Sukses

Sambangi Warung Kopi Legendaris di Pontianak, Anies Baswedan: Pemiliknya Hampir Selalu Telanjang Dada Saat Meracik

Pemilik Warung Kopi Asiang hampir selalu bertelanjang dada saat meracik kopi, kecuali saat bertemu Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak lengkap rasanya jika ke Pontianak tapi tidak mampir ke warung kopi. Hal itu juga dilakukan oleh bakal calon presiden Anies Baswedan.

Pontianak tidak hanya dijuluki Kota Katulistiwa. Ibu kota Kalimantan Barat ini juga kerap dijuluki Kota Seribu Warung Kopi, karena di setiap sudut kota ditemui warung kopi.

Rasanya belum lengkap rasanya bila tak menikmati secangkir kopi di sana. Salah satu yang jadi favorit dan termasuk legendaris adalah Warung Kopi Asiang di Kota Pontianak. Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan melalui akun Instagram pribadinya, Minggu, 19 Februari 2023.

“Warung kopi yang dijalankan turun temurun sejak 1958, dipegang oleh keluarga Pak Yohanes Efendi atau Koh Asiang,” tulis Anies. Disebutkan Anies, uniknya Koh Asiang hampir selalu bertelanjang dada saat meracik kopi. Tapi ia membuat pengecualian saat Anies datang dengan memakai rompi bertuliskan ‘Untuk Indonesiaku;.

"Uniknya Koh Asiang hampir selalu bertelanjang dada saat meracik kopi. Kecuali kemarin, sebuah kehormatan Koh Asiang mau ikut memakai rompi “untuk INDONESIA” sambil meracik kopinya," ungkap Anies.

Anies mengatakan, Koh Asiang menawari dirinya untuk mencoba teh susu campur kopi, salah satu menu yang banyak dipesan karena rasanya yang unik. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui ada rasa sepet atau sediki tpahit dari teh, kemudian manis dan creamy dari susu kental manis, berpadu rasa pahit yang pas dari rebusan bubuk kopi robusta yang ditarik tinggi-tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali Sebagai Presiden

“Tak sabar rasanya kembali menikmati rasa unik dari Kopi Asiang apabila berkunjung ke Kota Pontianak lagi,” pungkas Anies. Unggahan itu mendapat beragam komentar dari warganet.

"Warung kopi tanpa wifi yang tak pernah sepi.. Semoga kelak berkunjung kembali sudah sebagai presiden RI..," komentar seorang warganet.

Ke pontianak blm lengkap kalo blm ngopi Asiang. Legend banget ini...😀,” timpal warganet lainnya. “Kopinya pasti agak asem kena keringet si kokoh,” komentar warganet lainnya.

Dulu Pas Tugas Di Pontianak Sering ngopi di Asiang, kopi nya enak sama Kue2 tradisional nya juga Nikmat. Semoga bisa ngopi disana lagi,” tulis warganet lainnya.

Sebelum ke Pontoanak, Anies membagikan momen saat berada di salah satu kedai kopi di sela-sela kunjungannya di Aceh. Momen ini dibagikan di Instagram pribadinya pada Sabtu (3/12/2022).  Tampak Anies tersenyum bahagia saat diajak foto bersama dengan warga yang juga hadir di sana. Diketahui, Anies ke kedai kopi sambil nonton bareng Piala Dunia 2022 bersama masyarakat setempat.

3 dari 4 halaman

Tradisi Kopi Aceh

Anies juga bercerita mengenai minum kopi yang sudah jadi budaya bagi masyarakat Aceh. Dia menjelaskan terkait keberadaan kedai kopi yang kini dimanfaatkan warga sebagai ruang ketiga.

"Minum kopi telah menjadi budaya di Aceh. Serambi Mekah ini juga dijuluki negeri seribu kedai kopi. Kedai kopi telah menjadi ruang ketiga bagi masyarakat Aceh," kata Anies. 

Pada unggahannya, Anies juga mengutip kalimat dari Pahlawan Nasional Aceh Teuku Umar dalam bahasa Aceh yang berbunnyi 'Beungoh singoh geutanyoe jep kupi di keude Meulaboh atawa ulon akan syahid' yang mempunyai arti besok pagi kita akan minum kopi di kota Meulaboh atau aku akan syahid.

Anies menerangkan, baik siang maupun malam, berbagai lapisan masyarakat Aceh mengisi kedai-kedai kopi di desa dan di kota untuk sekedar bersantai menikmati kopi. 

Kegiatan minum kopi itu, kata Anies tidak terbatas dari yang tua hingga yang muda, lelaki maupun perempuan, miskin ataupun kaya, semua berbaur tanpa sekat-sekat pembatas. Dia mengaku senang dapat mampir minum kopi sambil nonton bareng piala dunia di Waroeng Pak Haji, Lamlagang, Banda Aceh.

4 dari 4 halaman

Warung Kopi di Jakarta

Berkunjung ke warung kopi sebenarnya sudah jadi hal biasa bagi Anies Baswedan dan bahkan kerap melakukannya saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.  Dalam unggahan di akun Instagramnya, Anies tampak tengah asyik duduk di sebuah warung kopi sederhana di kawasan Cipete Raya, Jakarta Selatan.

Anies tak sendiri, dia juga ditemani ketiga putranya sembari menyantap makanan khas Warkop (warung kopi), pada Minggu, 14 Maret 2021. Warkop yang didatangi mantan Menteri Pendidikan tersebut bernama Warkop Parahyangan, Putra Kuningan. Di sana tersedia kacang hijau, mi instan, dan bubur yang siap memanjakan lidah tamunya. Tak terkecuali Anies Baswedan.

Obrolan pun terjadi antara Anies dan si pemilik warkop. Kepada Anies dia mengaku berasal dari daerah Ciawi-Gebeng, Kuningan. "Ngobrol singkat tapi langsung tersambungkan, dan dia tahu bahwa keluarga kami di Cipicung, Kuningan," tulis Anies di akun Instagramnya.

Melansir kanal News Liputan6.com, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengaku pernah tinggal di Cipicung, Kuningan saat masih anak-anak. Hal menarik lainnya, ketika seorang pengunjung tak sadar jika lawan bicaranya adalah Gubernur DKI Jakarta meski obrolan telah berlangsung cukup panjang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.