Sukses

Tas Mewah Istri Rafael Alun Trisambodo yang Disebut KW Disita KPK, Warganet Ungkap Harga Tiap Tas

Koleksi tas milik istri Rafael Alun Trisambodo yang disita KPK, menurut seorang warganet harganya mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menahan mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo mulai Senin 3 April 2023. Rafael Alun telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi pemeriksaan perpajakan kurun waktu 2011-2023.

Usai ditangkap, KPK memamerkan barang bukti sitaan tersangka penerimaan gratifikasi Rafael Alun Trisambodo. Hal yang paling mencuri perhatian selain sejumlah uang tunai, ada sederet tas mewah milik sang istri, Ernie Meike Torondek yang juga diperlihatkan.

Hal tersebut membuat publik mengingat kembali bagaimana ayah dari Mario Dandy, pelaku penganiayaan David Ozora itu mengaku jika koleksi tas mewah milik sang istri merupakan barang palsu alias KW. Menurut Rafael Alun, dari 70 tas yang disita, hanya sekitar 8 hingga 10 yang asli.

"Jumlah yang disita oleh KPK, saya rasa itu memang milik saya dan nilai seperti apa adanya. Tapi kalau bicara nilai tas, dari 70 tas yang disita KPK itu mungkin paling banyak hanya 8 atau sampai 10 yang asli sisanya semuanya KW," ungkapnya dalam wawancara pada media belum lama ini.

Bukan kaleng-kaleng, tas mewah tersebut terdiri daru berbagai brand kenamaan Prancis. Mulai dari Lindy, Chanel, Dior, Gucci, Louis Vuitton hingga Hermes.

Seorang warganet di Twitter turut mengurutkan koleksi tas milik Ernie Meike Torondek tersebut dalam cuitannya, lengkap bersama dengan harga-harganya. Berikut beberapa tas milik ibu Mario Dandy dengan harga yang fantastis menurut akun Twitter @raditiyas25, mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Sebagian Koleksi Tas Istri Rafael Alun

1. Hermes Birkin 25-35 Grey dengan harga berkisar 33.000 dolar AS atau Rp492 jutaan.

2. Hermes Kelly 25 Epsom Pink dengan harga Rp390 jutaan.

3. Hermes Birkin 25 Chocolate Togo Gold Hardware dengan harga Rp345 jutaan.

4. Hermes Birkin 25 Rose d'ete swift leather dengan harga Rp234 jutaan.

5. Hermes Lindy 34 Brown dengan harga Rp176-180 jutaan.

6. Hermes Kelly Fuschia Rp149 jutaan.

7. Blue Dior Oblique Embroidery (size antara Medium - Large) dengan harga Rp54 jutaan.

8. Dior White and Blue Rêve d’infini Embroidery” dengan harga berkisar Rp56 jutaan.

9. Louis Vuitton Damier Speedy 30 Bag dengan harga sekitar Rp24,6 jutaan.

10. Chanel Classic Handbag (antara Lambskin or Grained Calfskin) harga sekitar Rp135 jutaan.

11. Mini Dior Book Tote Phone Bag, dengan harga sekitar Rp39 jutaan.

12. Louis Vuitton Multicolor Speedy 30 Handbag dengan harga sekitar (secondhand): Rp10 jutaan.

13. Hermes Clemence Mini Lindy 20, dengan harga sekitar: Rp.162 jutaan.

 

Tentu saja, deretan tas mewah yang jika ditotal bisa mencapai miliaran rupiah ini membuat banyak warganet merasa ingin ikut berkomentar. Tak sedikit yang geleng-geleng kepala dengan koleksi tas yang dimiliki istri Rafael Alun Trisambodo ini.

3 dari 4 halaman

Pertanyakan Harta Rafael Alun

"Ok ada Hermes Birkin, Kelly dan Lindy dan semua ukuran paling susah dicari. Lalu ada 3 Tote Dior dengan beda ukuran dan warna, disusul oleh Caviar Chanel Flap dengan chanel lainnya dan Louis Vuitton bisa ini beli rumah secluster," komentar seorang warganet.

"Eh ternyata ada YSL nyelip dan Prada nya. Gila bukan main2 sih ini, sadis mainnya…," komentar warganet lainnya.

"Apakah tas ini akan dimusnahkan dengan cara dibakar seperti baju thrift atau dilelang?” timpal warganet lainnya.

Situasi itu membuat masyarakat mempertanyakan harta yang dimiliki Rafael. Namun Rafael Alun menambahkan bahwa kebenaran ucapannya itu biar nanti pihak KPK yang memeriksa keaslian tas-tas mewah milik istrinya tersebut.

"Nanti biarkan pihak KPK yang mungkin bisa melihat itu, apakah itu asli atau tidak," ucapnya dilansir dari unggahan akun Instagram @allartis.

Unggahan tersebut langsung jadi sorotan. Beberapa warganet tidak percaya tas mewah tersebut hanyalah barang tiruan semata. Sementara, beberapa warganet lain bingung, kenapa sang istri memilih membeli tas KW.

 

4 dari 4 halaman

Istri Rafael Berfoto di Toko Tas di Paris

Pasalnya sang istri kerap memamerkannya di media sosial dan itu justru akan mempermalukannya karena tasnya tidak asli. "Beli tas KW? pasti malu lah sama circlenya, bedanya asli KW aja kelihatan banget," komentar seorang warganet.

"Koq jawabanya jadi sama tas KW.. mungkin hasil belajar kelompok," komentar warganet lainnya menyinggung pernyataa Sekda Riau SF Hariyanto yang baru-baru ini juga mengaku koleksi tas mewah milik istrinya adalah barang KW.

Pengakuan Rafael ini seakan bertolak belakang dengan foto yang beredar. Di media sosial, beredar foto istri Rafael ketika berjalan-jalan di Paris dan berpose di depan toko barang branded.

Dilansir dari unggahan Instagram @azazeldiablos, Ernie Meike terlihat berpose di depan toko Goyard dan Gucci sambil menenteng goodie bag dari brand tersebut. Bahkan, ada pula foto unggahan ibunda Mario Dandy yang memamerkan koleksi tas mewahnya dari brand Dior.

"Ke Paris cuman beli Goodiebagnya aja. Isinya KW kok," tulis keterangan unggahan akun tersebut pada Sabtu, 1 April 2023, seakan menyindir pernyataan Rafael Alun tentang tas KW milik istrinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.