Sukses

Suka Pakai Baju Adat, Ibu Ida Dayak Tampil Beda Saat Pergi Liburan

Penampilan Ibu Ida Dayak saat liburan bikin panging karena biasa terlihat pakai baju adat.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ibu Ida Dayak sedang populer platform video Tik Tok dan Snack Video. Hal ini karena kemampuan Ida Dayak dalam menyembuhkan berbagai keluhan atau penyakit, seperti stroke. Bukan itu saja, dia juga bisa meluruskan tulang yang bengkok, keseleo, dan salah urat.

Ibu Ida Dayak juga bisat membuat pasiennya yang tadinya tuli dan bisu bisa kembali mendengar serta berbicara. Saat mengobati pasiennya, pemilik nama asli Ida Andriyani ini selalu memakai pakaian adat dan aksesori khas suku Dayak.

Dia lahir di Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, 3 Juli 1972.  Baru-baru ini, beredar sebuah video yang memperlihatkan Ida Dayak tampil berbeda. Dalam video itu, terlihat Ida Dayak tidak mengenakan baju bernuanasa adat maupun etnik tapi pakaian kasual dan modis.

Hal itu diketahui dari unggahan terbaru di akun Tiktok @idadayak7.  Ia mengikat rambutnya yang panjang serta mengenakan topi. Ida Dayak juga terlihat tampil simpel dengan kaos lengan pendek berwarna merah muda dan kain songket berwarna merah keemasan.

“Bu Ida menikmati pagi di pegunungan," tulis akun tersebut, Ada yang menyebut Ibu Ida Dayak tengah menikmati waktu berliburnya di kawasan pegunungan. Sebagian warganet mendoakan Ida Dayak selalu diberi kesehatan dan menikmati momen liburannya.

"Sejenak melepaskan lelah ya bu, setelah berhari-hari berjuang untuk membantu saudara-saudara yang butuh pertolongan," komentar seorang warganet.

"Ternyata cantik kalau udah begini, sehat selalu bu," tulis warganet lainnya.

"Ibu Ida sehat terus ya bantu orang-orang yang membutuhkan panjang umur ya bu," komentar warganet lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Metode Ida Dayak Simpel dan Cepat

Wanita yang memiliki nama asli Ida Andriyani itu selalu mengenakan pakaian adat dan aksesoris khas suku Dayak saat mengobati pasiennya. Ciri khas itu membuatnya disapa dengan nama Ida Dayak.

Melansir kanal Hot Liputan6.com, sebelum viral seperti saat ini, Ida Dayak menggelar pengobatannya dengan berkeliling dari pasar ke pasar. Bahkan dirinya mengaku pernah menggelar pengobatan hingga ke Papua, Sulawesi, dan Sumatera. Kini ia punya tempat praktik sendiri di Depok, Jawa Barat.

Metode penyembuhan Ibu Ida Dayak terbilang simpel dan cepat. Dia hanya melakukan ritual menari dan diurut dengan dioleskan minyak berwarna merah yang diberi nama Minyak Bintang. Minyak itu sudah lama dikenal masyarakat suku Dayak Kalimantan sebagai salah satu obat tradisional yang digunakan turun-temurun.

Saat melakukan penyembuhan, Ida Dayak mengaku selalu melibatkan Tuhan. Kalimat tauhid Lailahaillallah dan kalimat basmalah kerap dilantunkannya saat memulai melakukan pengobatan. Dengan mengucapkan kalimat itu, dia menunjukkan kesembuhan hanya berasal dari Allah SWT.

"Sesuai agama saya, saya Islam, saya muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim," ucap Ida Dayak dalam sebuah tayangan video.

 

3 dari 4 halaman

Ibu Ida Tidak Memungut Biaya

 

Ida Dayak bisa langsung menyembuhkan tulang bengkok pasiennya. Bahkan ada pasien yang sebelumnya tidak mampu berjalan, setelah diurut langsung bisa berjalan kembali. Ia juga mengaku dapat membuat pasien yang tadinya tuli dan bisu bisa kembali mendengar dan berbicara.

Usai video-video penyembuhannya viral, pengobatan Ida Dayak di mana pun selalu dipadati warga yang ingin mencari kesembuhan.Pada Senin (3/4/2023), Ibu Ida Dayak menggelar pengobatan alternatif di GOR Divif 1 Kostrad, Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Depok, Jawa Barat. Pengobatan yang akan berlangsung hingga Selasa (4/4) ini pun langsung dibanjiri ratusan orang yang ingin berobat.

Meski selalu diserbu oleh warga, wanita berusia 51 tahun itu tidak memungut biaya dalam mengobati pasiennya alias gratis. Dia hanya menjual minyak racikannya sendiri dengan harga wajar, Rp50.000 per botol.

Ibu Ida telah banyak mengobati pasien baik itu dari unsur TNI, Polri maupun masyarakat biasa. Pengobatan Ida Dayak begitu dikenal oleh masyarakat. Ida bahkan pernah diundang beberapa instansi pemerintah dan pejabat.

4 dari 4 halaman

Ida Dayak Pernah Mengobati Petinggi TNI

Wanita yang sejak 2021 tinggal Ciwalen, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat itu juga pernah diundang ke kediaman Letjen (Purn) AM Hendropriyono. Saat itu, Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan istri juga hadir. Ida Dayak juga pernah melakukan pengobatan di Denpom Divif 1 Kostrad untuk Masyarakat Wilayah Bogor pada tanggal 26-28 Maret 2023 lalu.

Pengobatan yang digelar di Cilodong baru-baru ini bahkan menimbulkan kemacetan karena banyaknya orang yang ingin berobat. Ratusan orang disebutkan berkumpul dan memadati area Kostrad Cilodong, Depok, untuk menghadiri pengobatan alternatif Ida Dayak yang kini viral itu.

Dalam akun Instagram info komunitas @depok24jam, terlihat orang-orang memadati sebuah pintu bangunan. Menurut informasi yang beredar, jadwal pengobatan alternatif Ida Dayak dilakukan Senin dan Selasa tanggal 3-4 April 2023 di GOR Divif 1 Kostrad yang terletak di Jalan Raya Bogor-Jakarta Km 39 Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Keramaian orang yang mengikuti pengobatan alternatif Ida Dayak menyebabkan kemacetan panjang di Jalan Raya Bogor arah Jakarta, di sekitar Cilodong, Depok. Warganet di sekitar pun mengeluhkan kemacetan ini melalui media sosial.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.