Sukses

KAI Daop 1 Jakarta Umumkan Lomba Peringati Valentine's Day, Hadiahnya Termasuk Tiket Kereta Api Eksekutif

Lomba dalam rangka Hari Valentine's Day ini masih akan terselenggara hingga Selasa, 14 Februari 2023, dengan pemenangnya diumumkan Kamis, 16 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT. KAI Daerah Operasi 1 (Daop 1) Jakarta sepertinya tidak ingin ketinggalan menyambut momen Valentine's Day. Dalam pengumuman terbaru, pihaknya mengajak penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) mengikuti lomba bertajuk "Train of Love."

Caranya, menurut rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (11/2/2022), para penumpang KAJJ diminta mengabadikan momen kasih sayang selama perjalanan KA maupun di stasiun-stasiun keberangkatan KAJJ area Daop 1 Jakarta. Ada beberapa hadiah yang telah disiapkan KAI Daop 1 Jakarta.

Ini termasuk tiket Kereta Api Eksekutif untuk tiga foto pilihan terbaik, uang tunai masing-masing sebesar Rp1 juta, serta merchandise eksklusif untuk lima orang pemenang. Berikut persyaratan dan ketentuan lomba "Train Of Love:"

1. Lomba terbuka untuk umum;

2. Foto diunggah di Instagram dengan format landscape atau portrait, menyertakan tagar #DAOP1Jakarta2023 dan #TrainOfLove2023;

4. Setelah mengunggah foto, peserta diminta mengisi form melalui tautan bit.ly/LombaFotoTrainOfLoveKAIDAOP1;

5. Tag dan mention @ KAI121_ , @keretaapikita, dan lima teman di akun media sosial pengirim;

6. Wajib mengikuti akun instagram @KAI121_ dan @keretaapikita;

7. Pengambilan foto hanya di area stasiun yang telah ditentukan, yakni Stasiun Gambir, Pasarsenen, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Bogor, Bogor Paledang, dan Sukabumi;

8. Foto diberikan keterangan yang menyampaikan alasan momen tersebut adalah momen terbaik Anda saat menggunakan kereta api;

9. Objek foto merupakan momen kebersamaan dengan orang terkasih atau petugas KAI yang sedang melayani saat di stasiun atau kereta yang berangkat dari atau menuju ke stasiun di wilayah DAOP 1 Jakarta;

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketentuan Lain

10. Pengambilan foto harus mengutamakan aspek keamanan, keselamatan, dan tidak mengganggu kenyamanan pelanggan, serta operasional kereta api;

11. Foto merupakan karya sendiri dan bukan milik orang lain;

12. Apabila di kemudian hari ditemukan foto pemenang milik orang lain, hal tersebut bukan jadi tanggung jawab penyelenggara;

13. Periode pengiriman foto, yakni sampai 14 Februari 2023 dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada 16 Februari 2023 melalui media informasi resmi @KAI121_ dan @keretaapikita.

Sebelum ini, PT KAI mengumumkan bahwa pihaknya sedang membuka lowongan kerja. Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini baru saja menginformasikan membuka lowongan pekerjaan melalui unggahan media sosial pada Jumat, 10 Februari 2023.

Formasi yang dibuka adalah kebutuhan untuk pekerja formasi operasional dan kondektur PT KAI, lapor kanal News Liputan6.com. Melansir situs web resminya, prioritas penempatan ini untuk kebutuhan kerja di wilayah Sumatra bagian selatan.

Hal senada disampaikan VP Public Relations KAI Joni Martinus. "KAI memberikan kesempatan pada talenta-talenta terbaik bangsa untuk bergabung dan berkarier di KAI melalui rekrutmen ini," sebutnya.

 

3 dari 4 halaman

Waspadai Segala Jenis Penipuan

Pendaftaran lamaran dibuka pada Jumat, 10 Februari sampai Minggu, 12 Februari 2023 melalui situs web resmi rekrutmen KAI. Lowongan kerja tersebut terbuka untuk lulusan SMA, D3, D4, dan S1.

Pihaknya pun mengimbau agar masyarakat yang akan melamar untuk mewaspadai segala jenis penipuan yang mengatasnamakan rekrutmen KAI. Juga, mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.

"Rekrutmen KAI tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund, serta tidak bekerja sama dengan agent travel penyedia transportasi atau akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen ini," jelas Joni.

Sementara, perayaan Valentine's Day tahun ini rencananya ditandai dengan berbagai aktivitas unik di seluruh dunia. Di India, misalnya, departemen kesejahteraan hewan yang dikelola pemerintah India telah mengimbau warganya merayakan Hari Kasih Sayang 2023 bukan sebagai perayaan romansa, tapi "Hari Memeluk Sapi."

Ini dilaksanakan untuk mempromosikan nilai-nilai Hindu dengan lebih baik. Melansir AP News, 10 Februari 2023, Animal Welfare Board of India mengatakan pada Rabu, 8 Februari 2023, bahwa "memeluk sapi akan membawa kekayaan emosional dan meningkatkan kebahagiaan individu dan kolektif."

4 dari 4 halaman

Jadi Hari Memeluk Sapi

Dalam beberapa tahun terakhir, kelompok garis keras Hindu telah menggerebek sejumlah toko di kota-kota India. Mereka membakar kartu dan hadiah Hari Valentine, mengusir pasangan yang berpegangan tangan keluar dari restoran dan taman.

Kelompok ini mengatakan bahwa Hari Valentine mempromosikan pergaulan bebas. Kelompok politik garis keras, seperti Shiv Sena dan Bajrang Dal, juga mengungkap tindakan seperti itu membuka jalan untuk menegaskan kembali identitas Hindu.

Anak muda India terpelajar, terlepas dari agama mereka, biasanya menghabiskan liburan di taman dan restoran, bertukar hadiah dan mengadakan pesta untuk merayakan Hari Valentine seperti festival India lain, terutama sejak negara itu memulai proses liberalisasi ekonomi pada awal 1990-an.

Pemerintah nasionalis Hindu yang dipimpin Perdana Menteri India Narendra Modi telah mendorong agenda Hindu, mencari supremasi agama dengan "mengorbankan negara sekuler yang terkenal dengan keragamannya."

Sapi telah lama tertanam dalam jiwa umat Hindu dan sangat dihormati banyak orang. Sebagian besar negara bagian di India telah melarang penyembelihan sapi. Nilanjan Mukhopadhyay, seorang analis politik, mengatakan bahwa imbauan memeluk sapi di Valentine's Day "benar-benar gila." "Itu bertentangan dengan logika," sebutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.