Sukses

5 Langkah Meredakan Masalah Kulit Sensitif

Memiliki kulit glowing dan sehat tentunya membutuhkan usaha dan ketekunan merawatnya. Hal ini karena masalah kulit dapat muncul kapan saja meskipun kita sudah berusaha menghindarinya. Liputan6.com merangkum lima tips menenangkan masalah kulit sensitif dari dr. Claudia Christin, Andrea Christina, bersama Somethinc. Berikut adalah lima tips tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit glowing dan sehat tentunya membutuhkan usaha dan ketekunan merawatnya. Hal ini karena masalah kulit dapat muncul kapan saja meskipun kita sudah berusaha menghindarinya. Praktisi dermatologis atau dokter kecantikan, dr. Claudia Christin mengungkapkan bahwa secara umum, hampir semua orang memilki masalah kulit yang sama. Yang paling umum adalah jerawat, hyperpigmentation atau noda hitam dan kulit sensitif serta iritasi. 

Masalah kulit semakin diperparah saat puasa, karena ada banyak masalah kulit lain bermunculan. "Kalau masa puasa, karena asupan air kurang, jadi kulitnya lebih mudah dehidrasi kekurangan air. Air itu kan kebutuhan pokok. Semua permasalahan jadi semakin parah semasa kurang asupan cairan," ujar dr. Claudia Christin pada acara Media Briefing bersama Somethinc pada Rabu, 29 Maret 2023 di Jakarta Selatan. 

Munculnya sensitivitas kulit juga bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti terlalu sering gonta-ganti skincare, hormon, alergi makanan, perubahan cuaca, jerawat hingga radiasi negatif. "Perawatan pada masalah kulit seperti ini tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diatasi agar kondisinya tidak menjadi semakin parah," lanjut dr. Claudia. 

Lebih lanjut, Andrea Christina, seorang beauty creator yang dikenal dengan nama Dosen Kecantikan, mengungkapkan banyak masyarakat yang salah dalam memilih skincare sesuai kebutuhan kulit, dan berujung pada iritasi, alergi, hingga rusak barrier-nya menjadi sensitif kemerahan.

Untuk menjawab permasalahan kulit yang ada terutama untuk kulit sensitif, Somethinc berinovasi meluncurkan rangkaian produk CALMDOWN, paten teknologi yang hanya dimiliki Somethinc dan telah teruji efektif menenangkan kulit rewel, iritasi, dan sekaligus memperkuat perisai kulit agar kulit tidak mudah sensitif dan mempercepat pemulihannya.  

Liputan6.com merangkum lima tips menenangkan masalah kulit sensitif dari dr. Claudia Christin, Andrea Christina, bersama Somethinc. Berikut adalah lima tips tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gunakan basic skincare dengan fokus menenangkan kulit

Produk yang mengandung Heartleaf, Korean Mugwort, Encapsulated Ceramide, hingga Madagascar Centella merupakan kombinasi tepat untuk menenangkan kulit yang iritasi dan kemerahan. Pilih skincare dengan  kandungan yang menghidrasi seperti Ceramide dan Centella Asiatica yang menenangkan. Aloe vera juga bagus untuk menenangkan kulit.

Calm Down Series yang diluncurkan Somethinc mengandung bahan-bahan tersebut. Tidak hanya menenangkan kulit mengamuk, tetapi juga memperbaiki dan memperkuat skin barrier.  

"Series ini dilengkapi dengan teknologi dan kombinasi formulasi yang teruji efektif dapat melindungi kulit dari agresor eksternal, meningkatkan sistem pertahanan kulit, membuat kulit menjadi tidak mudah sensitif dan reaktif," ungkap Irene Ursula, Founder Somethinc.

Kandungan paten algae yang digunakan Calm Down Series mampu membuat lapisan perlindungan di atas permukaan kulit sehingga terhindar dari polutan yang memicu masalah kulit. 

