Sukses

Profil Deep Purple yang Hentikan Rhoma Irama di Pertunjukan Pembuka

Kejadian menghebohkan terjadi di konser Deep Purple yang diselenggarakan di Auditorium UMS Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu dibuka. Konser tersebut dibuka oleh aksi panggung Rhoma Irama dan Soneta Grup.

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian menghebohkan terjadi di konser Deep Purple yang diselenggarakan di Auditorium UMS Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu dibuka. Konser Deep Purple dibuka oleh aksi panggung Rhoma Irama dan Soneta Grup. 

Penampilan Rhoma Irama dengan Soneta Grup kala itu memang membawakan intro dari salah satu lagu Deep Purple bertajuk 'Smoke On The Water'. Mendengar aksi tersebut, salah seorang kru Deep Purple seketika memberhentikan aksi Rhoma Irama.

Berdasarkan video yang beredar, tampak gestur tubuh kru itu tak memperbolehkan lagu tetaebut dilantunkan oleh Rhoma Irama. "Itu yang saya sesalkan," kata Rhoma Irama kepada wartawan di studio TVRI, Senayan, Jakarta, Senin, 13 Maret 2023, dikutip Showbiz Liputan6.com.

"Sebelum pentas oke, kita konfirmasi. Saya kan nggak mau ada apa apa, tiba-tiba ada accident. Astaghfirullahalazim," lanjut sang Raja Dangdut.

Rhoma Irama mengakui dirinya telah memgantongi konfirmasi mengenai kesalahpahaman ini. "Ada miskomunikasi dengan promotor, ya sudah," kata Rhoma Irama.

Promotor yang mendatangkan Deep Purple, Anas Syahrul Alimi mengungkapkan memang ada miskomunikasi antara kru Deep Purple dengan Rhoma Irama. "Nggak ada masalah. Itu kru ada yang ketinggalan apa gitu. Ketinggalan apa gitu, tulisan. Nggak ada masalah, clear kok," ujar Anas Syahrul Alimi.

Sementara, Deep Purple sebagai bintang utama menghadirkan kejutan yang diungkap di atas panggung. Dalam pernyataan tertulis pihak promotor Rajawali Indonesia, mereka membawakan lagu "Indonesia “Mereka juga sempat memainkan musik medley Indonesia Raya yang dimainkan langsung oleh Don Airey dan kawan-kawan,” begitu pernyataan pihak promotor.

Selain itu, band asal Inggris, ini sempat berinteraksi dengan Presiden Joko Widodo yang hadir menonton konser bersama Iriana dan Gibran Rakabuming. Para personel rupanya mengucapkan terima kasih atas kesediaan sang RI-1 menikmati penampilan mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Awal Deep Purple

Deep Purple dibentuk di Hertford, Inggris yang terbentuk pada 1968 silam. Sepanjang karier bermusik, tubuh band ini telah bergonta-ganti personel, namun kini personel Deep Purple terdiri atas Ian Gillan (vokal), Roger Glover (bass), Ian Paice (drum), Don Airey (keyboard), dan Simon McBride (gitar).

Dikutip dari All Music, Rabu (15/3/2023), saat awal dibentuk, lineup perdana band ini menampilkan gitaris Ritchie Blackmore, vokalis Rod Evans, bassis Nick Simper, kibordis Jon Lord, dan drummer Ian Paice. Awalnya dijuluki Roundabout, grup ini pertama kali berkumpul sebagai band sesi untuk mantan drummer Searchers Chris Curtis, tetapi dengan cepat mengambil jalannya sendiri, berkeliling Skandinavia sebelum mulai mengerjakan LP debut mereka, Shades of Deep Purple.

Rilisan yang paling berorientasi pop dalam karier mereka, album ini menghasilkan hit Top Five American dengan tentang "Hush" Joe South tetapi sebaliknya tidak diperhatikan di "rumah" mereka. The Book of Taliesyn mengikuti (hanya di AS) pada 1969, sekali lagi memecahkan Top 40 US dengan sampul "Kentucky Woman" karya Neil Diamond.

Dengan LP ketiga self-titled mereka, ambisi Deep Purple tumbuh. Lagu-lagu mereka mencerminkan kompleksitas dan kepadatan baru karena keyboard yang dipengaruhi klasik Lord mengambil fokus yang jauh lebih besar.

Segera setelah perilisan album, label Tetragrammaton Amerika mereka dibubarkan. Dengan pemecatan Evans dan Simper, band ini mulai merekrut penyanyi baru Ian Gillan dan bassis Roger Glover dari jajaran grup pop Episode Six.

