Sukses

Jarang Dilirik, Depok Punya Makanan Khas yang Wajib Dicoba Pencinta Kuliner

Nastar belimbing khas Depok terbuat dari isian selai belimbing yang manis segar dan pasti membuatmu ingin mencicipi bareng keluarga, sahabat, dan kerabat lain dan pastinya bikin nggak mau berhenti menikmatinya.

Liputan6.com, Jakarta Percayalah bahwa setiap tempat atau daerah memiliki keistimewaannya sendiri, termasuk Kota Depok. Yup, daerah ini jarang dilirik padahal sebenarnya memiliki sejumlah destinasi wisata kuliner yang nggak kalah istimewa. 

Untuk menuju ke Depok, nggak susah kok. Kamu dapat menggunakan berbagai moda transportasi, seperti ojek online, kereta, atau jika ingin lebih nyaman dapat menunggangi kendaraan pribadimu. 

Biar lebih jelas, yuk bahas beberapa kuliner menarik di Depok yang bisa kamu cicipi bareng keluarga, sahabat, dan kerabat lain berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Biskuit Temma

Kreativitas masyarakat Depok dalam mengolah bahan makanan memang patut diacungi jempol. Ada satu lagi makanan khas Depok yang nggak akan kamu temukan di tempat lain, yaitu biskuit temma. Nama temma berasal dari bahan baku biskuit yang terdiri dari campuran tepung tempe dan selai kurma. Kombinasi dua bahan utama tersebut menghasilkan biskuit bercita rasa gurih dan manis yang khas. Selain menikmati biskuit temma langsung di Depok, jangan lupa membawanya sebagai buah tangan saat pulang.

 

3 dari 9 halaman

Selai Belimbing

Olahan selai berbahan dasar nanas atau strawberry tentu sudah familiar bagi semua orang. Seakan ingin tampil beda, Depok punya makanan khas berupa selai belimbing yang rasanya sangat segar. Makanan pendamping roti tersebut menjadi solusi untuk mengatasi pasokan belimbing yang melimpah. Biasanya belimbing mudah busuk ketika nggak habis. Namun, hal tersebut nggak bakal terjadi lagi karena masyarakat Depok mengubah belimbing menjadi selai sehingga daya tahannya lebih lama dan nilai ekonominya meningkat.

 

4 dari 9 halaman

Nastar Belimbing

Kue kering memang menjadi salah satu kudapan yang digemari masyarakat Indonesia. Jika kamu sering menikmati kue nastar berisi selai nanas, jangan lupa mencicipi kudapan sejenis yang nggak kalah spesial selama berada di Depok. Nastar belimbing khas Depok terbuat dari isian selai belimbing yang manis segar. Rasa kue kering yang istimewa ini pasti membuatmu nggak  ingin berhenti menikmatinya karena nggak kalah nikmat dibandingkan nastar biasa.

 

5 dari 9 halaman

Perkedel Bakar

Jika dilihat sekilas, kuliner Depok yang satu ini sangat mirip dengan pastel tutup. Adonan kentang, daging, dan rempah-rempah dicampur menjadi satu lalu dipanggang hingga matang. Permukaan perkedel bakar diberi taburan parutan keju sehingga aromanya makin menggugah selera. Selain cocok dinikmati langsung di Depok, perkedel bakar juga bisa dijadikan buah tangan untuk kerabatmu loh! 

6 dari 9 halaman

Peyek Gale

Jangan membayangkan camilan berbentuk menyerupai kerupuk ketika mendengar nama peyek gale. Faktanya, peyek gale justru mirip dengan kembang goyang. Adonannya terbuat dari tepung beras sehingga teksturnya sangat renyah ketika sudah matang. Kini, peyek gale sudah dimodifikasi dengan aneka bahan, antara lain bayam, wijen, udang rebon, dan kacang. Momen bersantai sejenak jadi makin mengasyikkan jika ditemani sajian peyek gale.

 

7 dari 9 halaman

Selendang Mayang

Sebenarnya selendang mayang adalah makanan khas Betawi yang dulu mudah ditemukan di Jabodetabek. Sayangnya, penjual selendang mayang sekarang makin langka tetapi masih ada yang menjajakan dagangannya di sekitar Depok. Olahan selendang mayang terdiri dari adonan kue berbahan dasar tepung hunkwe. Adonan kue berbentuk kenyal tersebut akan dipotong-potong lalu diberi santan, air gula, dan es batu supaya cita rasanya semakin nikmat. Seporsi selendang mayang bisa menjadi obat penghilang dahaga di tengah cuaca panas Kota Depok.

 

8 dari 9 halaman

Dodol Jambu Biji

Kalau biasanya dodol hanya terbuat dari tepung ketan dan gula merah, maka lain halnya dengan dodol spesial ala Depok. Kota penyangga Jakarta tersebut punya makanan istimewa berupa dodol jambu biji. Penggunaan jambu biji sebagai bahan dasar membuat rasa dan aroma dodol jadi lebih istimewa. Sekarang, dodol jambu biji juga dikemas secara menarik sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Buat kamu yang menyukai sensasi rasa asam manis segar pasti ketagihan setelah mencicipi dodol jambu biji khas Depok.

 

9 dari 9 halaman

Dodol Belimbing

Ada satu lagi olahan belimbing khas Depok selain selai dan nastar, yaitu dodol. Jangan lewatkan kesempatan mencicipi dodol belimbing ketika singgah ke Depok. Ciri khas dodol ini terletak pada rasanya yang asam segar dan sangat berbeda dengan dodol biasa. Sama seperti dodol jambu biji, dodol belimbing Depok juga dikemas secara khusus supaya tahan lama dan mudah dibawa sebagai buah tangan.

Nah buat kamu yang ingin seharian penuh menikmati berbagai kudapan khas Depok bareng keluarga atau sahabat, namun nggak ingin pulang-pergi dengan perjalanan yang mungkin melelahkan, ada tipsnya nih. Kamu bisa staycation dengan menyewa apartemen harian Depok. 

Untuk mencari sewa apartemen harian, rekomendasinya di Traveloka. Yup, platform ini siap membantumu menemukan apartemen Depok yang dapat disewa dengan sistem harian agar pengeluaran jadi lebih hemat. Kamu juga nggak perlu khawatir tentang masalah bujet untuk menginap di apartemen karena ada promo EPIC Salebrat11on Traveloka yang siap jadi solusinya. Promo istimewa tersebut menyediakan diskon besar-besaran hingga 80% untuk Hotel, Resor, Vila, dan Apartemen. Rencana staycation, berlibur, atau perjalanan bisnis dapat segera diwujudkan tanpa menguras isi kantong dengan mengikuti EPIC Salebrat11on dari 24 Februari hingga 3 Maret 2023 di aplikasi Traveloka. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.