2. Hindari gesekan pada wajah seminim mungkin 

Termasuk saat mencuci muka, kesalahan yang sering dilakukan adalah menggesek sabun wajah ke kulit dengan tekanan. Oleh karena itu Somethinc CALMDOWNR hadir dengan sabun wajah berbentuk bubble, agar masyarakat tidak perlu menggesek dengan keras dan kulit tetap terjaga kelembabannya. 

"Dengan pH netral yang aman bagi kulit sensitif sekalipun, CALMDOWNR bubble cleanser juga diinfus dengan teknologi 3D Aqua Seal yang mampu memastikan wajah bersih dari kotoran yang menempel dan tetap menjaga kulit agar terus terhidrasi," tambah Claudia. 

3 dari 4 halaman

3. Gunakan Toner eksfoliasi yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati

Bagi Andrea, penggunaan toner telah menjadi bagian skincare routine yang paling penting karena dapat mengangkat sisa-sisa kulit mati dan kotoran yang mungkin masih menempel di wajah.  Ia mengungkapkan bahwa Somethinc PHA 3% Soothing Everyday Toner sedang menjadi andalannya saat ini. 

"Karena selain mampu mengembalikan skin barrier yang rusak, toner tersebut juga bisa mengangkat sel kulit mati secara gentle hingga memberikan sensasi menenangkan secara instan di kulit," imbuhnya. 

4. Serum penenang kulit dengan konsentrasi tinggi 

Penggunaan serum secara rutin dapat membantu mencapai kulit ideal yang diinginkan, karena serum berkonsentrasi jauh lebih tinggi dan sangat tertuju menangani masalah kulit. Bagi yang memiliki kulit sensitif, Calm Down Skinpair Barrier Serum dari Somethinc dapat menjadi serum pertolongan pertama untuk kulit yang sedang iritasi dan sensitif. 

Diperkaya dengan 5X Growth Factor Peptides yang mampu mempercepat proses pemulihan skin barrier yang rusak dan mendukung proses regenerasi kulit secara terus-menerus, dan formulasi yang sangat ringan cocok untuk digunakan saat kulit kemerahan, sensitif dan rentan iritasi. 

4 dari 4 halaman

5. Mengunci kelembapan dengan moisturizer

“Moisturizer yang saat ini jadi favoritku adalah moisturizer Somethinc Calm Down Skinpair R-Cover Cream. Kandungan muru-muru butter nya sangat membantu mengunci kelembapan kulit tanpa menutup pori-poriku yang cukup besar," tambah Andrea.

Menurut Andrea, moisturizer tersebut juga bertekstur sangat ringan, mudah menyerap, tidak lengket dan mampu memberikan kelembapan hingga 72 jam sehingga sangat cocok digunakan untuk meredakan kemerahan dan iritasi ringan. 

"Melalui rangkaian produk Calm Down Series, Somethinc berharap produk ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang telah lelah mencari skincare untuk menenangkan kulit iritasi, kemerahan, dan sensitif, sekaligus memperbaiki skin barrier yang telah rusak akibat sering gonta-ganti produk skincare," tutup Irene. 

Sementara itu, Andrea Christina (Dosen Kecantikan) mengingatkan masyarakat untuk sebelumnya mengenali jenis kulit masing-masing, apakah kering, berminyak, kombinasi, atau acne prone. "Kemudian cari ingredients yang cocok sama kulit, lalu konsul ke spesialis," ungkapnya.

dr. Claudia Christin juga menyampaikan tips-tips tambahan untuk orang dengan kulit sensitif, yaitu memilih skincare yang gentle mulai dari cleanser hingga pelembap, mengembalikan kebutuhan hidrasi, beristirahat yang cukup, dan mengubah gaya hidup dengan lebih sehat seperti makan makanan bergizi dan tidur yang cukup.

"Lifestyle juga mempengaruhi kita terutama pada stress level kita," tutupnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.