Sukses

Ragam Manfaat Jamu Kudu Laos, Menambah Nafsu Makan Sampai Mengatasi Keputihan

Jika dikonsumsi secara teratur, jamu Kudu Laos dapat membantu mengatasi hipertensi dan meningkatkan nafsu makan.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa, telah lama mengkonsumsi jamu sebagai sumber pengobatan dan pencegahan dari penyakit. Jamu-jamu tersebut bersumber dari berbagai tumbuhan dengan berbagai khasiat berbeda yang sampai sekarang efikasinya terbukti bermanfaat berdasarkan bukti empiris.

Pemanfaatan jamu ini terlihat dari banyaknya penjual jamu di seluruh pelosok negeri, baik jamu gendong, sepeda, hingga membuka toko jamu sendiri. Ada beberapa jenis jamu tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah Kudu Laos atau Kudu Laos Herbal.

Melansir kanal Dinas Kesehatan Kalimantan Barat dan berbagai sumber lainnya, Rabu, 8 Februari 2023, dua bahan utama minuman herbal ini adalah laos (lengkuas) dan mengkudu (buah mengkudu atau buah keju). Selain efek menghangatkan tubuh, minuman herbal tradisional ini juga membantu meredakan berbagai ketidaknyamanan perut termasuk kram menstruasi.

Kudu Laos baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Jika dikonsumsi secara teratur, juga dapat membantu mengatasi hipertensi dan meningkatkan nafsu makan. Manfaat lainnya adalah mendukung kesehatan otak, mencegah kanker, merawat kulit, meredakan batuk dan tenggorokan serta meningkatkan kesuburan pria.

Bukan itu saja, jamu kudu laos juga bisa untuk mengatasi keputihan. Untuk membuat resep ini, cincang laos dan mengkudu lalu seduh bersama. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti asam jawa, bawang putih, cabai puyang, garam, dan merica sesuai selera.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rasa Asam

Rasa jamu ini meski tidak manis namun juga tidak pahit, rasa asam akan mendominasi. Bertahanlah dengan rasa asam saat Anda meminumnya, Anda bisa minum air putih atau jamu beras kencur sebagai penghilang rasa asamnya.

Selain Kudu Laos, kebiasaan minum jamu kunyit asam membantu meredakan nyeri menstruasi, menurut sebuah studi tahun 2021 yang dipublikasikan di Jurnal Kebidanan Indonesia, dikutip Selasa, 24 Januari 2023. Penelitinya menggunakan model analitis korelasi, yaitu menyoroti dua variabel pada suatu situasi atau kelompok subjek.

"Pengambilan sampel didasarkan pada kriteria inklusi dan eksklusi," tulis mereka. "Dalam penelitian ini, sampel, yakni 60 mahasiswi yang terbagi atas 30 orang yang memiliki kebiasaan minum jamu kunyit asam dan 30 orang yang tidak memiliki kebiasaan minum jamu kunyit asam."

Merujuk tabel distribusi frekuensi responden berdasarkan nyeri haid dan kebiasaan minum jamu, tercatat ada 23 responden yang mengalami nyeri haid, dan yang tidak mengalami nyeri menstruasi sebanyak 37 orang. Dari 30 remaja putri yang memiliki kebiasaan mengonsumsi jamu kunyit asam, hanya sembilan orang di antaranya yang mengeluh merasakan nyeri saat menstruasi.

 

3 dari 4 halaman

Kunyit Asam

"Sedangkan 21 orang sisanya, setelah memiliki kebiasaan mengonsumsi jamu kunyit asam, keluhan-keluhan yang berhubungan dengan dismenorea primer tidak dirasakan lagi," tulis peneliti.

Dari 30 remaja putri yang tidak memiliki kebiasaan mengonsumsi jamu kunyit asam, sambung mereka, diperoleh 28 orang memiliki keluhan nyeri menstruasi. Dua orang sisanya, walau tidak punya kebiasaan minum jamu kunyit asam, tercatat tidak mengalami nyeri haid.

"Dapat disimpulkan bahwa remaja yang mempunyai kebiasaaan minum jamu kunyit asam sebagian besar tidak mengalami dismenor. Sedangkan remaja yang tidak mempunyai kebiasaan minum jamu kunyit asam sebagian besar mengalami dismenor," sebut mereka.

Penelitian itu juga mencatat bahwa agen aktif dalam kunyit asam yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, analgesic, dan anti-oksidan jadi penyebab nyeri menstruasi berkurang. "Agen aktif dalam kunyit yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-piretika adalah curcumine, sedangkan sebagai analgetika adalah curcumenol," catat peneliti. "Buah asam jawa juga memiliki agen aktif alami anthocyanin sebagai anti-inflamasi dan anti-piretika," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Melawan PMS

Selain, ada juga kandungan tannins, saponins, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamins untuk mengurangi aktivitas sistem saraf. Kunyit tercatat memiliki efektivitas yang sama dengan ibuprofen dalam mengurangi rasa nyeri.

Secara umum, ibuprofen dikenal sangat cepat dan efektif diserap setelah pemberian peroral (Sina, 2012). Beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak kunyit mampu menurunkan jumlah bakteri di usus yang berkoloni.

Selain pereda nyeri, ada manfaat lain dari mengonsumsi jamu kunyit asam saat menstruasi. Pertama, melawan PMS. Kunyit asam ampuh melawan Premenstrual syndrome (PMS) dengan memperkuat daya tahan tubuh. Semua gejala, seperti sakit kepala, lemas, dan jerawat bisa diminimalisir bahkan dihindari dengan mengonsumsi jamu kunyit asam.

Minuman tradisional ini pun dipercaya bisa mengatasi perubahan suasana hati. Anda mungkin sangat emosional saat dan selama menstruasi, mudah marah, atau sedih. Kurkumin mampu menyeimbangkan zat kimia pada otak sehingga terhindar dari perubahan suasana hati tersebut.

Kemudian, minum jamu kunyit asam juga dipercaya bisa memperlancar siklus menstruasi. Catatannya, itu harus jika dikonsumsi secara rutin dan berkala. Siklus yang tidak teratur dapat membuat gejala menstruasi lebih parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.