Sukses

Cukur Rambut Unik di Nepal, Wajah Dipijit dan Dibasuh di Tempat Bekas Cuci Piring

Wajah sang pria saat cukur rambut diolesi semacam bedak dan pemotong rambut itu menepuk bagian pipi pria ini dengan cukup kasar dan cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Jasa potong rambut atau cukur rambut pria umumnya memang berbeda dengan wanita. Namun intinya sebenarnya sama. Mendapatkan pelayanan yang nyaman dan menyenangkan tentu cukup penting saat membayar jasa, termasuk potong rambut.

Namun, bagaimana jadinya jika mendapat pengalaman tak terduga saat potong rambut di luar negeri? Hal ini tampak dalam unggahan akun TikTok @sadamm.jpg. Pria ini berbagi pengalaman unik ketika potong rambut di Nepal dalam dua buah video yang dibagikan beberapa hari lalu.

Saat selesai potong rambut, pria ini ternyata mendapat pelayanan ekstra yang tak terduga. Bila tukang pangkas rambut di Indonesia ada yang memberikan layanan ekstra memijat kepala dan leher usai sesi cukur ranbut selesai, hal itu beda dengan pemangkas rambut di Nepal yang satu ini.

Wajahnya diolesi semacam bedak dan pemotong rambut itu menepuk bagian pipi pria ini dengan cukup kasar dan cepat. Setelah itu, wajahnya dicuci di tempat yang sama penjual makanan India mencuci piring.

"Jujur gue di sini syok banget karena tempat cuci muka itu bekas abang-abang panipuri cuci piringnya. Bayangin muka gue dicuci sama kayak cuci piring panipuri guys," terang pria ini dalam unggahannya.

Kita bisa melihat wajah pria ini dicuci dan digosok, bahkan sampai ke bagian telinga. "Terus yang anehnya lagi nih tangan dia tuh suka masuk ke mulut gue guys. Sampai masuk-masuk ke mulut itu apa faedahnya tuh," katanya keheranan.

Setelah cuci muka, pria ini juga mendapat pijatan di kepala yang terasa nikmat. Namun siapa sangka, bagian mata juga ikut dipijat hingga pria ini merasa tak nyaman. Bukan hanya bagian wajah, ternyata pria ini juga merasakan kiropraktik atau yang umum disebut 'kretek kretek' pada bagian punggung dan tangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Unik Potong Rambut Jadi Viral

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan tersebut. "Tuhan memberimu kebahagian bang tp lu milih potong rambut di sana," komentar seorang warganet.

"Terpantau abangnya sangat happy," komentar warganet lainnya

"Ya Allah sambil suapin anak makan tiba” lewat di fyp gue langsung ngakak daritadi 😂," timpal warganet lainnya.

Salah satu video yang diunggah akun tersebut pada 6 April 2023, sempat viral karena sudah dilihat lebih dari 1,6 juta kali dan disukai lebih dari 183 ribu kali.

Entah demi menarik perhatian pengunjung dan mempertahankan eksistensinya atau untuk kepopuleran semata, sejumlah tukang pangkas rambut ini beraksi tak menggunakan perkakas semestinya. Bukan memakai gunting, mereka justru menggunakan alat anti-mainstream dan mungkin terkesan ekstrem.

Mereka memakai media api hingga benda tajam berukuran tak biasa seperti pedang samurai saat memotong rambut para pelanggannya. Melansir kanal Unik Liputan6.com, berikut cara ekstrem potong rambut yang dirangkum dari beragam sumber, Minggu (9/4/2023).

3 dari 4 halaman

1. Besi Panas

Mencukur rambut menggunakan gunting rambut sudah biasa. Tapi menggunakan besi panas, itu baru unik. Seperti yang dilakukan oleh penata rambut Cina Wang Weibu. Seperti dilansir dari Daily Mail, Wang adalah salah dari tukang cukur rambut yang masih menggunakan metode tradisional seni kuno Dahuojia.

Ia menggunakan sepasang penjepit logam panas untuk membakar rambut mati daripada memotongnya. Jika rambut terlalu panjang, besi panas yang digunakan berbentuk seperti gunting. Wang mengklaim hasil potongannya bisa bertahan hingga 3 bulan.

"Pelangganku setuju denganku bahwa potongan rambut dengan caraku dapat menjaga bentuk yang sama selama 3 bulan. Benar-benar berhasil," terang Wang. Metode tradisional memotong rambut ini sebenarnya telah tersebar luas di China, hingga terdepak dari dunia fashion pada tahun 1980-an. Sekarang, hampir tidak ada orang yang ingin potong rambut dengan menggunakan metode yang tidak biasa itu.

Saat beraksi, pria yang sudah berusia 70 tahun lebih ini biasanya memanaskan logam penjepit dalam bara api dari kayu. Setelah itu, ia merendamnya dengan sedikit air sebelum digunakan pada rambut untuk pertama kali.Usai pemotongan pertama, pelanggan mereka akan dicuci rambutnya sebelum memasuki sesi pembentukan model rambut yang diinginkan.

Wang mengatakan satu-satunya kelemahan metode potong rambut tradisional itu adalah bau terbakar. Mereka umumnya tak suka bau tersebut, meski sebagian besar kliennya tidak.

4 dari 4 halaman

2. Potong Rambut dengan Api

Tak menggunakan gunting, tukang cukur di Goa, India ini memangkas rambut Anda dengan cara dibakar menggunakan api. Si tukang cukur rambut bahkan melakukannya dengan mata tertutup. Huda menggambarkan metode itu sebagai pertunjukan sulap menarik, sebab pemotongan rambut itu dilakukan melalui insting.

"Aku menyesal tak mencobanya, sebab saat itu rambutku sudah menggunakan hair spray. Aku sedikit khawatir jika mahkota kepalaku itu menjadi lebih mudah terbakar. Bisa-bisa kepalaku botak nanti..,," ucap Huda sambil tertawa.

3. Potong Rambut dengan Pedang

Pria bernama Nguyen Hoang Hung ini bekerja sebagai penata rambut di sebuah salon di Vietnam. Tidak seperti orang lain dengan profesi sama yang menggunakan gunting, Hung memakai pedang untuk memotong rambut klien-nya!

Tak bisa dibayangkan bagaimana tekniknya, walaupun begitu rambut hasil potongan Hung selalu bagus. Hung mengakui ia memutuskan menggunakan skill unik itu sudah selama lima tahun, seperti yang dikutip dari OddityCentral.

Hung mulai berlatih menggunakan wig, lalu ia mulai berani memotong rambut asli yang panjang. Sampai kemudian, setelah latihan tekun selama empat tahun, Hung mampu mempraktikkan tekhnik ini pada rambut pendek seperti model bob atau pixie dan prosesnya hanya dalam hitungan menit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini