap Merah, yaitu memperingatkan Ibu Ida Dayak agar menjauhi trik-trik yang sering dilakukan dukun palsu.

Pesulap Merah sendiri telah mengklarifikasi seputar video membongkar trik yang diduga dilakukan Ida Dayak tersebut. Ia juga mengaku tak meragukan kemampuan Ida Dayak dalam hal memijat bagian tubuh yang sedang bermasalah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini