Sukses

Hari Perempuan Internasional 2023 Kampanyekan Pemanfaatan Teknologi untuk Kesetaraan Gender

Hari Perempuan Internasional tahun 2023 mengusung tema DigitALL: Inovasi dan teknologi untuk kesetaraan gender.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Woman's Day (IWD) di seluruh dunia, didedikasikan untuk merayakan pencapaian perempuan dalam bidang budaya, politik, dan sosial ekonomi. Tahun 2023 ini, hari tersebut ditandai untuk mengeksplorasi dampak kesenjangan gender digital terhadap melebarnya ketidaksetaraan ekonomi dan sosial. 

Dikutip dari laman resmi UN Women Selasa, 7 Maret 2023, tema Hari Perempuan Internasional tahun ini adalah, "DigitALL: Inovasi dan teknologi untuk kesetaraan gender". Topik ini selaras dengan tema prioritas Sesi ke-67 Commission on the Status of Women (CSW-67) mendatang, yaitu "Inovasi dan perubahan teknologi, dan pendidikan di era digital untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan semua perempuan".  

United Nations Observance of IWD mengakui dan merayakan perempuan dengan gadis yang memperjuangkan kemajuan teknologi transformatif dan pendidikan digital. Perayaan ini juga akan menyoroti pentingnya melindungi hak-hak perempuan dan anak perempuan di ruang digital dan menangani kekerasan berbasis gender yang difasilitasi oleh tekonolgi informasi dan internet.

Membawa perempuan dan kelompok terpinggirkan lainnya ke dalam dunia digital akan menghasilkan solusi yang lebih kreatif dan memiliki potensi besar untuk inovasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan perempuan dan mempromosikan kesetaraan gender. Sebaliknya, kurangnya inklusi perempuan justru menimbulkan biaya yang sangat besar.

Sesuai laporan UN Women's Gender Snapshot 2022, pengucilan wanita dari dunia digital telah memangkas 1 triliun dolar AS dari produk domestik bruto negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah dalam dekade terakhir. Tetapi, jika perempuan ingin dilibatkan dalam dunia digital, perempuan juga harus berhadapan dengan banyaknya masalah kekerasan online, yang menurut sebuah penelitian di 51 negara, 38 persen wanita pernah mengalaminya secara pribadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perempuan Tertinggal Dalam Dunia Digital

Pendekatan responsif berbasis gender terhadap pentingnya inovasi, teknologi, dan pendidikan digital dapat meningkatkan kesadaran perempuan dan anak perempuan tentang hak dan keterlibatan sipil mereka. Kemajuan dalam teknologi digital menawarkan peluang besar untuk mengatasi tantangan pembangunan dan kemanusiaan, dan untuk mencapai Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. Sayangnya, peluang revolusi digital juga menghadirkan risiko melanggengkan pola ketidaksetaraan gender yang ada. 

Ketidaksetaraan yang tumbuh menjadi semakin nyata dalam konteks keterampilan digital dan akses ke teknologi, dengan perempuan tertinggal sebagai akibat dari kesenjangan gender digital ini. Karenanya, kebutuhan akan teknologi inklusif dan transformatif serta pendidikan digital sangat penting untuk masa depan yang berkelanjutan.

Menurut International Telecommunication Union, hanya 63 persen wanita yang menggunakan Internet pada tahun 2022 dibandingkan dengan jumlah 69 persen pria. Lebih lanjut, ada 259 juta lebih sedikit perempuan yang memiliki akses ke Internet dibandingkan laki-laki, meskipun jumlah mereka hampir setengah dari populasi dunia.

Sesuai Forum Ekonomi Dunia, pada tahun 2050, 75 persen pekerjaan akan terkait dengan bidang STEM. Namun saat ini, wanita bahkan hanya memegang 22 persen posisi dalam kecerdasan buatan. 

3 dari 4 halaman

Inovasi Teknologi Untuk Kesetaraan Gender

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Hari Perempuan Internasional tahun ini didedikasikan untuk tema “Inovasi dan teknologi untuk kesetaraan gender.” Tujuannya adalah untuk mempertemukan para teknolog, inovator, pengusaha, dan aktivis kesetaraan gender untuk memberikan kesempatan menyoroti peran semua pemangku kepentingan dalam meningkatkan akses ke perangkat digital. 

Peringatan Hari Perempuan Internasional PBB akan ditandai dengan acara tingkat tinggi pada Rabu, 8 Maret 2023, 10:00 - 11:30 waktu setempat. Acara ini akan mempertemukan para teknolog, inovator, pengusaha, dan aktivis kesetaraan gender untuk memberikan kesempatan menyoroti peran semua pemangku kepentingan dalam meningkatkan akses ke perangkat digital dan diikuti dengan diskusi panel tingkat tinggi dan pertunjukan musik.

Selain itu, PBB juga membuat tagar kampanye #EmbraceEquity untuk Hari Perempuan Nasional tahun ini. Menurut IWD, kesetaraan bukan hanya hal yang baik untuk dimiliki, tetapi juga harus dimiliki. Fokus pada kesetaraan gender perlu menjadi bagian dari DNA setiap masyarakat.

Dan sangat penting untuk memahami perbedaan antara Kesetaraan dan Keadilan. Tujuan dari tema kampanye #EmbraceEquity IWD 2023 adalah membuat dunia berbicara tentang 'Mengapa kesempatan yang sama saja tidak cukup'." Menurutnya, sumber daya harus dialokasikan dengan tepat sesuai keperluan untuk mencapai hasil yang setara.

4 dari 4 halaman

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Menurut United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Hari Perempuan Internasional pertama kali muncul dari kegiatan gerakan buruh pada pergantian abad ke-20 di seluruh Amerika Utara dan Eropa. 

Dalam situsnya UNESCO menyebutkan, "Hari Perempuan Nasional pertama diamati di Amerika Serikat pada tanggal 28 Februari 1909, yang didedikasikan oleh Partai Sosialis Amerika untuk menghormati pemogokan pekerja garmen tahun 1908 di New York di mana perempuan memprotes kondisi kerja yang keras. 

Pada 1917, perempuan di Rusia memilih untuk memprotes dan mogok di bawah slogan "Roti dan Damai" di hari Minggu terakhir di bulan Februari (yang jatuh pada tanggal 8 Maret pada kalender Gregorian). Gerakan mereka akhirnya mengarah pada pemberlakuan hak pilih perempuan di Rusia."

Pada 1945 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadi perjanjian internasional pertama yang menegaskan prinsip kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Tetapi baru pada tanggal 8 Maret selama Tahun Perempuan Internasional pada tahun 1975, PBB merayakan Hari Perempuan Internasional resmi pertamanya.

Kemudian pada bulan Desember 1977, Majelis Umum menyarankan Hari PBB untuk Hak-Hak Perempuan dan Perdamaian Internasional perlu diperingati setiap tahun sekali oleh Negara-negara Anggota di bawah tradisi sejarah dan nasional mereka. Akhirnya, setelah diadopsi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1977, Hari Perempuan Internasional diperingati pada tanggal 8 Maret sebagai hari libur resmi PBB untuk hak-hak perempuan dan perdamaian dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.