Sukses

Bruce Willis Alami Demensia Frontotemporal, Demi Moore Unggah Pesan Mengharukan

Bruce Willis menyatakan pensiun dari dunia akting sejak 2022 setelah didiagnosis aphasia.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan Bruce Willis diungkap. Demi Moore mengumumkan bintang film Die Hard itu didiagnosis mengidap demensia frontotemporal pada Kamis, 16 Februari 2023.

Sang mantan istri itu mengunggah informasi soal kondisi kesehatan Willis di akun Instagram pribadinya. Ia juga menyertakan link laman situs web Asosiasi Demensia Frontotemporal dalam unggahan tersebut agar pengikut mendapat penjelasan lebih lanjut.

"Keluarga kami ingin memulainya dengan menyampaikan terima kasih mendalam atas cinta, dukungan, dan cerita-cerita menakjubkan yang kami semua terima sejak membagikan diagnosis awal Bruce," tulis Moore, Jumat (17/2/2023).

"Dalam semangat itu, kami ingin memberitahukan Anda tentang perkembangan suami, ayah, dan teman kami sejak kami sekarang sudah mendapat pemahaman lebih dalam tentang yang dia alami."

Demi Moore menjelaskan bahwa kondisi Bruce Willis sudah mendapat kemajuan sejak didiagnosis menderita aphasia pada musim semi 2022. Kemajuan itu adalah hasil diagnosis yang lebih spesifik, yakni demensia frontotemporal atau dikenalsebagai FTD.

"Sayang sekali, tantangan berkomunikasi hanyalah salah satu gejala penyakit yang dihadapi Bruce. Meski ini menyakitkan, ini melegakan karena akhirnya kami mendapat diagnosis yang jelas," sambung Moore.

Pernyataan itu ditandatangani oleh Demi Moore yang menikah dengan Willis sejak 1987 hingga 2000. Begitu pula dengan ketiga anaknya dengan Willis, yakni Rumer, Scout, dan Talullah yang sudah dewasa. Emma Heming-Willis, istri Bruce Willis saat ini, serta dua putri mereka Mabel dan Evelyn yang berusia 10 dan 8 tahun juga turut disertakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pensiun Berakting

Sebelumnya, Willis mengumumkan pensiun dari dunia akting pada tahun lalu setelah ia didiagnosis mengidap aphasia, yakni gangguan otak yang memengaruhi kemampuannya untuk berkomunikasi. Pengumuman itu datang setelah laporan menyebutkan bahwa masalah kognitifnya belum mengalami perkembangan baru.

Seorang sumber mengatakan saat itu sang aktor menggunakan 'earpieces, benda untuk mendengarkan, yang membantunya mengucapkan kalimat dalam adegan' di lokasi syuting. Sumber itu juga mengatakan 'sangat sulit untuk mengarahkannya di layar'.

"Sebagai akibat dari ini dan dengan banyak pertimbangan, Bruce menjauh dari karier yang sangat berarti baginya," kata keluarga (istri Emma Heming Willis, putrinya Rumer Willis, Scout Willis, Tallulah Willis, Mabel Willis dan Evelyn Willis serta mantan istri Demi Moore) dalam unggahan yang dibagikan di akun Instagram Rumer Willis, tahun lalu.

"Seperti yang selalu dikatakan Bruce, 'Live it up' dan bersama-sama kami berencana untuk melakukan hal itu," tutup pernyataan tersebut.

Menurut Mayo Clinic, afasia "biasanya terjadi tiba-tiba setelah stroke atau cedera kepala. Kondisi tersebut juga dapat terjadi secara bertahap "dari tumor otak yang tumbuh lambat atau penyakit yang menyebabkan kerusakan permanen dan progresif." Orang dengan afasia mengalami perubahan dalam kemampuan mereka untuk berkomunikasi.

 

3 dari 4 halaman

FTD

Sementara, FTD diketahui adalah bentuk demensia yang paling umum dialami orang-orang berusia 60 tahun ke bawah. Saat ini tidak ada obat untuk menyembuhkannya, tetapi keluarga berharap dengan membagikan diagnosis aktor film Sixth Sense itu akan bisa menyebarkan kesadaran tentang 'penyakit yang kejam' itu.

"Bruce selalu menemukan kesenangan dalam hidup - dan telah membantu semua orang yang dia kenal untuk melakukan hal yang sama," kata pihak keluarga dalam pernyataan tersebut. "Itu berarti dunia melihat bahwa rasa kepedulian bergema kembali padanya dan kita semua."

"Kami sangat tersentuh oleh cinta yang kalian semua bagikan untuk suami, ayah, dan teman tersayang kami selama masa sulit ini. Belas kasih, pengertian, dan rasa hormat Anda yang berkelanjutan akan memungkinkan kami untuk membantu Bruce menjalani kehidupan seutuhnya," akhir pernyataan pada Kamis lalu.

4 dari 4 halaman

Film Terbaru Willis

Bruce Willis masih punya sejumlah stok film aksi yang layak dinantikan penggemar di dunia. Salah satunya, Deadlock, yang tayang eksklusif di platform streaming Lionsgate Play. Selain Bruce Willis, film ini diperkuat aktor Patrick Muldoon, Michael DeVorzon, dan Billy Jack Harlow.

Enam film terbaru Bruce Willis telah diamankan Lionsgate Play. Ini terkonfirmasi dalam konferensi pers virtual kerja sama Lionsgate Play dengan First Media, Selasa, 5 April 2022.

"Seperti yang tadi sudah dikatakan, kami telah mengamankan enam film terbaru Bruce Willis untuk tayang di Lionsgate Play," kata Director of Content, Legal and Regulatory PT Link Net Tbk., Ferliana Suminto, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com.

Deadlock mengisahkan Ron Whitlock (Bruce), penjahat buronan yang memimpin tim tentara bayaran dalam misi balas dendam. Ia merebut pembangkit energi dan menyandera banyak orang.

Seorang pensiunan polisi hutan kemudian melawan mereka untuk menyelamatkan ribuan nyawa tak berdosa. Pensiunan polisi ini berpacu melawan waktu demi para sandera.

.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.