Sukses

Zendaya Berbalut Gaun 190 Mawar di Karpet Merah SAG Awards 2023

Zendaya menjadi peraih nominasi termuda dalam kategori aktris utama terbaik di serial drama dalam SAG Awards 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Zendaya kembali eksis di karpet merah. Bintang Spiderman itu tampil menawan berbalut gaun tanpa tali dengan model bustier dari koleksi Valentino Haute Couture saat melangkah di karpet merah SAG Awards 2023 pada Minggu malam, 26 Februari 2023, waktu setempat.

Gaun pink yang dikenakan Zendaya menjadi busana yang sempurna. Dihiasi 190 bunga mawar di bagian rok, gaun itu menandai penampilan pertamanya di acara penghargaan untuk insan film dan televisi tahunan.

Zendaya yang menjadi duta rumah mode asal Italia itu terlihat seperti bangsawan lewat detail ekor panjang yang menambah kesan dramatis pada gaun. Auranya makin kuat lewat tatanan rambut keriting elegan dengan riasan wajah yang menonjolkan eye shadow pink dan bibir berwarna mawar.

Dikutip dari NY Post, Senin (27/2/2023), Zendaya menambahkan perhiasan Bulgari berkilauan untuk kesempatan itu. Ia mengenakan kalung berlian dengan tambahan aksen tiga batu permata warna berbeda dan sepasang giwang.

Kekasih Tom Holland itu dinominasikan dalam kategori Penampilan Luar Biasa oleh Aktor Wanita dalam Serial Drama untuk penampilannya di Euphoria. Ia juga dijadwalkan akan memberikan penghargaan selama acara di Fairmont Century Plaza di Los Angeles.

Pada September 2022, Zendaya mencetak sejarah di ajang Emmy 2022. Ia berhasil memenangkan trofi untuk Aktris Utama Terbaik dalam Serial Drama berkat penampilannya di Euphoria.

Ia menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memenangkan kategori itu dua kali. Ia pun menjadi pemenang Emmy dua kali termuda sepanjang sejarah penyelenggaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaya Vintage

Bila aktris itu berhasil memenangkan penghargaan, Zendaya akan menjadi pemenang termuda di kategori itu. Ia bersaing dengan Jennifer Coolidge, Elizabeth Debicki, dan lainnya.

Zendaya telah melewatkan ajang Golden Globe tahun ini. Namun, ia membuat kejutan dengan bergaya vintage dalam acara NAACP Image Awards yang digelar Sabtu, 25 Februari 2023, waktu setempat.

Ia berpose di karpet merah dalam balutan gaun kombinasi warna hitam dan hijau neon dari koleksi Atelier Versace musim semi/panas 2002. Tak hanya itu, aktris The Greatest Showman itu juga mengkreasi ulang gaun Prada 1993 yang menampilkan bralette dengan detail potongan bintang dan rok senada. 

Dikutip dari E!News, tampilan Zendaya membuat Tom Holland terpesona. Ia membubuhkan emoji tiga hati di kolom komentar, memuji penampilan kekasihnya. Dalam kesempatan itu, Zendaya tampil di panggung dua kali untuk mengumumkan dua penghargaan, yakni Entertainer of The Year dan Outstanding Actress in a Drama, yang keduanya dibawakan bersama Angela Bassett.

3 dari 4 halaman

Influencer Fesyen

Meski begitu, nama Zendaya belum bisa mengalahkan kekuatan empat personel BLACKPINK untuk memengaruhi dunia fesyen. Laporan yang dikeluarkan Lefty menyebut keempat member grup idol itu berada di urutan teratas. 

Di laporan terbaru, mereka menempatkan Jisoo BLACKPINK sebagai influencer fesyen nomor satu tahun lalu. Posisinya diikuti sesama rekan grupnya Rose, Jennie, dan Lisa. Lefty, yang diakuisisi agensi pers mode berpengaruh Karla Otto pada 2021, menggunakan jangkauan dan keterlibatan media sosial untuk menghitung peringkatnya, menurut Semafor.

Jisoo, yang merupakan duta merek Dior, memiliki lebih dari 66 juta pengikut Instagram, jauh lebih sedikit daripada Kardashian dan Jenner, tapi memiliki lebih banyak penggemar yang terlibat. Idol yang sedang menyiapkan debut solonya itu menciptakan lebih dari 2 miliar interaksi media sosial, menurut laporan tersebut.

Jisoo BLACKPINK menghasilkan "nilai media" sebesar 198 juta dolar AS untuk Dior. Ini merupakan istilah pemasaran yang memperkirakan jumlah yang harus dikeluarkan sebuah merek untuk iklan dalam menciptakan jumlah keterpaparan yang sama. Cha Eun Woo, anggota boy band ASTRO, berada di peringkat dalam daftar pemberi pengaruh teratas Lefty, satu-satunya pria dalam list tersebut.

4 dari 4 halaman

Daftar Lefty

K-pop telah meledak dalam popularitas global selama beberapa tahun terakhir, dan ekonomi fashion influencer adalah bidang terbaru untuk memanfaatkan kekuatannya. K-pop "telah jadi ekonomi dengan sendirinya, membantu mengubah citra kawasan yang pernah dihancurkan perang jadi modernitas budaya dan pemimpin pemikiran di bidang digital," sebuah laporan dari Lefty yang dirilis tahun lalu menyatakan.

"Tahun ini bintang-bintang K-Stars mengambil alih Kardashians, hingga dogfluencer dan Drag Queens yang mendominasi gaya jalanan," kata Lefty.

Mereka menyambung, "Sementara itu, era influencer terus meledak, dengan pertumbuhan ekonomi kreator sebesar 335 persen selama lima tahun terakhir. Fesyen, khususnya, adalah industri yang hadir di mana-mana dan sangat penting."

"Karla Otto x Lefty's Year in Review diambil dari komentar kerja kolaboratif kami, menyeimbangkan data hak milik dengan wawasan kreatif untuk narasi unik dan analitis pada tahun mode," tandasnya. Berikut adalah 10 influencer fesyen teratas tahun 2022, seperti yang diperingkat oleh Lefty:

1. Jisoo BLACKPINK

2. Rose BLACKPINK

3. Jennie BLACKPINK

4. Lisa BLACKPINK

5. Kim Kardashian

6. Zendaya

7. Bella Hadid

8. Kylie Jenner

9. Cha Eun Woo ASTRO

10. Billie Eilish

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.