Sukses

Kisah Haru Istri Almarhum Pramugara MH370, 9 Tahun Menanggung Rindu

Kisah haru dibagikan istri pramugara korban hilangnya pesawat MH370 yang sudah terjadi selama 9 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Hingga kini belum ada yang bisa mengungkap peristiwa dibalik penerbangan MH370 yang lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pukul 12.41, pada 8 Maret 2014 lalu. Tepat sembilan tahun setelah hari itu, hilangnya pesawat MH370 yang membawa 239 penumpang dan awak terus diselimuti misteri.

Namun kejadian tersebut masih segar di benak banyak orang, terutama di kalangan warga Malaysia keluarga penumpang dan awak pesawat MH370. Termasuk istri pramugari, almarhum Mohd Hazrin Mohamed Hasnan, yakni Intan Maizura Othaman (43).

Mengutip dari laman mstar, Kamis 9 Maret 2023, wanita penuh semangat ini membagikan ekspresi dan kerinduannya kepada suaminya melalui unggahan di media sosial. "Hei B, terakhir kali aku mendengar suaramu adalah sembilan tahun yang lalu. Dan coba tebak, atau masih ingat seperti apa suaramu sembilan tahun kemudian dan ini hari ini," tulisnya.

Ia menyambung, "Masih segar dan selamanya akan memanjakan telinga."

Menurut ibu dua anak ini, suaminya akan selalu dikenang selamanya. "Kamu mungkin pergi, tapi kamu tidak akan dilupakan. Cintaku, hatiku, jiwaku akan selalu selamanya. Aku akan melihatmu suatu hari, insya Allah. Semoga Allah merahmatimu dan menempatkanmu di antara orang-orang shalih,” kata Intan kembali mendoakan suaminya, Pramugara MH370.

Berbicara tentang kehilangan dan kematian, Intan yang merupakan seorang pengusaha dan agen takaful mengatakan, itu adalah sesuatu yang tidak bisa diharapkan. "Tapi Tuhan telah berjanji bahwa (kematian) itu pasti. Jika orang itu pergi, tidak ada yang bisa kami lakukan. Selagi kamu memiliki orang yang kamu cintai, hargai mereka,"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenangan Bersama Suami Sebelum MH370 Menghilang

Sementara itu Intan berkata, lantaran saat mereka pergi, sudah terlambat, iatidak bisa berkata apa-apa. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan sekarang adalah menghargai mereka. "Kalau sebagai istri yang benar, kita dengan suami kita… banyak dosa dengan suami kita. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak akan tahu kapan kami akan pergi," ujarnya berbagi nasehat kepada para istri.

Lewat video "Mengenang MH370" yang diunggah di TikTok Intan itu juga berbagi nasehat orang-orang tersayang. "Dengan teknologi yang ada sekarang, saya dan suami suka mengambil gambar dan video," ungkapnya.

Menurutnya begitu rajin suaminya mengambil gambar dan video. Intan, yang sedang mengandung anak keduanya saat pesawat MH370 hilang, menambahkan, Muhammad, putranya yang berusia sembilan tahun, masih memiliki kesempatan untuk mengenal ayahnya.

"Siapa tahu kasus sepertinya terjadi, kehilangan seseorang, kehilangan suami seperti suami meninggal. Setidaknya dia punya kenangan yang masih ada, suaranya masih terdengar, wajahnya bisa dilihat," ucapnya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Kronologi Pesawat MH370 Menghilang

Mengutip dari kanal Global Liputan6.com, pada 8 Maret 2023 pesawat Malaysia MH370 dinyatakan menghilang. Pesawat itu berangkat dari Malaysia menuju Republik Rakyat China. Tetapi di tengah jalan, pesawat MH370 hilang.

Saat berada di atas Laut China Selatan, pesawat itu mendadak mengubah rute ke barat dan akhirnya hilang di atas Laut Andaman. Sampai sekarang, media Malaysia melaporkan bahwa keluarga korban masih menantikan kabar ditemukannya pesawat tersebut.

Pakar penerbangan nasional Arista Atmadjati telah mengikuti kasus MH370 selama bertahun-tahun, termasuk teori konspirasi. Ia menegaskan bahwa sudah tidak mungkin lagi ada korban selamat dari pesawat itu.

Menurut Arista, kesempatan yang bisa ditemukan adalah puing-puing pesawat, meski bagiannya tidak komplit.

"Sudah enggak mungkin kalau masih hidup," kata Arista kepada Liputan6.com, Rabu, 8 Maret 2023.

"Tapi kalau puing-puingnya bisa jadi masih, terutama untuk bagian sayap ya, bagian ekor. Itu kan sebagian sudah ketemu di Kepulauan Madagaskar," ungkap Arista.

Pencarian pesawat hilang di lautan bukanlah hal yang murah. Sebelumnya, Arista mengatakan ini berbeda dibanding kecelakaan pesawat di darat yang asapnya bisa terlihat.

4 dari 4 halaman

MH370 Dibuat Dokumenter oleh Netflix

Adapun sebulan usai kecelakaan sebuah pesawat terbang, Arista mengatakan kemungkinan selamat sudah tidak ada. Operasi pencarian pun harganya mahal untuk maskapai.

"Bisa bangkrut Malaysia Airlines. Bisa bangkrut. Karena melibatkan teknologi yang jarang, yang mahal, dari Barat. Itu kan yang saya ikutin dari Jerman, dari Australia, mana ada yang murah," ungkap Arista.

Terdapat sejumlah teori konspirasi yang beredar seperti pesawat MH370 mendarat di pulau terpencil, tetapi hal itu dinilai Arista seperti cerita sinetron dan tidak faktual.  Terkait MH370 Netflix belum lama mengumumkan serial dokumenter tiga bagian baru tentang pesawat Malaysia Airlines Flight 370 atau MH370 yang hilang kontak pada 2014.

Hingga saat ini, misteri hilangnya pesawat Pesawat Boeing 777-200ER tersebut belum terpecahkan. Serial "MH370: The Plane That Disappeared" akan membahas tiga teori yang melingkupi peristiwa tersebut.

Serial dokumentar ini akan mulai ditayangkan dalam website seluruh dunia mulai 8 Maret 2023. Klaau kisah ini tidak tragis, nasib Malaysia Airlines MH370 mungkin bisa seperti sesuatu yang diambil dari naskah The X-Files.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.