Sukses

Hyunjae Anggota The Boyz Minta Maaf karena Pakai Topi Desain Bendera Matahari Terbit Jepang

Hyunjae The Boys sempat memakai topi dengan simbol agresi masa perang Jepang, yang digunakan oleh militer kekaisaran selama Perang Dunia II (1939-1945).

Liputan6.com, Jakarta - Hyunjae The Boyz telah meminta maaf karena mengenakan topi dengan desain bendera Matahari Terbit. Lambang topi itu agak sensitif lantaran merupakan simbol agresi masa perang Jepang, yang digunakan oleh militer kekaisaran selama Perang Dunia II (1939--1945).

Mengutip The Korean Times, Selasa, 7 Februari 2023, banyak orang di Korea dan negara-negara Asia lainnya percaya bendera, yang menampilkan cakram merah yang dikelilingi oleh 16 sinar merah, harus dilarang digunakan, karena merupakan lambang kekejaman masa perang Jepang. Tapi Hyunjae terlihat mengenakan topi kontroversial dalam video perjalanan yang direkam di Tokyo, yang diunggah melalui saluran YouTube resmi The Boyz, 3 Februari 2023 lalu.

Setelah dirilis, banyak pengguna internet mengkritik pria berusia 25 tahun itu dan perusahaan manajemennya, IST Entertainment lantaran tidak sensitif. Setelah kontroversi tersebut, IST menghapus klip tersebut dan mengunggah ulang versi yang telah diedit tanpa tayangan Hyunjae memakai topi.

Pihak menejemen juga mengeluarkan permintaan maaf atas nama Hyunjae dengan mengatakan, "Kami minta maaf karena memicu kekhawatiran."

"Hyunjae memakai topi tanpa menyadari pola bermasalahnya, dan kami juga tidak mengenalinya pada awalnya," tambah Menejemen IST. "Kami akan lebih berhati-hati mulai sekarang untuk mencegah terulangnya insiden seperti ini."

Hyunjae memulai debutnya sebagai anggota The Boyz dengan single utama "Boy" pada 2017. The Boyz, dikenal dengan hits seperti "Reveal" (2020), dijadwalkan akan mengeluarkan mini album kedelapannya, "BE AWAKE," 20 Februari mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Hyunjae

Sementara itu mengutip dari laman Kprofiles, Selasa (7/2/2023), Hyunjae Lee Jae Hyun memiliki nama asli Lee Jae Hyun, ia dikenal sebagai adalah penyanyi dan penulis lagu Korea Selatan di bawah IST Entertainment. Hyunjae melakukan debut resminya pada 6 Desember 2017, sebagai vokalis utama, penari utama, dan visual dari boy grup beranggotakan sebelas orang The Boyz.

Dari silsilah keluarga, diketahui dia memiliki seorang kakak perempuan. Hyunjae menyukai rasa es krim Baskin Robbins favorit yaitu cokelat hitam dan putih, tetapi makanan favoritnya bukan es krim melainkan ayam goreng. 

Hyunjae lulus dari SMA Seni Hanlim. Hyunjae mendapat peringkat tinggi dalam kontes pidato taman kanak-kanak. Hobinya termasuk menonton film superhero dan berolahraga. Hyunjae juga lebih suka olahraga seperti tenis, pingpong. 

Hyunjae mengungkapkan dia menyukai EXO dan personel favoritnya adalah Baekhyun salah satu orang yang ingin ia ajak berkolaborasi  dengannya. Dikenal dengan namanya yang sekarang, sebenarnya dia ingin mengubah nama panggungnya menjadi Lee Hanbit.

3 dari 4 halaman

Debut Aktor di Drama Web

Pria kelahiran 13 September 1009 ini memulai debutnya sebagai aktor dalam drama web "I Can See Your MBTI" (2021).  I Can See Your MBTI menceritakan tentang kisah romance anak sekolah, antara seorang gadis misterius yang memiliki kemampuan untuk melihat MBTI orang lain.

Gadis bernama Lee Hye An (Choi Yeon Soo) itu bertemu dengan laki-laki bernama Yoo Ji Ha (Hyunjae THE BOYZ) yang memiliki banyak rahasia dalam hidupnya. Dalam kehidupannya selama ini, Yoo Ji Ha adalah tipe orang yang terus berganti-ganti MBTI.

Untuk yang kurang familiar, MBTI adalah singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. Alat untuk membantu individu agar mengerti mana cara komunikasi yang cocok untuk mereka. Dua orang dengan kemampuan yang saling bertolak belakang ini, bagaimana mereka berdua akan jatuh cinta? Selain pernah berakting di "I Can See Your MBTI" Acara lain dari Hyunjae THE BOYZ yang bisa dilihat penggemar adalah Mnet Road to Kingdom (2020). 

4 dari 4 halaman

Tentang The Boyz

Mengutip dari Kpropiles, Selasa (7/2/2023), The Boyz adalah boy grup Korea Selatan beranggotakan 11 orang di bawah IST Entertainment, mereka debut pada 6 Desember 2017 di menejemen yang berbeda dari sekarang. Grup ini terdiri dari Sangyeon, Jacob, Younghoon, Hyunjae, Juyeon, Kevin, New, Q, Juhaknyeon, Sunwoo, dan Eric.

Sejak 4 Desember 2017, Cre.ker Entertainment telah mengonfirmasi bahwa grup tersebut telah menandatangani kontrak dengan Sony Music untuk promosi Jepang mereka. The Boyz sempat menandatangani kontrak sebagai model eksklusif untuk merek seragam sekolah Skoolooks, serta merek kosmetik Siero Cosmetic. 

Hwall keluar dari grup pada 22 Oktober 2019. Nama Fandom The Boyz adalah THE B yang diucapkan dalam bahasa Korea sebagai Deo Bi. Kabar teranyar The Boyz, mereka merilis drama panjang Jepang kedua bertajuk "She's the Boss", rilisan pertama di bawah label baru mereka, Universal Music IST. 

Pada 17 Juni 2022, The Boyz merilis singel promosi kedua mereka "Sweet" melalui Universe. Pada 16 Agustus 2022, The Boyz merilis extended play ketujuh mereka, Be Aware yang berlanjut berita sedih pada 30 Agustus 2022 lalu, diumumkan bahwa Sunwoo akan menangguhkan kegiatan karena masalah kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini