Sukses

Berapa Kali Bisa Pakai Piama dan Jeans Sebelum Dicuci?

Pencucian piama serta pakaian lainnya, secara teknis bergantung pada aspek pribadi seperti tingkat keringat dan gaya hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan pakaian sebaiknya diimbangi dengan pencuciannya untuk menjaga kebersihan dan mencegah penyakit. Seperti piama hingga jeans, berapa lama dapat mengenakannya sebelum dicuci?

Dikutip dari CNN, Senin, 6 Februari 2023, pengguna TikTok, Allison Delperdang memulai debat online ketika ia mengunggah video pada 10 Januari 2023 dan mengatakan bahwa dia memakai piama yang sama beberapa kali. "Ketika saya masih muda, orangtua saya selalu menyuruh kami memakai piama beberapa malam berturut-turut karena tidak kotor, dan saya masih melakukannya sebagai orang dewasa," katanya.

Ia melanjutkan, "Saya perlu tahu apakah sebagai orang dewasa kita masih melakukan itu, atau haruskah saya benar-benar membuat pakaian kotor setiap malam?"

Untuk piama serta pakaian lainnya, secara teknis bergantung pada aspek pribadi seperti tingkat keringat dan gaya hidup. Meskipun bagi banyak orang lain, faktor yang lebih abstrak mungkin ikut berperan, kata para ahli.

"Keyakinan kami tentang kebersihan pakaian sebagian besar sosial dan budaya," kata Dr. Anthony Rossi, asisten dokter kulit di Memorial Sloan Kettering Cancer Center di New York City dan anggota dari American Academy of Dermatology.

Ia menambahkan, "Orang-orang cenderung mencuci dan 'kebersihan berlebihan' sendiri, karena terutama di Amerika, kami memiliki kemewahan untuk dapat melakukan semua itu setiap saat."

"Mengenakan kembali pakaian yang sama, terutama pada berhari-hari, terkait dengan menghindari kelelahan pengambilan keputusan, sehingga mengenakan pakaian yang sama melibatkan lebih sedikit pengambilan keputusan dan lebih sedikit stres setiap pagi," kata Manal Mohammed, dosen senior mikrobiologi medis di University of Westminster di London.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Risiko

Mencucinya terlalu jarang dapat menyebabkan masalah kulit atau infeksi, dan terlalu sering mencucinya dapat merusak pakaian Anda. Yang terakhir juga dapat mengakibatkan cucian yang tidak perlu dan penggunaan sumber daya.

Tidak ada aturan pasti berapa kali Anda boleh mengenakan pakaian lagi, tetapi para ahli mengatakan ada beberapa jenis pakaian yang harus dicuci setelah digunakan, seperti pakaian dalam, kaus kaki, celana ketat, legging, dan pakaian olahraga. Hal ini juga berlaku untuk pakaian lain yang terkena noda, keringat, bau, atau kotoran yang terlihat, kata Mohammed.

"Jenis pakaian ini "di bagian tubuh kita yang memiliki banyak bakteri alami yang hidup di tubuh kita, seperti microbiome, dan bakteri kita," kata Rossi. "Kemudian dari aktivitas sehari-hari, kita berkeringat. Itu hanya menghasilkan kelembapan dan lingkungan tempat bakteri ini dapat tumbuh terlalu cepat. Pertumbuhan bakteri yang berlebihan dapat menyebabkan infeksi, jamur, dan masalah kulit lainnya."

Selain bakteri dari keringat, pakaian yang dikenakan di pusat kebugaran atau olahraga dapat bersentuhan dengan bakteri seperti Staphylococcus aureus, yang mengakibatkan infeksi yang umum terjadi di komunitas dan rumah sakit. Infeksi tersebut bisa menjadi serius jika memasuki jaringan internal atau aliran darah.

3 dari 4 halaman

Kapan Harus Dicuci?

Beberapa orang mungkin membiarkan pakaian olahraga mereka mengering melalui udara atau pengering, dengan maksud membuatnya aman untuk dipakai lagi keesokan harinya. Tapi hal itu membuat situasi semakin buruk, kata Rossi.

"Panas akan membuat bakteri tumbuh. Tidak cukup panas untuk mensterilkannya," katanya. "Ini benar-benar mencuci dengan sabun dan air (yang Anda butuhkan) dan terutama dengan air panas, karena itu akan membantu membuang kotoran dan sebum itu dan benar-benar menghilangkan bakteri."

Mengenai mengapa Anda tidak boleh memakai kaus kaki lagi tanpa mencuci terlebih dahulu, "infeksi jamur pada kaki dan jari kaki merajalela," kata dokter kulit Dr. Jeremy Fenton, direktur medis untuk Schweiger Dermatology Group di New York City dan instruktur klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai. "Di dalam sepatu kita adalah lingkungan yang sempurna untuk membiakkan jamur. Panas, lembap, gelap."

Karena itu, sepatu atau sol sepatu harus dicuci di mesin cuci minimal sebulan sekali, kata Rossi. Untuk piama, outerwear, jeans, dan pakaian lainnya, berapa kali Anda dapat memakainya tanpa mencuci didasarkan pada prinsip yang sama untuk pakaian dalam atau activewear.

"Mengenai celana dan baju Anda, saya pikir itu semua adalah tingkat kenyamanan dan seberapa banyak Anda berkeringat sepanjang hari," kata Rossi.

4 dari 4 halaman

Cuci Pakaian

Jika Anda biasanya mandi sebelum tidur, mengenakan pakaian dalam dan sedikit berkeringat saat mengenakan piama, Anda bisa memakainya selama seminggu tanpa dicuci, kata para ahli. Tetapi jika Anda tidak melakukan hal-hal ini, Anda harus mencucinya setiap saat.

Outerwear seperti mantel atau jaket, biasanya tidak perlu dicuci lebih dari sebulan sekali karena tidak menyentuh kulit Anda, kata Rossi. "Kalau dipakai setiap hari, mungkin (mencucinya) dua minggu sekali," usulnya.

Seberapa sering mencuci jeans bisa menjadi topik hangat, karena banyak orang ingin menjaga keutuhan kain, yang biasanya lebih kaku dan lebih tahan lama dibandingkan yang lain. Jika jeans tidak berkeringat, kotor atau ternoda, maka tidak perlu sering dicuci, kata Rossi. "Saya pribadi tidak mencuci jeans saya," tambahnya.

Mohammed merekomendasikan mencuci jeans setiap bulan tetapi diakui itu tergantung pada gaya hidup dan lingkungan Anda. "Jika seseorang memberi tahu saya bahwa mereka mengenakan jeans mereka selama berbulan-bulan dan tidak mencucinya dan mereka tidak memiliki masalah dengan kulit atau masalah dengan bau, saya tidak akan melihat masalah sama sekali," kata Fenton.

Pertanyaan terpenting yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri, kata para ahli, ketika mempertimbangkan apakah akan mengenakan sesuatu lagi tanpa mencuci adalah: Apakah baunya? Apakah saya memiliki kondisi kulit, seperti eksim, ruam, atau lesi kulit? Apakah terlihat kotor? Apakah berkeringat? Apakah saya memakai pakaian dalam dengan ini?

"Poin utamanya adalah jawabannya akan sangat bervariasi," kata Fenton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.