Sukses

Fakta di Balik Es Krim Indomie Goreng yang Jadi Sensasi Online, Sempat Disangka April Mop

Bukan kali pertama es krim Indomie Goreng bikin heboh di jagat maya. Sebelumnya, kehadiran di Australia sudah lebih dulu jadi sensasi online.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tidak tahu Indomie Goreng? Varian mi instan ini telah begitu populer, tidak hanya di Indonesia, namun juga sejumlah negara lain di dunia. Karenanya, ketika penampakan es krim Indomie Goreng beredar di jagat maya, tidak butuh waktu lama bagi konten itu untuk jadi sensasi online.

Setelah disangka sebagai April Mop, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk., selaku produsen Indomie, melalui akun Instagram @indofood.icecream membenarkan keberadaan produk tersebut. Di unggahan terbaru, pihaknya menulis, "Bukan prank, bukan April Mop. Ada yang baru dari Indofood Ice Cream!! CHOC ROCKS CONE INDOMIE!"

"Kolaborasi es krim Choc Rocks Cone dan @indomie dengan rasa yang creamy, manis dan gurih, fix seru banget!!" sambungnya. "Kepo sama rasanya? Yuk temukan Choc Rocks Cone Indomie di Indomaret tertentu, di semua Indomaret Fresh atau pesan online di Klik Indomaret ya!"

Di poster promosinya, tampak bahwa produk "edisi terbatas" ini merupakan perpanjangan kreasi Indomie Goreng. Kehadirannya pun disambut baik sebagian besar warganet. Beberapa bahkan meminta stoknya diperbanyak. "Keren sih ini idenya super out of the box," tulis salah satu pengguna.

Sebagaimana diketahui, kehebohan es krim Indomie ini bermula dari unggahan Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Axton Salim pada Sabtu, 1 April 2023. Klip tersebut memperlihatkan Axton menonton video seorang warganet yang memakan mi dengan es krim.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Disangka April Mop

Axton berkata, "Gais, ada es krim rasa Indomie Goreng persembahan Indofood Ice Cream." Ia menjelaskan bahwa es krim itu dihiasi taburan mi instan dengan rasa asin, manis, dan lembut, seperti salted caramel.

Sementara di keterangan unggahan, ia menulis, "Pas puasa di bulan April gini, ada aja yang ngide makan Indomie Goreng pake es krim. Karena kepo, saya ikutan nyobain deh! Tapi kalo yang kali ini es krimnya + indomie lebih seru nih!"

"Ada yang mau coba tidak? #sayatidakbohong #bulanpuasatidakbolehbohong," tandasnya.

Di kolom komentar, banyak orang tidak percaya bahwa produk tersebut akan dipasarkan. "Tercium aroma April MOP dahlah kak, itu kakak doang yg bisa akses icecream-indomie wkwk netizen nonton doang ini mah," komentar salah satunnya.

Sedangkan pengguna lain menulis, "Fix April Mop lagi. Tidak akan tertipu untuk kesekian kalinya furgusooooo." "Hmmm.....#trustissue," sambung yang lain.

"Tiap tahun tanggal segini, kepercayaan warga di test nih," tulis penyanyi Vidi Aldiano yang nimbrung di kolom komentar.

3 dari 4 halaman

Es Krim Indomie Goreng Booming di Australia

Sebelum ini, es krim rasa Indomie Goreng kreasi sebuah grup restoran Malaysia yang berbasis di Australia, Ho Jiak, sudah lebih dulu bikin heboh. Produk tersebut menjanjikan tekstur "creamy nan lembut dengan sentuhan cita rasa khas" produk mi instan tersebut.

Kendati sebenarnya bukan item baru, yang mana unggahan produk ini ada yang tercatat pada 2020, kehadirannya menarik perhatian pengguna Twitter pada April 2022. Ini bermula dari kicauan seorang pengguna @maxwalden_ yang menulis, "Eh, jadi es krim rasa Indomie eksis di Australia. HT @erwin_renaldi," pada 26 April 2022.

Merujuk pada unggahan tersebut, es krim rasa Indomie Goreng ini dijual seharga 16,8 dolar Australia (sekitar Rp172 ribu). Faktanya, itu bukan satu-satunya produk kreasi Indomie Goreng dari grup restoran Malaysia tersebut.

Di unggahan Instagram-nya, mereka juga berbagi tentang menu Indomie Goreng truffle pada 16 Juli 2021. "Angkat tangan jika Anda kecewa karena melewatkan musim truffle," tulis mereka sebagai keterangan unggahan.

"Kami akan memperkenalkan seri DIY Ho Jiak kami, di mana Anda bisa mendapatkan satu set bahan penting yang diperlukan bersama petunjuk cara memasaknya," mereka menambahkan. "DIY Truffle Indomie Buttermilk Anda sendiri. Pesan secara online mulai hari Sabtu dan seterusnya."

Di video yang dibagikan, kreasi lain dari Indomie Goreng ini disajikan bersama kuah berwarna putih yang sepertinya terbuat dari susu, ragam potongan sayuran, dan tentunya, truffle. Telur mata sapi dan taburan bawang goreng pun melengkapi seporsi DIY Truffle Indomie Buttermilk yang disarankan untuk dimasak di rumah.

4 dari 4 halaman

Es Krim Rasa Indomie Goreng di Indonesia

Tidak satu waktu itu saja, es krim rasa Indomie Goreng sebenarnya sudah pernah booming di Indonesia pada 2020 lalu. Merek es krim handcrafted Holi Ice Cream yang menggagas ide segar tersebut.

Dalam sejumlah unggahan di akun Instagram-nya kala itu, mereka menarasikan sajian es krim satu ini dilengkapi taburan bawang goreng. "THE FIRST INDOMIE GORENG ICE CREAM IN INDONESIA! Lengkap dengan taburan bawang goreng asli di atasnya! WOW Yakin kamu gak mau coba?" begitu tulisan dalam unggahan pada 10 Agustus 2020.

Untuk mencicip kuliner unik ini, pelanggan harus melakukan pre-order dengan merogoh kocek senilai Rp45 ribu. Merek es krim ini memang acap kali merilis berbagai cita rasa unik, di antara ragam "varian es krim normal" yang tidak kalah menggugah selera.

Empat menu unik yang tercatat pernah dirilis pihaknya adalah es krim rasa Indomilk Banana with Choki-Choki, Energen with Cornflakes, Red Wine, dan Cheese Tea with Brulee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.