Sukses

Di Balik Busana Pengantin Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida, Tradisional sampai Berkonsep Cinderella

Total ada tujuh busana pengantin yang dipakai Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida di rangkaian pernikahannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida, dan suaminya, Achmad Adi Pane, telah menggelar rangkaian prosesi pernikahan di Indonesia. Sebagaimana diketahui, keduanya sudah lebih dulu menikah secara sipil pada Sabtu, 14 Januari 2023 di Swiss.

Dalam rangkaian acaranya, Ayuma, sapaan akrab Ayu Maulida, memakai busana rancangan Catherine Wong dari Anarav Label. Melalui pesan pada Liputan6.com, Kamis (23/2/2023), Catherine menyebut bahwa total tujuh busana pengantin dibuat khusus untuk perempuan berusia 25 tahun tersebut.

"Mengenai permintaan atau dipilih dari koleksi yang ada, kami selalu berusaha bagaimana setiap koleksi kami bisa menyatu dengan kepribadian atau karakter penggunanya," tuturnya. "Busana bukan hanya (tentang) material fabric yang diukur dan kemudian dijahit, tapi kamu juga memikirkan bagaimana saat busana ini digunakan mempelai."

Untuk Ayuma, pihaknya mempelajari beberapa elemen yang bisa menjadikan si pengantin wanita tembil lebih memesona. "Ayuma sudah mempunyai karisma tersendiri, busananya juga harus memperkuat pesona tersebut," sebut Catherine.

Ia menyambung, "Bagi kami, penampilan terbaik mempelai adalah saat ia berjalan dengan karakternya yang natural, jadi dirinya sendiri, dan nyaman dengan apa yang digunakan. Semua (proses desain) tidak lepas dari pemahaman atas masing-masing mempelai, termasuk Ayuma."

Catherine menyebut, proses desain busana pengantin Ayuma cukup singkat, kendati tidak disebut persis berapa lama. "Karena kami sudah paham Ayuma seperti apa," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Detail Visual Busana Pengantin

Tujuh busana yang dipersiapkan Anarav Label, yakni untuk pengajian, siraman, midodareni, akad nikah, resepsi pertama, resepsi kedua, dan after party. Soal pesanan khusus, sebut Catherine, Ayuma hanya menitipkan untuk menyesuaikan busana dengan setiap momen rangkaian pernikahannya.

"Acara tradisional dengan batasan-batasan yang sudah seharusnya kita jaga. (Lalu), untuk acara resepsi pertama, kami menyesuaikan dengan konsep dan tema yang sudah ditentukan: Cinderella," paparnya. "Untuk busana resepsi kedua dan after party, kami menampilkan sosok Ayuma sebagi seorang Puteri Indonesia."

Setiap potongan dari rangkaian busana tersebut mempunyai "karakter dan kesan tersendiri," sebut Catherine. Sorotan pada visualnya bertitik berat pada detail payet dan kibasan anting yang disertakan pihaknya di beberapa busana pengantin Ayuma untuk penambah kesan dramatis.

"(Kami) tetap menjaga batasan batasan, tapi dengan tetap membuat mempelai menjadi dirinya sendiri," sambungnya.

Bersama detail dari setiap busana pernikahan yang dipakai Ayuma, Catherine mengatakan, pihaknya berharap mereka berhasil memberikan hadiah sempurna.

3 dari 4 halaman

Yang Paling Menantang

Dari sekian banyak, Catherine menyebut, yang paling menantamg adalah busana resepsi pertama. "Karena di momen ini, Ayuma akan tampil dengan tari-tarian berputar, sehingga kami harus menghitung dengan benar luas diameter baju, panjang ekor, dan berat bajunya supaya gerakan berputar itu bisa tampil dengan sempurna," ia mengatakan.

Sebelum ini, prosesi pernikahan Ayuma dan Adi di Swiss berjalan sederhana, dengan keduanya mendaftarkan pernikahan mereka di kantor catatan sipil Jenewa, lalu bertukar cincin. Pasangan ini memilih menikah sipil karena masih akan menetap selama beberapa minggu di Swiss. 

Kendati mengikat janji suci jauh dari Indonesia, keduanya tetap menampilkan nuansa Tanah Air dengan memakai produk lokal. Mantan ratu kecantikan ini terlihat anggun dalam balutan kebaya merah rancangan Intan Avantie. Makeup-nya semi bold dengan pulasan lipstik merah serasi.

Rambut Ayuma ditata dalam sanggul rendah, lengkap dengan tusuk konde sebagai aksesori pelengkap. Merujuk keterangan unggahan, ia menata sendiri makeup dan rambutnya saat itu. Di sisinya, Adi mengenakan setelan jas abu-abu berpadu dasi maroon kreasi Bie Hin Tailor yang berbasis di Jakarta dan Surabaya.

4 dari 4 halaman

Lamaran sampai Foto Pre-wedding

Sebelumnya, Ayu Maulida membagikan momen ketika dirinya dilamar Adi pada Desember 2022. "Of course, I said YES #justengaged," tulis pemilik nama lengkap Raden Roro Ayu Maulida Putri ini.

Setelah itu, ia membagikan sederet foto prewedding-nya yang diambil di sejumlah kota di Eropa, mulai dari Amsterdam, Belanda, hingga Neuchatel, Swiss. Di rangkaiannya, ia seolah tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan berada dekat dengan sang kekasih.

Sebagaimana diketahui, Ayuma melepas mahkota dan mengakhiri masa tugas sebagai Puteri Indonesia 2020 pada 27 Mei 2022 saat malam penganugerahan Puteri Indonesia 2022. Tidak seperti peraih gelar Puteri Indonesia sebelumnya, ia menyandang titel tersebut selama dua tahun.

Pasalnya, ajang Puteri Indonesia sempat tidak digelar pada 2021 akibat pandemi COVID-19. Setelah dua tahun, Ayu menyerahkan gelarnya pada Puteri Indonesia 2022, Laksmi De-Neefe Suardana.

"Rasanya campur-campur ya seperti gado-gado," kelakarnya saat ditanya bagaimana perasaannya menyandang gelar Puteri Indonesia selama dua tahun ketika ditemui di sebuah acara di Taman Sari Royal Heritage Spa di Jakarta Pusat, 26 Mei 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.