Sukses

6 Fakta Menarik Slovenia, Negara dengan Tempat Ibadah Terbanyak di Eropa

Slovenia merupakan negara dengan tempat ibadah terbanyak di Eropa, berbatasan dengan Austria di utara dan Hungaria jauh di timur laut, serta Kroasia di sisi timur, tenggara, dan selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Slovenia adalah negara di Eropa tengah yang merupakan bagian dari Yugoslavia sepanjang abad ke-20. Slovenia termasuk negara kecil namun secara topografis sangat beragam. 

Wilayahnya terdiri dari bagian-bagian dari empat lanskap geografis utama Eropa yaitu Pegunungan Alpen Eropa, pegunungan Alpen Dinaric karst, dataran rendah dan perbukitan Pannonia dan Danubian, serta pantai Mediterania. Slovenia saat ini telah lama berfungsi sebagai rute bagi mereka yang melintasi wilayah Mediterania dan transalpine di Eropa.

Mengutip dari Britannica, Selasa 21 Februari 2023, Ibu kota Slovenia dan kota terpentingnya adalah Ljubljana. Slovenia berbatasan dengan Austria di utara dan Hungaria jauh di timur laut. Di timur, tenggara dan selatan, Slovenia berbagi perbatasan sepanjang 670 km dengan Kroasia.

Orang Slovenia adalah orang Slavia Selatan yang memiliki bahasa unik. Untuk sebagian besar sejarahnya, Slovenia sebagian besar dikendalikan oleh Habsburg Austria yang memerintah Kekaisaran Romawi Suci dan negara penggantinya, Kekaisaran Austria dan Austria-Hongaria. Masih banyak hal tentang Slovenia, berikut enam fakta menarik Slovenia yang dirangkum Liputan6.com pada Selasa, 22 Februari 2023. 

1. Sempat Jadi Bagian Yogoslavia

 

Slovenia sempat jadi bagian dari Yugoslavia, wilayahnya berada di bawah kekuasaan komunis selama sebagian besar periode pasca-Perang Dunia II. Dengan pembubaran federasi Yugoslavia pada 1991, sistem politik demokrasi multipartai muncul.

Kemakmuran ekonomi Slovenia pada akhir abad ke-20 menarik ratusan ribu migran dari tempat lain di Balkan. Pada awal abad ke-21, Slovenia terintegrasi secara ekonomi dan politik dengan Eropa Barat, bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara serta Uni Eropa pada 2004.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Etnis Slovenia

Sekitar sembilan per sepuluh dari Orang Slovenia secara etnis Slovenia. Mereka adalah keturunan pemukim yang tiba pada abad ke- 6 M. Sejarawan berbeda pendapat mengenai asal muasal para pemukim, tetapi mereka setuju bahwa kebanyakan dari mereka adalah orang Slavia yang bermigrasi ke arah barat dari Dataran Rusia yang luas, kemungkinan dari lokasi di antara Laut Hitam dan Pegunungan Carpathian.

Italia dan Hongaria adalah dua kelompok etnis minoritas utama Slovenia, meskipun tidak ada komunitas yang besar. Orang Italia kebanyakan tinggal di Primorska (barat daya Istria) dan Hongaria terutama di wilayah Prekmurje timur laut. Komunitas Roma (Gipsi) juga berasal dari Slovenia dan kebanyakan ditemukan di timur laut Slovenia atau tersebar di seluruh Slovenia selatan dekat perbatasan dengan Kroasia.

3. Memiliki Bahasa Unik

Bahasa resmi Slovenia adalah bahasa Slavik Selatan, tetapi juga memiliki kedekatan dengan Bahasa Ceko Slavia Barat dan Bahasa Slowakia. Dialek Slovenia Timur berbaur dengan bentuk bahasa Kajkavia dari bahasa Serbo-Kroasia.

Tetapi bahasa Slovenia merupakan sastra jauh dari bahasa Kroasia, dan bahasa ini meminjam kata-kata dari bahasa Jerman serta Italia yang masih dituturkan oleh generasi Slovenia yang lebih tua. Selain itu, ada perbedaan mencolok antara dialek Slovenia timur dan bahasa Slovenia standar yang digunakan di sebagian besar negara.

