Sukses

Tiba di Doha Qatar, Erick Thohir Siap Perjuangkan Indonesia Tetap Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi menginstruksikan Erick Thohir untuk menemui FIFA untuk memastikan Indonesia tetap sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Liputan6.com, Jakarta - Erick Thohir sudah tiba di Doha, Qatar dan siap bertemu petinggi FIFA. Ketua Umum PSSI ini berharap menemukan jalan tengah untuk kelanjutan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Erick Thohir berangkat ke Qatar pada Rabu dinihari (29/3/2023) setelah menyaksikan laga kedua Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Laga itu sendiri berakhir dengan skor imbang 2-2.

Erick Thohir yang juga Menteri BUMN rencananya akan bertemu dengan pihak FIFA di Doha pada hari ini juga namun tempat pastinya masih dirahasiakan. Belum diketahui pula alasan pertemuan digelar di Qatar karena markas FIFA berada di Zurich, Swiss.

Yang jelas, Erick akan membahas soal kelanjutan Piala Dunia U-20 2023 pada Mei sampai Juni mendatang di Indonesia yang sedang terancam. Hal ini terjadi setelah pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya akan digelar di Bali usai penolakan banyak pihak terhadap kehadiran Timnas Israel U-20.

Pada Selasa 28 Maret 2023 malam Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Erick Thohir untuk segera berangkat menemui FIFA. Jokowi menjamin bahwa jika Israel bermain di Indonesia, maka itu tidak ada hubungannya dengan hubungan diplomasi kedua negara.

Kini, hasil pertemuan Erick Thohir dengan para petinggi FIFA di Doha, Qatar, bisa jadi bakal menentukan masa depan sepak bola Indonesia nantinya. "Alhamdulillah sudah sampai di Qatar. Tentu, tim, semua sudah siap untuk bertemu dan bernegosiasi dengan FIFA. Mudah-mudahan ada jalan keluarnya,” kata Erick Thohir dalam unggahan pada Rabu (29/3/2023).

"Bagaimana kita bisa memberikan solusi yang terbaik untuk situasi saat ini. Mohon doanya dari masyarakat Indonesia," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan untuk MIsi Erick Thohir

Baru beberapa jam dibagikan, unggahan itu sudah disukai lebih dari 114 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 5.200 komentar. Sebagian besar warganet memberi dukungan dan berharap misi Erick Thohir bisa sukses.

"Minta maaf utk pa erick atas kelakuan rakyat indonesia yg nyusahin banyak pihak... smg pildun u20 bs dpt diselenggarakn dgn baik 🙏,” komentar seorang warganet.

"Semoga lancar dan Piala Dunia U20 tetap diselenggarakan di Indonesia 🇮🇩. AAMIIN," komentar warganet lainnya.

Ada juga warganet yang kontra dan merasa Erick jadi lebih fokus mengurus PSSI ketimbang tugasnya yang lain sebagai Menteri BUMN.

"BUMN jd ngk ke urus... Janji presiden katanya jabatan ngk boleh merangkap😂.. Semua itu hanya ilusinasi saja😂,” tulis warganet lainnya.

Sebelum berangkat ke Qatar, Erick Thohir sempat menjawab pesan Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka di media sosial yang menyiratkan kehawatiran terkait kelanjutan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023.

Ketua Umum PSSI sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 (LOC) itu berjanji pihaknya bakal berusaha maksimal agar tidak ada mimpi anak-anak bangsa yang dikorbankan akibat polemik di negeri sendiri.

 

3 dari 4 halaman

Pemain Timnas U-20 Buka Suara

Kekhawatiran itu terjadi karena FIFA baru saja membatalkan pelaksanaan drawing di Bali menyusul adanya penolakan partisipasi Israel di turnamen tersebut. Sikap federasi sepak bola internasional itu dipandang sebagai bentuk peringatan bagi Indonesia selaku lokasi penyelenggara. Indonesia disebut berpotensi mendapat sanksi FIFA apabila gagal menjalankan mandat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Menanggapi situasi ini, Hokky Caraka buka suara melalui unggahan di akun Instragam-nya. Ia menyayangkan sikap sejumlah pihak yang bersikeras menentang kedatangan keikutsertaan Israel, sehingga berpotensi menghancurkan mimpi tim muda Garuda untuk mentas dalam ajang sepak bola bergengsi FIFA.

"Memperjuangkan kemerdekaan negara orang lain, tetapi kalian semua merusak impian anak-anak bangsa sendiri. Mimpi indah kawan, sampai jumpa lagi,” tulis Hokky Caraka dalam story Instagram-nya belum lama ini.

Pesan kekhawatiran tersebut nampaknya sampai kepada Erick Thohir.. Erick langsung memberi jawaban usai hadir dalam laga kedua FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Dalam unggahan di Instagram story, Erick membagikan foto dirinya saat memeluk pemain Timnas Indonesia U-20, disertai janji yang menyiratkan upaya untuk menyelamatkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air.

4 dari 4 halaman

Harapan Shin Tae-yong pada Erick Thohir

"Hokky, selama saya masih ada, Insya Allah tidak akan ada yang bisa menghancurkan mimpi kamu, mimpi saya, mimpi kita semua. Semoga lancar ikhtiar ini dan membawa hasil yang baik," tulis Erick melalui unggahannya pada Selasa, 28 Maret 2023.

Selain itu, pelatih timnas Indonesia, Shun Tae-yong juga menaruh asa besar pada Erick Thohir. Ia berharap mantan Presiden Inter Milan mampu menyelamatkan Indonesia agar gelaran Piala Dunia U-20 2023 dapat tetap bergulir di Tanah Air.

"Secara resmi, memang belum ada hasilnya seperti apa (kelanjutan) Piala Dunia U-20. Saya akan bahagia pastinya jika Piala Dunia bisa (tetap) jalan di Indonesia, begitu pula dengan pemain dan masyarakat," tutur Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca pertandingan FIFA Matchday Indonesia vs Burundi di Bekasi.

"Memang banyak keluhan dari para pemain di sosial media (terkait pelaksanaan Piala Dunia U-20), tetapi saya belum bisa berbicara apa-apa karena belum ada hasil secara resmi."

"Jadi saya pun posisinya sedang menunggu. Akan tetapi, saya berharap Pak Erick bisa mengurus masalah ini dengan baik," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.