Sukses

Alexander Wang Muncul di Panggung NYFW 2023, Coba Ubah Citra Usai Skandal Pelecehan Seksual

Alexander Wang menggandeng Julia Fox sebagai model untuk membawakan salah satu koleksi minim bahan di panggung New York Fashion Week 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Alexander Wang muncul di panggung New York Fashion Week (NYFW). Ini menjadi eksistensinya yang pertama di pekan mode bergengsi New York setelah 11 pria menuduhnya sebagai pelaku pelecehan seksual.

Pada Rabu malam, 8 Februari 2023, sejumlah selebritis dan kritikus fesyen berpengaruh menghadiri show koleksi teranyar Alexander Wang. Desainer keturunan China ini diketahui belum pernah menggelar show di New York meski brand-nya berbasis di Big Apple sejak 2019.

Dikutip dari HighsNobiety, Jumat (10/2/2023), Wang kembali dengan membawa pesan jelas, yakni 'selebritas bersedia memaafkan dan melupakan skandalnya,' meski Wang telah dituduh berbuat kesalahan. Dalam kesempatan itu, ia menggandeng Julia Fox sebagai model sekaligus muse yang berjalan di runway.

Tudingan pelecehan seksual terhadap desainer tersebut muncul ke permukaan pertama kali pada Desember 2020, ketika model Owen Mooney menuduhnya telah menggerayangi tubuhnya. Tak lama kemudian, penata gaya dan pengarsip mode David Casavant berbagi pengalaman serupa dengan New York Times.

Satu minggu kemudian, pengacara hak korban Lisa Bloom mengumumkan bahwa dia mewakili 11 pria dengan tuduhan pelecehan seksual terhadap sang desainer. Setelah menyangkal tuduhan tersebut, Wang mengeluarkan pernyataan yang berisi janjinya 'akan melakukan yang lebih baik.'

Dia dilaporkan bertemu dengan para penuduhnya, yang menurut Bloom "mengakui permintaan maaf Wang." Kasus yang ditangani klien Bloom tidak pernah masuk pengadilan. Ia menolak mengomentari penyelesaian keuangan apa pun yang mungkin telah disepakati dengan Wang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alihkan Perhatian

Setelah skandal tersebut, Wang tertangkap mengubah taktik pemasarannya. Kampanye yang merayakan identitas Tionghoanya mulai menggantikan citra mereknya yang murung dan sangat seksi di masa lalu. Unggahan di akun Instagram resmi label membuat kampanye terkait AAPI, termasuk dana bantuan untuk penduduk dan bisnis yang terlantar akibat kebakaran di Pecinan Kota New York.

Belakangan, unggahan itu terpantau sudah menghilang dari akun tersebut. Namun, perubahan fokus pada AAPI secara mendadak itu dipandang sebagai upaya mengalihkan perhatian dari dugaan perilaku predatornya dan mengalihkan perhatian ke tujuan yang dapat didukung semua orang, yakni merayakan komunitas Asia-Amerika.

Satu tahun kemudian, Wang terus mengelak dari tanggung jawab. Dalam acara terbarunya yang diadakan di Chinatown, seperti tercatat dalam siaran pers, Anna Wintour dari Vogue, di antara pemimpin redaksi lainnya, duduk di barisan depan bersama tamu-tamu terkenal, termasuk Amanda Lepore, Ming Lee Simmons, Maliibu Miitch, dan Saint Jhn. Sedangkan, Julia Fox, Gabbriette, dan Sydney Carlson berjalan di landasan.

3 dari 4 halaman

Penampilan Khusus Julia Fox

Sorotan khusus tertuju pada Julia Fox. Aktris berusia 33 tahun itu membawakan gaun kristal transparan yang memperlihatkan celana dalam warna kulit dan mengekspos payudaranya. Ia menutupinya dengan blazer hitam kebesaran dengan detail manik-manik untuk pertunjukan bertajuk "Cupid's Door" itu.

Ia tampil dengan riasan tebal. Rambutnya disisir ke belakang dengan gaya lurus dan menambahkan pulasan bibir merah tebal, serta memakai sepatu berhak tinggi untuk dipadukan dengan tema pakaian tembus pandang.

Dalam video yang diunggah di TikTok Wang, Fox berbicara pada YouTuber kecantikan kontroversial Nikita Dragon, yang ditangkap pada November 2022 setelah didakwa dengan kasus kekerasan, mengatakan, "Saya merasa seperti sirene seksi, siap menyedot jiwa."

Dikutip dari PageSix, itu bukan penampilan Fox pertama membawakan busana Wang. Ia pernah berpose untuk lini bodywear di atas taksi dan berbelanja keperluan bulanan dengan dalaman Wang pada tahun lalu.

Pilihan busana Fox makin berani. Ia tak segan memperlihatkan bagian tubuh pribadi ke publik di pekan mode New York tahun ini. Pada Selasa malam, dia mengenakan pakaian rancangan Mpaz Studio berupa potongan kain tipis yang menutupi tubuhnya dengan semacam gaun dan memperlihatkan bagian samping payudaranya.

4 dari 4 halaman

Show Pertama Seusai Berkasus

Bertajuk "Fortune City," desainer Alexander Wang menggelar pertunjukan landasan pacu mode yang dipatok sebagai perayaan makanan, budaya, dan musik Asia-Amerika. Desainer itu kembali ke runway setelah hampir tiga tahun hiatus.

Pertunjukan mode ini berlangsung 1,5 tahun setelah tuduhan pelecehan seksual terhadap Wang muncul, menurut laporan CNN, 22 April 2022. Sebelum show dimulai, Wang membuka pasar malam untuk masyarakat umum yang mengajukan tiket, menampilkan 10 restoran lokal yang menyajikan makanan secara gratis.

Variasi makanannya disebut "tidak main-main." Ada bubble tea dan air kelapa segar yang menggantikan alkohol. Bao bebek dan panekuk daun bawang juga disebut sangat populer di antara pengunjung. 

Petunjukan busana pun dimulai. Panggungnya adalah panggung yang ditinggikan dengan sepasang singa penjaga bertengger di atasnya. Secara tradisional, singa-singa ini ditempatkan di pintu untuk melindungi bangunan dari roh atau pengaruh jahat. Mereka sering terlihat di ruang perjamuan Cina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.