Bahasa Slovenia adalah salah satu dari sedikit bahasa yang mempertahankan angka tata bahasa ganda Proto-Indo-Eropa. Bahasa Italia dan Hongaria adalah bahasa utama lainnya yang digunakan di Slovenia, terutama di wilayah tempat tinggal kedua komunitas etnisnya.

3 dari 4 halaman

4. Memiliki Banyak Tempat Ibadah

Slovenia menjadi salah satu negara dengan jumlah tempat ibadah terbanyak di Eropa. Terdapat lebih dari 3.000 gereja, kapel, dan monumen agama. Dua di antaranya Koper Cathedral and Bell Tower dan St. Martin's Parish Church. 

Bentuk bangunannya pun unik, mencerminkan arsitektur masa lampau Eropa. Salah satu yang bisa wisatawan kunjungi adalah Katedral Ljubljana di pusat kota yang dulunya merupakan gereja Gotik.

Pada awal abad ke-18, bangunan gereja ini digantikan oleh bangunan Barok. Arsitekturnya adalah landmark kota yang mudah dikenali dengan kubah hijau dan menara kembarnya dan berdiri di Cyril dan Alun-Alun Methodius (Ciril-Metodov trg) di dekat Pasar Pusat dan Balai Kota Ljubljana di dekatnya. Katedral ini dibangun pada 1701 dan selesai tahun 1706, sehingga tampak bangunan khas di masa lampau.

5. Wisata Alam di Slovenia

Untuk wisatanya, Slovenia sangat terkenal dengan alamnya yang indah. Seperti Danau Bled yang merupakan danau glasiar bewarna hijau zamrud yang populer yang terdapat kastil abad pertengahan di tengah-tengahnya. 

Gua Postojna yang indah dapat dinikmati dengan cara manaiki kereta yang merupakan fasilitas untuk pengunjung. Kemudian kunjungi Triglav National Park, Taman Nasional tempat wisatawan bisa menikmati air terjun hingga pegunungan.

Kemudian datangi Vintgar Gorge yang terkenal memiliki keindahan sungai Radovna yang sangat bening, lalu jembatan bersejarah Bohinj Railway, serta air terjun Sum. Tak kalah menarik di Slovenia wisatawan juga bisa menikmati keunikan stalaktit dan stalagmit yang terdapat di gua Å kocjan.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Khas Slovenia

Mengutip dari Taste Atlas, Selasa, 21 Februari 2023, Štruklji adalah salah satu hidangan paling khas Slovenia, terdiri dari berbagai jenis adonan gulung yang diisi dengan bahan gurih atau manis seperti keju cottage, kenari, apel, dan biji poppy. Hidangan dapat ditemukan di seluruh Slovenia–di dapur rumah, restoran, dan banyak pondok gunung.

Å truklji dapat dipanggang atau dimasak, dan salah satu jenis hidangan unik ini sangat populer selama musim semi dan musim panas, saat Å¡truklji diisi dengan tarragon segar. Awalnya, hidangan tersebut disiapkan pada perayaan dan perayaan untuk merayakan berakhirnya kerja keras di pertanian, dan praktik tersebut berlangsung hingga tahun 1930-an, ketika orang mulai membuat Å¡truklji sepanjang tahun.

Selain itu Slovenia memiliki kuliner bernama Žlikrofi. Hidangan ini disiapkan secara tradisional di Slovenia barat, yaitu kota Idrija, termasuk menu pasta yang populer ini dapat digambarkan sebagai variasi ravioli.

Žlikrofi dibuat dengan dua lapis adonan pasta tipis yang melilit isiannya, dan selain bentuknya yang menawan menyerupai topi bicorne, isian kentang asli mereka bahkan lebih khas. Sejak referensi pertama untuk hidangan Slovenia yang lezat ini, kecuali variasi isiannya, resepnya tidak berubah secara signifikan selama bertahun-tahun.

Sumber tertulis tertua ditemukan dalam buku tahun 1936 Naš Idrijski Kot, di mana penulis menjelaskan bagaimana žlikrofi populer hanya disiapkan pada acara-acara khusus ketika biasanya diisi dengan kentang, daging, atau tumbuk lobak. Meskipun dikatakan bahwa Idrijski žlikrofi sebenarnya sangat mirip dengan Schlickkrapferl Austria (pangsit berisi jeroan dan herba segar), asal muasal sebenarnya belum ditemukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.