Sukses

Tanpa IU, Suga BTS Alias Agust D Jadi Cowok Kue di Video Musik People Pt. 2

Single kolaborasi dengan IU, People Pt.2 dirilis Suga BTS alias Agust D sebelum peluncuran album solo bertajuk "D-DAY" pada 21 April 2023

Liputan6.com, Jakarta - Sekte "Yoongi, marry me" merapat! Suga BTS alias Agust D resmi merilis single kolaborasi dengan IU, People Pt.2, Jumat (7/4/2023), sebelum peluncuran album solo bertajuk "D-DAY" pada 21 April 2023. Di video klip berdurasi 4 menit dan 29 detik tersebut, Agust D berkontemplatif dalam rekaman emosional.

Ia dipotret dalam visual yang akrab, mengenakan busana santai yang salah satunya membuat idol berusia 30 tahun ini berubah jadi cowok kue. Dalam tatanan familiar, Suga memakai atasan putih di bawah kardigan kuning cerah yang dipadukan bersama celana jeans.

Tidak ada potongan mode yang mencolok selama klip tersebut, dengan padanan kemeja putih + jeans dan trouser berpadu kardingan cokelat yang juga masuk dalam frame. Sepanjang video, rekan duet Suga, IU, tidak muncul. Penonton hanya bisa mendengarkan suara merdu khas penyanyi bernama asli Lee Ji Eun tersebut. 

Mengutip Soompi, Jumat (7/4/2023), People Pt. 2 adalah lagu dengan ketukan boom bap yang menangkap harmoni dari rap santai Suga BTS dan vokal elegan IU. Lagu tersebut menyampaikan bagaimana hubungan antara orang-orang berulang tanpa henti bahkan setelah cinta, perpisahan, ketakutan, dan kesedihan berlalu.

Di akhir video musik, Suga juga berkomentar tentang lagu tersebut. Ia berbagi, "Orang-orang mengatakan pada saya bahwa lagu itu menceritakan sebuah kisah yang ingin saya bagikan dengan orang lain, dan seperti saya berbicara pada diri sendiri, dan itu benar."

"Lagu ini ditulis ketika saya tidak bisa melakukan apa-apa karena COVID-19, ketika saya berpikir 'Saya kehilangan segalanya.' Jadi itu menyampaikan pesan yang ingin saya sampaikan pada diri saya sendiri," tandas lead rapper BTS itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kolaborasi Pertama IU dan Suga BTS

Sebagaimana diketahui, ini bukan kolaborasi pertama IU dan Suga BTS. Pada 2020, IU merilis lagu Eight, yang menampilkan Agust D pada vokal dan produksi lagu. People Pt.2 sendiri merupakan tindak lanjut dari lagu People milik Suga. Versi asli dari lagu tersebut pertama kali muncul di mixtape kedua rapper BTS, D-2, catat Billboard.

People Pt.2 akan jadi single utama dari album solo Suga, D-DAY. Rapper tersebut akan merilis LP yang dijadwalkan tiba pada 21 April 2023 dengan nama Agust D. Melanjutkan selebrasinya, film dokumenter solo berjudul Road to D-Day juga akan diluncurkan.

SUGA: Road to D-DAY akan mengambil format film dokumenter dan menangkap proses produksi untuk album solo Suga yang akan datang "D-DAY." Ia disebut menemukan cerita baru melalui musik sambil berinteraksi dengan artis dari berbagai kota di seluruh dunia.

Teaser terbaru menampilkan perjalanan berbeda yang dilakukan Suga di berbagai kota yang ia kunjungi. Ia mulai dengan merenungkan bagaimana menceritakan kisah yang ingin ia ceritakan. Perjalanan Suga ke Las Vegas diberi tagar "Around 30" saat ia menjelaskan, "Saya 30 (tahun umur Korea)."

 

3 dari 4 halaman

Dokumenter Album Solo Suga BTS

Suga BTS menyambung, "Hal-hal yang dapat Anda lakukan saat berusia 30 ... bukankah akan banyak?" Saat ia mengerjakan musiknya, Suga berkomentar, "Saya percaya produksi Suga setidaknya harus sampai pada 'itu cukup bagus.'"

Setelah itu, ia mengambil liburan pertamanya di Malibu dan berseru, "Saya baru tahu bahwa liburan sangat menyenangkan. Saya harus memikirkan cara untuk hidup dengan menyenangkan."

Berlanjut, kota Chungcheon diberi tag #luka seperti yang dijelaskan Suga, "Luka dan bekas luka semuanya dibuat sendiri." Saat ia menguatkan melalui sesi produksi yang sulit, Suga menambahkan, "Anda membutuhkan keuletan yang luar biasa untuk dapat melepaskannya."

Mengenai topik pembebasan di Pyeongchang, Suga berbagi bahwa "D-DAY" dimulai dari gagasan untuk dibebaskan dari pikiran negatif. "Saya berpikir untuk berhenti dari musik ratusan kali sehari," sebutnya. "Tapi jika kita berkumpul dan melakukannya, kita bisa melakukannya. (Karena) membuat musik sangat menyenangkan."

Saat berada di San Francisco, Suga bertemu bintang global seperti Anderson .Paak, Steve Aoki, dan Halsey. Ia berbicara tentang bagaimana bertemu musisi selalu menyenangkan karena mereka semua hanyalah manusia pada akhirnya dan menjelaskan bagaimana hati mereka terhubung, bahkan jika mereka berbicara dalam bahasa yang berbeda.

4 dari 4 halaman

Dokumenter sampai Tur Dunia Suga BTS

Di Tokyo, Suga mengingat kembali mimpinya dan bertemu komposer Jepang Ryuichi Sakamoto, yang musiknya jadi inspirasi baginya. Suga berbagi bahwa ia ingin terus bermimpi, tapi sering bertanya-tanya mimpi seperti apa yang seharusnya ia miliki.

Terakhir, trailer memperlihatkan pola pikir Suga yang berfokus pada masa kini saat ia berkomentar, "Kita bertanya-tanya tentang masa depan yang tidak pasti, dan takut. Kita sangat menderita karena masa lalu yang tidak dapat kita perbaiki."

"Tapi saat ini adalah sesuatu yang bisa saya kendalikan. Cerita yang berfokus pada masa depan. Masa lalu hanyalah masa lalu. Masa sekarang hanyalah sekarang. Masa depan hanyalah masa depan," tandasnya.

Menyusul perilisan album solonya, Suga juga akan memulai tur dunia pada 26 April 2023. Amerika Serikat akan jadi perhentian perdana sebelum berlanjut ke Indonesia, Thailand, Singapura, Korea, dan Jepang. Melansir NME, berikut jadwal lengkap tur dunia Suga di Asia sejauh ini:

Mei

26 – Jakarta, Indonesia, Pameran Konvensi Indonesia

27 – Jakarta, Indonesia, Pameran Konvensi Indonesia

28 – Jakarta, Indonesia, Pameran Konvensi Indonesia

Juni

2 – Yokohama, Jepang, Pia Arena MM

3 – Yokohama, Jepang, Pia Arena MM

4 – Yokohama, Jepang, Pia Arena MM

9 – Bangkok, Thailand, Impact Arena

10 – Bangkok, Thailand, Impact Arena

11 – Bangkok, Thailand, Impact Arena

16 – Singapura, Singapore Indoor Stadium

17 – Singapura, Singapore Indoor Stadium

18 – Singapura, Singapore Indoor Stadium

24 – Seoul, Korea Selatan, Stadion Indoor Jamsil

25 – Seoul, Korea Selatan, Stadion Indoor Jamsil

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.