Album pertama Deep Purple yang dirubah, Concerto for Group and Orchestra pada 1970-an, selanjutnya berusaha memadukan musik rock dan klasik. Ketika proyek, yang direkam dengan Royal Philharmonic Orchestra, tidak diterima dengan baik, Blackmore mengambil kendali kreatif band, mengarahkannya ke pendekatan yang lebih berat dan didominasi gitar yang memanfaatkan sepenuhnya vokal kuat Gillan.

Langkah pertama berhasil, Deep Purple in Rock pada 1970 menandai awal dari periode grup yang paling sukses secara kreatif dan komersial. Di negeri sendiri, album terjual lebih dari satu juta kopi, dengan single non-LP berikutnya "Black Night" jatuh hanya sedikit dari puncak tangga lagu pop Inggris.

3 dari 4 halaman

Bongkar Pasang Personel

Dirilis pada 1971, Fireball juga sukses besar, mencetak hit dengan "Strange Kind of Woman." Rencana untuk merekam tindak lanjut di Kasino di Montreux, Swiss, dibatalkan setelah tempat tersebut terbakar selama penampilan langsung oleh Frank Zappa, tetapi pengalaman tersebut mengilhami hit Deep Purple yang paling bertahan lama, "Smoke on the Water."

Lagu tersebut, ditampilkan di Machine Head klasik multi-platinum, mencapai Top 5 US pada pertengahan 1972 dan memposisikan Deep Purple di antara elit rock, band mengkonsolidasikan statusnya dengan tindak lanjut pada 1973 Who Do We Think We Are dan hit "Woman from Tokyo." Namun, perbedaan kreatif yang lama membara antara Blackmore dan Gillan mendorong yang terakhir keluar dari grup pada tahun yang sama, dengan Glover segera keluar juga.

Penyanyi David Coverdale dan bassis/penyanyi Glenn Hughes direkrut untuk album Burn pada 1974, dan Gillan membentuk sebuah band dengan namanya sendiri. Setelah menyelesaikan Stormbringer pad 1974, Blackmore meninggalkan Deep Purple untuk membentuk Rainbow dengan vokalis Ronnie James Dio; penggantinya adalah mantan gitaris James Gang Tommy Bolin, yang memulai debutnya di Come Taste the Band.

Namun, semua perubahan jelas memakan korban, dan setelah tur perpisahan, grup tersebut dibubarkan pada pada 1976. Coverdale, sementara itu, membentuk Whitesnake, dan Bolin meninggal karena overdosis obat di akhir tahun.

4 dari 4 halaman

Reuni Deep Purple

Barisan klasik Blackmore, Gillan, Lord, Glover, dan Paice bersatu kembali dengan Deep Purple pada pada 1984 untuk sebuah album baru, platinum smash Perfect Strangers. House of Blue Light menyusul tiga tahun kemudian, tetapi ketika ketegangan masa lalu muncul kembali, Gillan keluar lagi pada pertengahan 1989.

Vokalis Onetime Rainbow Joe Lynn Turner direkrut untuk 1990-an Slaves and Masters sebelum Gillan kembali bergabung untuk merekam The Battle Rages On..., judul yang tepat saat Blackmore keluar dari grup di tengah tur pendukung, untuk sementara digantikan oleh Joe Satriani.

Pada 1994, Steve Morse mengambil alih slot gitar, dan grup yang direvitalisasi kembali ke studio untuk Purpendicular pada 1996, yang terbukti sukses di kalangan pencintanya. Abandon diikuti pada 1998, bersama dengan penampilan orkestra pada 1999 yang dirilis pada tahun berikutnya sebagai Live at the Royal Albert Hall.

Meskipun pergolakan lineup terus berlanjut, Deep Purple tetap aktif hingga abad ke-21. Keyboardist Lord meninggalkan band pada 2002 dan mengeluarkan beberapa album klasik selama sisa dekade tersebut; sayangnya, dia meninggal pada 2012 setelah berjuang melawan kanker pankreas selama hampir setahun.

Pengganti Lord di Deep Purple selama milenium baru adalah Don Airey, dan band mengeluarkan dua album yang sangat kuat dengan barisan Gillan, Glover, Paice, Morse, dan Airey: Bananas pada 2003 dan Rapture of the Deep pada 2005.

Anggota Deep Purple yang masih hidup bersatu kembali untuk konser penghormatan pada 4 April 2014 di Royal Albert Hall; itu menandai peringatan 45 tahun debut "Concerto for Group and Orchestra" karya Jon Lord. Peristiwa tersebut dicatat dalam film dan dua album, Celebrating Jon Lord: The Rock Legend dan Celebrating Jon Lord: The Composer, yang muncul pada musim gugur 2014.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.