Sukses

Bekasi Coffee Week Bawa Kemeriahan Kopi Khas Nusantara dan Cokelat Khas Banyuwangi

Bekasi Coffee Week (BCW) hadir ketiga kalinya untuk memanjakan para pecinta kopi dengan beragam kegiatan menarik yang berlangsung 2--5 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bekasi Coffee Week (BCW) kembali hadir ketiga kalinya untuk memanjakan para pecinta kopi dengan beragam kegiatan menarik. Bertempat di area The Oval, rangkaian acara BCW akan berlangsung mulai dari tanggal 2--5 Maret 2023. 

Tahun ini, selain menikmati beragam jenis kopi nusantara, para pengunjung akan dimanjakan dengan hadirnya "Chocolate Fair" yang menampilkan beragam menu olahan khas dari daerah Banyuwangi di area The Downtown Walk. Acara ini berlangsung selama empat hari yang akan dikemas melalui serangkaian kegiatan Education, Competition, Exhibition, Workshop, Talkshow, dan Artist Performance.

"Hadirnya Bekasi Coffee Week membawa misi untuk memperkenalkan keberagaman kopi Indonesia kepada para pengunjung melalui kehadiran berbagai UMKM hingga ragam workshop dan talkshow dari pelaku industri kopi tanah air," ungkap Ugi Cahyono selaku Center Director Summarecon Mall Bekasi melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (3/3/2023).

Ia menyambung, tak hanya kopi di BCW kali ini para pengunjung dapat menikmati sajian cokelat khas yang langsung di datangkan dari Kota Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Ia pun berharap festival Bekasi Coffee Week mampu menjadi ruang bagi para pelaku UMKM semakin tumbuh dan berkembang sehingga kecintaan masyarakat akan produk lokal khususnya kopi dan cokelat akan semakin tinggi. 

"Aroma semerbak kopi dan dekorasi bernuansa modern natural yang didominasi oleh warna earth tone akan menyambut para pengunjung saat memasuki area The Oval," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Workshop bersama Indonesia Coffee Academy

Sederet gerai yang berpartisipasi diantaranya adalah Harapan Djaya, Temu Kamu, Padusi Coffee, DRiPP flavour, Semeru dan masih banyak lagi lainnya. Bukan cuma menghadirkan produk-produk unggulan dari UMKM, para pengunjung juga dapat mengikuti beragam workshop bersama Indonesia Coffee Academy untuk mempelajari lebih dalam mengenai Latte Art dan Manual Brew di area The Oval.

Kemeriahan BCW tahun ini juga dihadirkan melalui gelaran kompetisi antar barista seperti Roasting yang telah diadakan pada 2 Maret, Latte Art pada 3 Maret. Untuk acara mendatang Manual Brew hadir pada 4 Maret dengan total hadiah hingga puluhan juta rupiah.

Sementara itu, di area The Downtown Walk hadir festival cokelat yang menyajikan wisata kuliner aneka menu olahan cokelat by Doesoen Kakao Banyuwangi. Kualitas cokelat yang dihasilkan dari perkebunan yang tepatnya berada di wilayah Kecamatan Glenmore ini telah lama dikenal hingga produknya telah banyak ter-ekspor ke berbagai negara di Eropa.  

3 dari 4 halaman

Talkshow & Entertainment

"Selama pameran berlangsung, para pengunjung juga dapat mempelajari budidaya kakao dari mulai proses pembibitan, panen, penjemuran hingga proses pengolahan biji kakao menjadi produk cokelat siap saji," tambah Ugi. 

Bekasi Coffee Week tahun ini semakin meriah melalui kehadiran beragam bintang tamu yang kehadirannya telah memperkaya industri kopi tanah air. Mikael Jasin selaku Co-Founder & CEO Catur Coffee Company, Head of Coffee Kopi Kenangan akan berbincang asik mengenai kopi bersama para pengunjung pada 4 Maret 2023, pukul 19.00 WIB.

Selain itu, Muhammad Aga dari Indonesia Barista Champion 2018 dan Zikri Mubarak seorang Proffesional Barista hadir untuk membahas tren kopi di masa kini pada 5 Maret 2023, pukul 16.00 WIB. Acara ini akan semakin meriah lagi dengan hadirnya hiburan musik oleh Sal Priadi pada 3 Maret, pukul 19.00 WIB di panggung utama The Downtown Walk. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti akun Instagram @summareconmal.bekasi untuk mengetahui informasi terbaru seputar #BCW2023. 

4 dari 4 halaman

Indonesia Coffee Day

Bicara mengenai kopi, usaha pemerintah untuk memperkenalkan kopi Indonesua ke mancanegara terus dilakukan. Pada November 2022 lalu, KBRI London menggelar acara “Indonesia Coffee Day" (ICD) untuk mempromosikan specialty coffee Indonesia kepada para pelaku usaha kopi di Inggris.

Pasca pandemi Covid-19, pemerintah harus mengejar untuk bangkit, sigap dan responsif. Sebab untuk mempercepat pemulihan ekonomi, masih banyak peluang peningkatan ekspor Indonesia termasuk komoditas andalan seperti kopi.

"Indonesia Coffee Day 2022 adalah salah satu cara untuk memfasilitasi dan membuka akses pasar, dengan mengumpulkan jejaring importir kopi terpercaya Inggris dengan eksportir kopi berkualitas asal Indonesia", sebut Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris, Desra Percaya, seperti dikutip dari laman Kemlu, Selasa, 8 November 2022 dikutip dari laman Global Liputan6.com.

Dubes Desra membuka ICD yang dihadiri 30 peserta yang berasal dari coffee roaster, pemilik kafe serta pemangku kepentingan terkait lainnya. Kegiatan ini juga diisi talkshow tentang kopi Indonesia dan pasar kopi di Inggris kopi, bersama pembicara dari British Coffee Association dan 5758 Coffee Lab dari Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.