Sukses

Asal-usul Meme Suga BTS Yoongi Marry Me yang Kembali Muncul Saat Live Ulang Tahun

Tepat hari ini, Kamis (9/3/2023), Suga BTS merayakan ulang tahun ke-30.

Liputan6.com, Jakarta - Happy Suga day! Tepat hari ini, Kamis (9/3/2023), Suga BTS merayakan ulang tahun ke-30. Melanjutkan tradisi tahunan, rapper yang juga dikenal lewat nama panggung August D ini menghitung detik-detik menuju hari lahirnya dengan live di Weverse, platform media sosial khusus penggemar K-pop, pada Rabu malam, 8 Maret 2023, waktu Jakarta.

Di antara momennya, saga "Yoongi marry me" tentu berlanjut. Sebagaimana diketahui, itu merupakan meme ikonis rapper BTS itu dan lelucon berulang di fandom BTS. Saking populer, asal-usul meme ini acap kali dicari tahu ARMY, sebutan penggemar grup itu.

Ada beberapa versi tentang awal kemunculan meme tersebut. Yang paling populer di kalangan penggemar adalah, dilansir dari Koreaboo, bermula saat Suga melakukan siaran langsung VLive pada 2018. Sementara personel lain berulang kali menolak lamaran para penggemar, idol kelahiran Daegu ini menjawab lamaran ARMY dengan mendorong mereka "membawa dokumen (pernikahan)."

Atas "dorongan" itu, para penggemar akhirnya membawa surat nikah ke fanmeeting BTS. Selain itu, di episode 52 Run BTS!, variety show BTS, Suga membaca, "Maukah kamu menikah denganku?" Konteksnya, para personel BTS saat itu sedang berada di escape room.

Lalu, di dinding ruangan itu ada karangan bunga dengan kalimat bahasa Inggris, termasuk "Ring," "ladies and gentlemen," dan "would you marry me?" Jadi, para penggemar acap kali berkilah sambil bercanda bahwa Suga BTS lah yang sebenarnya memulai saga "Yoongi marry me."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Dilihat di Mana-Mana

Meme "Yoongi marry me" jadi sangat umum sehingga akan diunggah di siaran langsung masing-masing personel BTS, bahkan jika Suga tidak ada. Sekarang, “Yoongi, marry me" dapat dilihat di mana-mana, dari bandara, konser BTS, sampai ajang perhargaan, seperti MAMA Awards 2022, yang tidak dihadiri pelantun lagu Interlude: Shadow tersebut.

Selain itu, spanduk "Yoongi marry me" juga sempat muncul di pergelaran busana, bahkan pertandingan NBA yang memang dihadiri lead rapper BTS itu. Sementara di siaran terbaru dalam perayaan ulang tahunnya, lelucon proposal pernikahan ini bahkan datang dari personel grup.

Member pertama yang muncul untuk merayakan ulang tahun Suga bersama ARMY tidak lain adalah Jimin. Dalam hitungan detik, meski waktu itu sudah larut di Korea Selatan, Jimin termasuk di antara orang pertama yang mengomentari siaran langsung Suga.

Bersamaan dengan ucapan selamat ulang tahun, Jimin membuat semua orang tertawa dengan berkomentar, "Menikahlah dengan saya."

3 dari 4 halaman

Personel BTS Nimbrung

Suga bahkanterkejut dengan kehadiran Jimin, menyebut, "Apakah kamu mendapatkan semua notifikasi?" 

Jimin menjelaskan bahwa, menjelang perilisan album solonya pada 24 Maret 2023, ia masih berada di kantor dan berlatih. Suga kemudian tidak bisa berhenti memuji Jimin atas dedikasinya mempersiapkan perilisan album solo bertajuk "FACE" itu.

Setelahnya, J-Hope menyusul nimbrung di komentar siaran untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada Suga. Dalam komentarnya, ia mendoakan yang terbaik untuk Suga dan mengobrol bersama Jimin dan ARMY saat salah satu personel tertua BTS itu merayakan ulang tahunnya.

J-Hope juga tidak melewatkan kesempatan itu untuk menggoda pemilik nama asli Min Yoongi tersebut. Meski Jimin memilih komentar "Menikahlah dengan saya" yang lebih alami, J-Hope memastikan bahwa meme ikonis selalu ada. Sang idola membuat ARMY tertawa setelah berkomentar, "Yoongi, marry me."

Seolah belum cukup, Jimin menemukan cara yang tepat untuk menunjukkan bahwa ia menonton siaran ulang tahun Suga. Saat live masih berlangsung, para personel BTS mulai membagikan pesan ulang tahun mereka. J-Hope adalah yang pertama dan membuat ARMY terharu dengan foto masa lalunya.

4 dari 4 halaman

Perayaan Ultah Suga

Jimin juga mengunggah video dirinya bernyanyi bersama dan menonton siaran langsung Suga. Sebelum siaran berakhir, V dan Jungkook juga muncul memeriahkan selebrasi itu.

Sementara V dengan manis menikmati suara merdu Suga yang bernyanyi dan memainkan gitar, Jungkook bergabung dengan Jimin dan J-Hope di kereta lamaran pernikahan saat ia juga berkomentar, "Yoongi, marry me."

Di momen ulang tahun Suga, para penggemar menargetkan 235 juta pemutaran lagu Daechwita, 100 juta pemutaran People, dan 180 juta pemutaran That That di Spotify, lapor Cheat Sheet. Di YouTube, ARMY ingin mencapai 415 juta penayangan di video musik That That.

Beberapa pengguna Twitter membagikan merchandise bertema Suga. Selain itu, terdapat papan reklame dan iklan yang menampilkan rapper tersebut tersebar di seluruh dunia, termasuk dipajang di Terminal 1 Bandara Incheon.

Tahun ini, ARMY membuat proyek amal "flash" selama lima hari yang menguntungkan Another Way of Seeing, sebuah organisasi nirlaba yang "menciptakan jalur bagi tunanetra untuk berkomunikasi dengan dunia. Pada Februari 2023, penggemar membuat inisiatif amal bersama untuk memperingati ulang tahun J-Hope dan Suga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.