Sukses

Pangeran Andrew Curhat Tak Dapat Uang Warisan Ratu Elizabeth II Sepeser Pun, Kini Kebingungan

Dua saudara Pangeran Andrew, Putri Anne dan Pangeran Andrew, dikabarkan berbagi 'kebencian' karena belum menerima warisan Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Andrew mengeluh ia tak ditinggalkan uang oleh Ratu Elizabeth II ketika ia meninggal dunia. Hal itu diungkapkan oleh media The Sun on Sunday pada Minggu, 12 Maret 2023.

Pria bergelar Duke of York itu mengatakan kepada teman-temannya bahwa bahwa ia tak menerima warisan apapun dari harta sang ibu yang diperkirakan bernilai 650 juta pound sterling untuk membantunya membangun kembali kehidupannya. Warisan Ratu Elizabeth II alih-alih diteruskan kepada Raja Charles II yang menurut hukum tidak diwajibkan untuk membayar pajak untuk itu.

Menurut media itu, Charles dilaporkan tidak memberikan warisan ibunya kepada saudara saudarinya karena dikhawatirkan akan dianggap sebagai penghindaran pajak. Sementara, Pangeran Andrew kehilangan penjaga dan akomodasi di Istana Buckingham yang didanai pembayar pajak sejak enam bulan terakhir.

Andrew kehilangan uang yang didanai publik setelah mundur sebagai anggota senior kerajaan menyusul tuduhan pelecehan seksual dan juga akan kehilangan Royal Lodge yang dibagi dua dengan mantan istrinya, Sarah Ferguson, Duchess of York. Ia dikatakan kini 'bingung' karena tidak menerima uang.

Saudara Raja Charles III lainnya, Putri Anne (72) dan Pangeran Edward (59) dikatakan berbagi "kebencian" karena tidak mewarisi apa pun dari Ratu. Namun, sebagai bangsawan yang bekerja, keduanya menerima bantuan dari Sovereign Grant untuk menutupi biaya hidup. Anne memiliki Gatcombe Park seluas 700 acre di Cotswolds, sementara Edward yang bergelar Duke of Edinburgh sejak minggu lalu, memiliki sewa 150 tahun di Bagshot Park di Surrey.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangeran Andrew Ditawari Rumah Bekas Meghan dan Harry

Sebelumnya, Raja Charles III memutuskan untuk memangkas dana hibah tahunan sebesar 249 ribu poundsterling atau setara Rp4,5 miliar untuk Pangeran Andrew mulai April 2023. Hal itu berdampak pada kemungkinan Andrew keluar dari Royal Lodge lantaran biaya pemeliharaan tinggi di Windsor.

Charles lalu menawari Andrew kunci rumah Frogmore Cottage setelah mengusir pasangan Meghan Markle dan Pangeran Harry. Rumah dengan lima kamar tidur itu jelas jauh lebih sederhana dari Royal Lodge yang memiliki kolam renang, tanah seluas 98 hektare, dan 30 kamar tidur yang menakjubkan.

Andrew - yang dicopot dari gelar kerajaannya karena dugaan keterlibatannya dalam skema perdagangan seks Jeffrey Epstein - dilaporkan telah berusaha keras dan menolak langkah tersebut. "Andrew menolak gagasan pindah ke Frogmore Cottage setelah dia ditawari minggu lalu," kata sumber itu kepada The Sun, dikutip pada Rabu, 1 Maret 2023.

Opsi kedua sebagai tempat tinggal baru Andrew adalah pindah ke rumah lama yang dibelinya seharga 5 juta poundsterling atau setara Rp91,3 miliar yang pernah ditinggalinya bersama sang mantan istri, Sarah Ferguson. Tahun lalu The Sun menceritakan bagaimana Fergie membayar tunai untuk sebuah rumah indah di Belgravia yang sangat cerdas di London.

3 dari 4 halaman

Properti Investasi untuk 2 Putrinya

Andrew dan Fergie telah merombak total rumah dan sumber yang dekat dengannya mengatakan itu akan menjadi "properti investasi" untuk putri Beatrice dan Eugenie. Orang dalam berkata, "Ini telah direnovasi dengan standar yang sangat tinggi, tetapi sekarang tiba-tiba semua menjadi sunyi karena akan memindahkan penyewa."

"Mereka ingin mengosongkannya untuk digunakan sendiri. Jauh sekali dari rumah besar di perkebunan Windsor, tapi ini satu-satunya properti mereka di London," kata sumber dikutip dari The Sun, Kamis, 23 Februari 2023. 

Rumah itu tidak jauh dari bekas rumah miliarder Jeffrey Epstein, yang dikenal sebagai pedofil. Pangeran Andrew juga sempat mendapat tuduhan pelecehan seksual terhadap Virginia Giuffre yang masih 17 tahun.

Rumah dia dan mantan istrinya sebelumnya termasuk Sunninghill, di Ascot, Berks. Pada 2007, mereka menjualnya ke oligarki Kazakh seharga 3 juta poundsterling lebih dari harga yang diminta 12 juta pounsterling.

Belakangan diketahui bahwa Andrew telah bertindak sebagai pemecah masalah dalam kesepakatan bisnis untuk pembeli. Pada bulan Desember, pria bergelar Duke of York ini akhirnya menjual pondok ski miliknya di Verbier, Swiss, dengan harga sekitar 19 juta poundsterling.

4 dari 4 halaman

Jadi Penjaga Anjing Sepeninggal Ratu Elizabeth II

Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa anak kedua mendiang Ratu Elizabeth II yang juga adik dari Raja Charles III, Pangeran Andrew akan memelihara anjing-anjing ratu. Para pengamat kerajaan percaya kalau tugas utama Andrew saat ini dan kemungkinan beberapa tahun ke depan merawat ketiga anjing peninggalan Ratu Elizabeth II yang berjenis corgi, yaitu Candy, Muick dan Sandy.

Mereka berseloroh kalau Andrew akan mendapat jabatan sebagai ‘kepala penjaga anjing kerajaan’. Peran Pangeran Andrew diyakini akan semakin mengecil meski ia berambisi untuk kembali menjalani tugas-tugas penting di Kerajaan Inggris. 

Melansir The Sun, Selasa, 27 September 2022, Andrew tengah berusaha memperbaiki imej buruknya usai terkena kasus pelecehan seksual yang dituduhkan wanita asal Amerika Serikat, Virginia Giuffre. Di tengah kisruh ini, pada Januari 2022 lalu Kerajaan Inggris resmi mencopot Pangeran Andrew dari militer dan tugas kerajaan. Andrew juga tak lagi mendapatkan perlindungan dari Kerajaan Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.