Sukses

Nani Wijaya Meninggal Dunia Tiga Tahun Setelah Sang Suami Tutup Usia

Mendiang suami kedua Nani Wijaya, Ajip Rosidi, yang juga seorang sastrawan mengembuskan napas terakhirnya, Rabu malam, 29 Juli 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia di umur 78 tahun pada Kamis subuh hari ini, 16 Maret 2023 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Nani Wijaya selama beberapa waktu terakhir ini memang sedang terbaring sakit.

Pemeran Emak dalam sitkom Bajaj Bajuri itu sempat berjuang melawan beberapa penyakit seperti riwayat stroke dan masalah pada jantungnya.  Nani Wijaya tutup usia setelah sang suami, Ajip Rosidi meningggal dunia hampir tiga tahun lalu

Sang suami, Ajip Rosidi, yang juga seorang sastrawan mengembuskan napas terakhirnya, Rabu malam, 29 Juli 2020. Ajip Rosidi meninggal dunia di Rumah Sakit Tidar, Mangelang, Jawa Tengah pada pukul 22.30 WIB.

Kabar kepergian Ajip Rosidi diketahui dari unggahan di Facebook Iman Soleh yang menuliskan, "Assalamualaikum wr wb. Telah berpulang ke RahmatullahKang Ajip Rosidi, di Rumah Sakit Tidar Magelang, Rabu 29 Juli 2020 pkl 22.30."

Suami kedua Nani Wijaya ini meninggal dunia di usia 82 tahun. Sebelumnya, Ajip sempat menjalani perawatan karena terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kabupaten Magelang.

Keluarga sempat merembukkan di mana Ajip Rosidi akan dimakamkan, apakah di kota kelahirannya atau di pemakaman keluarga yang tak jauh dari kediamannya."Keluarga sempat berembuk ingin dikuburkan di Jati Wangi tempat kelahirannya atau di Pabelan, Magelang," ucap Imam Sholeh.

Ajip Rosidi akan dimakamkan di sebelah pusara istri pertamanya, Fatimah Wirjadibrata, yang meninggal pada tahun 2014 lalu. "Ada kuburan istri pertamanya yang sepuh juga, ibu Fatimah, kemungkinan akan dimakamkan di sebelahnya," kata Imam.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernikahan Kedua Nani Wijaya

Pada 2017 lalu, Ajip resmi mempersunting Nani Wijaya. Pernikahan mereka digelar secara sederhana di Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat. Kala itu Ajip berusia 79 tahun, sementara Nani Wijaya berumur 72 tahun.

Suami pertama pemain film dan sinetron ini, Misbach Yusa Biran meninggal dunia pada 2012. Dari pernikahan pertamanya, Nani Wijaya dikaruniai enam orang anak.  Anak bungsunya, Sukma Ayu yang mengikuti jejaknya sebagai aktris sudah lebih dulu tuutp usia pada 2004 lalu di usia 24 tahun.

Pernikahan Nani Wijaya dengan Ajip Rosidi boleh jadi mengejutkan masyarakat. Sejak ditinggal sang suami, Misbach Yusa Biran, Nani Wijaya tak terdengar dekat dengan pria manapun. Maklum, usia Nani Wijaya sudah tak muda lagi, jadi sorotan publik tentang status kesendiriannya memang tidak kencang terjadi.

Yang jelas, sebelum Ajip Rosidi mempersunting Nani Wijaya, ada sosok mak comblang yang menggagas perjodohan itu. Gayung bersambut. Sama-sama ditinggal pasangan, membuat Nani dan Ajip merasa klop. Mereka pun merancang pernikahan di kampung halamannya, Cirebon.

3 dari 4 halaman

Nani Wijaya Terkena Stroke

Sementara, banyak yang mungkin belum mengetahui bahwa Nani Wijaya berjuang melawan penyakit stroke yang dideritanya beberapa tahun terakhir ini. Gara-gara terserang stroke, sebagaimana diceritakan salah seorang putrinya, Nina Kartika, bagian tubuh Nani Wijaya tidak dapat digerakkan.

"Lalu ada luka di belakang karena terlalu banyak berbaring. Ada luka di atas tulang ekornya, sehingga menimbulkan infeksi yang jadi komplikasi ke ginjal dan leukositnya tinggi," kata Nina dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com pada Kamis pagi (16/3/2023).

Akibat penyakit stroke dan kondisi yang mengharuskannya berbaring, Nani Wijaya sudah beberapa tahun belakangan setop syuting dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.  Menurut Nina Kartika, kondisi aktris kawakan yang terkenal akan perannya sebagai Emak di sitkom fenomenal 'Bajaj Bajuri' dua pekan terakhir drop.

Pihak keluarga sampai harus melarikan Nani Wijaya ke rumah sakit. Nina mengatakan bahwa ibunya juga sempat mengalami sesak napas. Keluarga pun kembali harus melarikan Nani Wijaya ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan.Meski begitu Nina menekankan bahwa kondisi Nani Wijaya sempat dalam keadaan sadar tapi mengingau.

"Masih sadar tapi kesulitan bernapas, agak sedikit seperti mengigau. Jadi, kami bawa karena pertimbangannya sulit bernapas," katanya. 

 

4 dari 4 halaman

Stroke Tak Hanya Menyerang Lansia

Stroke menempati posisi tertinggi penyebab kematian di Indonesia dan kedua di dunia sehingga disebut sebagai penyakit mengancam jiwa. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), stroke adalah gangguan fungsi otak yang disebabkan oleh kelainan fungsi darah yang terjadi secara tiba-tiba atau mendadak.

Stroke adalah suatu gangguan dari pembuluh darah di otak," ujar Dokter Spesialis Saraf RS EMC Alam Sutera dr. Daniel T. Suryadisastra, Sp.S dalam Healthy Monday bertajuk "Hari Stroke Sedunia: Usia Muda Juga Bisa Kena, Cermati Gejala dan Cara Penanganannya" pada Senin (31/10/2022).

Stroke tidak hanya menyerang lansia seperti almarhumah Nani Wijaya, melainkan semua usia. Bahkan usia muda juga bisa kena. Hal ini disebabkan oleh faktor risiko stroke yang mungkin dimiliki anak muda. "Semua orang bisa terkena stroke dan semua usia juga bisa, ya," kata Daniel. "Terutama satu, bila dia ada faktor risiko yang tidak terkontrol."

Adapun faktor risiko yang tidak terkontrol atau tidak bisa diubah itu antara lain: Usia, Ras, Jenis kelamin dan Keturunan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.