Sukses

Tips Menjaga Metabolisme Tubuh Selama Puasa, Biar Tetap Sehat dan Kuat!

Guna menangkal berbagai penyakit dan virus selama puasa, imunitas tubuh harus selalu dijaga.

Liputan6.com, Jakarta Guna menangkal berbagai penyakit dan virus selama puasa, imunitas tubuh harus selalu dijaga. Hal itu dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan kuat serta ibadah puasa yang dijalankan semakin lancar.

Pasalnya, saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan mineral yang cukup selama lebih dari 12 jam. Kondisi tersebut terkadang membuat seseorang menjadi lemas dan lunglai. Dampaknya, aktivitas yang dijalani sehari-hari tidak berjalan maksimal.

Nah, agar asupan mineral saat berpuasa tetap terjaga, Anda harus memperhatikan kualitas asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka puasa, ya! Selain itu, terdapat beberapa hallainnya yang harus Anda perhatikan.

1. Hindari Begadang

Dilansir dari Kemkes.go.id, begadang memiliki efek yang tidak menguntungkan untuk tubuh manusia. Seperti meningkatkan kadar gula darah, kegemukan, konsentrasi yang menurun, imunitas tubuh menurun, dan juga stres.

2. Penuhi Asupan Mineral dalam Tubuh

Kebutuhan mineral saat puasa tidak boleh diabaikan dan wajib Anda penuhi. Pasalnya, mineral berfungsi untuk melancarkan metabolisme dan memastikan tubuh dapat berkembang serta berfungsi secara normal. Salah satu asupan mineral yang tepat adalah Le Minerale.

Pasalnya, Le Minerale merupakan air mineral yang cocok untuk membantu mengembalikan kecukupan mineral dalam tubuh yang hilang saat beraktivitas selama puasa. Le Minerale mengandung mineral esensial yang tentu saja bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Le Minerale juga memiliki kandungan magnesium. Magnesium mirip dengan vitamin B7 yang berperan dalam metabolisme karbohidrat, sehingga kerja insulin lebih efektif. Kandungan mineral esensial yang berkualitas yang terdapat di dalam Le Minerale ini membuat rasanya lebih segar dan mendorong orang bisa minum lebih banyak.

3. Tetap Berolahraga

Dilansir dari Healthline, olahraga dapat menjaga metabolisme tubuh agar tetap bugar karena olahraga dapat merangsang imunitas seluler, meningkatkan suhu tubuh, membantu tidur menjadi nyenyak, mengurangi risiko penyakit jantung hingga diabetes, dan mengurangi inflamasi dalam tubuh.

Untuk itu, saat sedang berpuasa, tetap melakukan olahraga. Namun, harus diperhatikan juga intensitasnya, ya!

4. Konsumsi Vitamin Tambahan

Selain asupan makanan dan minuman yang bergizi saat sahur dan berbuka, Anda juga bisa menambahkannya dengan mengonsumsi vitamin tambahan guna menjaga metabolisme tubuh. Namun, untuk mengonsumsi vitamin tambahan, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Nah, itu empat tips untuk menjaga metabolisme tubuh selama puasa yang bisa Anda lakukan. Lakukan secara rutin agar puasa yang dijalankan semakin lancar, ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini