Sukses

Suka Bersantap di Warung Makan, Anies Baswedan Ungkap Gudeg Terenak di Jakarta

Anies Baswedan beberapa kali memperlihatkan foto dirinya sedang menyantap makanan di warteg maupun warung makan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan terus menggalang dukungan dalam Pemilu 2024. Anies sendiri, sudah dideklarasikan oleh Partai Nasdem sebagai Capres. Saat ini, Partai Demokrat dan PKS menyatakan dukungannya terhadap Anies.

Salah satu persyaratan untuk mengiuti kontestasi Capres adalah melaporkan jumlah kekayaannya. Hal ini tentu sudah bukan hal baru bagi pemilik nama lengkap Anies Rasyid Baswedan ini karena sudah melakukannya saat mengikuti Pilkada untuk menjadi Gubernur DKI Jakartta.

Melansir kanal Bisnis Liputan6.com, Kamis (16/2/2023), Anies saat ini memiliki harta kekayaan sebesar Rp10.955.779.684. Data ini dikutip dari e-lhkpn KPK, Selasa (15/2/2023). Anies terakhir melapor LHKPN pada Desember 2021.

Selama ini Anies memang tidak identik dengan barang-barang mewah maupun kegiatan yang terkesan mahal. Saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, salah satu kebiasaan yang biasa dilakukannya adalah menyantap makanan di warung makan pinggir jalan seperti di warung tegal atau warteg. Hal itu diketahui dari sejumlah unggahan di akun Instagramnya.

Anies beberapa kali mengunggah foto-foto dirinya sedang makan di warteg terutama sebelum krisis pandemi Covid-19 melanda. Dalam sebuah unggahan, Anies memperlihatkan foto dirinya sedang menyantap sarapan di sebuah warteg di sekitar Pekojan, Tambora, Jakarta Barat.

“Karena perut terasa lapar, mampir sarapan di Warteg Barokah di sekitar Pekojan, Tambora, Jakarta Barat. Menu sarapan tadi nasi, ikan, orek tempe, telur asin, sayur bayam, dan segelas teh tawar hangat," tulisnya dalam keterangan foto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warung Gudeg

Anies bahkan tak segan mengajak orang lain untuk makan di warteg. Seperti pada Juni 2018 lalu, ia mengajak Mantan Menteri ESDM Sudirman Said untuk makan siang di Warteg Nurul di kawasan Menteng, Jakarta Pusat,

Dalam foto yang diunggah di Instagram, baik Anies maupun Sudirman, tampak sangat menikmati menu yang keduanya pesan. Kala itu, Sudirman Said memesan nasi, sayur asam, bandeng, tahu, dan tempe orek. "Kebetulan beliau di Jakarta, saya ajak ketemuan sekaligus sambil makan siang karena sudah lama tidak ketemu" tulis Anies.

Tempat makan lain yang pernah beberapa kali disambangi Anies adalah warteg Gewart Dago di kawasan Halim, Jakarta Timur. "Warteg di Halim ini sudah terkenal enak (dan murahnya) sejak 30 tahun lalu, saya tadi pakai telor balado, kering tempe, semur tahu sama mie goreng," kata Anies dalam sebuah unggahannya.

Anies dan sejumlah staf lain ke Gewart Dago menggunakan sepeda. Mereka sepakat gowes setelah melakukan rapat koordinasi. Warung favorit lainnya dari mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini adalah warung gudeg di kawasan Matraman, Jakarta Timur.

3 dari 4 halaman

Kendaraan

Rumah makan ini bukan restoran mewah, tapi hanya warung gudeg yang sangat sederhana. Anies bahkan mengatakan bahwa gudeng tersebut adalah yang terlezat se-Jakarta. Warung itu adalah Gudeg Bu Darmo Asli Jogja di kawasan Matraman, Jakarta Timur..

 

"Gudeg ini makanan favorit, dan gudeg di Bu Darmo mungkin salah satu yang terlezat se-Jakarta, mengingatkan sewaktu masih di Yogya dulu. Penjual di warung ini adalah anak cucu dari Bu Darmo, penjual gudeg keliling di Pasar Pramuka di tahun 1970-an.," tulis Anies Baswedan dalam unggahan pada Agustus 2019.

Teman-teman yang ingin makan di sana bisa naik Transjakarta koridor 5 turun di Halte Tegalan. Lalu jalan kaki sekitar 5 menit," tambah Anies. Sementara itu, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies tak banyak memiliki kendaraan. Tercatat, hanya ada 3 tunggangan Anies yaitu

Mobil Honda Odyssey tahun 2016 senilai Rp450 juta

Vespa Sprint tahun 1968 seilai Rp50.juta

Motor Kawasaki EX250V tahun 2018 senilai Rp50 juta

Total nilai dari kendaraan Anies mencapai Rp550 juta.

4 dari 4 halaman

Tanah dan Bangunan

Anies memiliki 6 tanah dan bangunan di beberapa kota dengan total senilai Rp14.715.962.000. Tanah Anies paling mahal berada di Ponorogo dengan luas 4.284 meter persegi dengan nilai Rp1,5 miliar.

Masing-masing tanah dan bangunan ini berada di Jakarta Selatan, Kota Sleman, dan Kota Ponorogo. Salah satunya ada tanah dan bangunan seluas 1655 meter persegi dan 798 meter persegi di kawasan Jakarta Selatan senilai Rp11,5 miliar, dan tanah lainnya di kawasan yang sama senilai Rp936,7 juta, serta tanah di Kota Ponorogo senilai Rp1,5 miliar.

Masing-masing tanah dan bangunan ini berada di Jakarta Selatan, Kota Sleman, dan Kota Ponorogo. Salah satunya ada tanah dan bangunan seluas 1655 m2/798 meter persegi di kawasan Jakarta Selatan senilai Rp11,5 miliar, dan tanah lainnya di kawasan yang sama senilai Rp936,7 juta, serta tanah di Kota Ponorogo senilai Rp1,5 miliar.

Adapun harta bergerak lainnya milik Anies senilai Rp 1.367.366.531, dan surat berharga sebesar Rp61.070.000, serta kas dan setara kas Rp1.208.221.107, hingga harta lainnya Rp659.921.865.Anies sendiri dalam laporan harta kekayaan tersebut memiliki utang Rp7.606.761.819.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.