Sukses

Wahana Baru Universal Studios Hollywood Dikritik karena Tidak Ramah Pengunjung Bertubuh Gemuk

Liputan6.com, Jakarta - Super Nintendo World membuat debut heboh di Universal Studios Hollywood bulan ini dengan soft opening-nya. Bersama euforia itu, wahana baru di taman hiburan itu juga menghadapi kritik keras publik.

Wahana Mario Kart yang sangat dinanti-nantikan ini telah membuat para gamer dan turis rela mengantre, dikutip dari New York Post, Kamis (2/2/2023). Menampilkan cart bergerak lambat, pengalaman augmented reality yang menempatkan pengendara di dalam kastil Bowser memang telah diprediksi jadi hit, terutama di antara pecinta Mario.

Tapi, satu detail tentang perjalanan tersebut membuat sebagian orang tidak menyadarinya. "Super Nintendo World sungguh mengagumkan, kecuali tentang batasan ukuran tubuh yang benar-benar konyol," kritik influencer Rocco Botte di Twitter.

Ia menyambung, "Saya tidak pernah memiliki masalah dengan perjalanan apapun sepanjang hidup saya, dan tubuh saya HAMPIR tidak muat dengan yang satu ini. Benar-benar tidak masuk akal."

Seorang pengguna lain menyambung, "Bisakah kita membahas bagaimana saya tidak akan bisa muat di Mario Kart? Garis pinggangnya 40 inci (sekitar 101,6 meter). Apakah Anda bercanda dengan saya @UniStudios? Ini PERJALANAN MENYESAKKAN."

Postcast pembawa acara Matt Mazany juga menimpali topik ini di Twitter, menulis, "Percayalah pada saya ketika saya mengatakan 'menurunkan sedikit berat badan' bukanlah saran baru. Universal sekarang memiliki sejarah dalam merilis wahana baru (seperti) Harry Potter, Life of Pets, dan sekarang Mario Kart di mana mereka tidak mengakomodasi orang-orang bertubuh gemuk, namun mereka AKAN mengambil harga tiket masuk penuh dari kami. Tampaknya tidak etis."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kursi Uji

TikToker David Vaughn memberi tahu pengikutnya tentang batasan ukuran wahana baru Universal Studios Hollywood tersebut. "Sayangnya, atraksi Tantangan Mario Kart Bowser yang baru hadir dengan peringatan bahwa para tamu yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 40 inci tidak dapat diakomodasi dalam perjalanan," katanya.

Ia menyambung, "Meski ada kursi uji coba di pintu masuk atraksi, sangat mengecewakan bahwa taman hiburan masih membuat atraksi ramah keluarga yang tidak dapat diakses banyak tamunya."

Seperti yang disebutkan dalam video Vaughn, situs web Universal Studios mengatakan "kursi uji" tersedia di pintu masuk sehingga pengunjung dapat menguji apakah ukuran mereka dapat diakomodasi pada perjalanan wahana yang sebenarnya.

"Perjalanan ini menerapkan batasan keamanan yang dapat membatasi tamu tertentu untuk berkendara karena bentuk dan ukuran tubuh," bunyi pedoman tersebut. "Para tamu yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 40 inci tidak terakomodasi dalam perjalanan dan sangat disarankan mencoba kursi uji yang disediakan di pintu masuk atraksi."

 

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Statistik Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menunjukkan bahwa rata-rata pria AS sedikit melebihi batas 40 inci dengan lingkar pinggang 40,5 inci. Sementara, lingkar pinggang rata-rata wanita berukuran 38,7 inci, membuat orang jadi mempertanyakan apakah persyaratan wahana baru Universal Studios Hollywood terlalu ketat seperti klaim beberapa orang.

Seperti yang disebutkan sederet kicauan di Twitter, Universal Studios telah mendapat kecaman karena dianggap tidak ramah pada pengunjung bertubuh gemuk dalam pembukaan sederet wahana baru mereka, termasuk "Harry Potter" yang populer.

Super Nintendo World sendiri menawarkan lebih dari sekadar wahana Mario Kart. Di dalamnya, ada juga pit stop bertema Mario yang menggemaskan, toko penuh barang-barang Super Mario, kesempatan bertemu dan menyapa karakter Nintendo favorit Anda, dan Toadstool Cafe tempat pengunjung dapat menikmati ragam makanan bertema Nintendo.

Setelah periode soft opening-nya, yang mana berlangsung sekitar setengah bulan, wahana baru ini akan secara resmi dibuka pada 17 Februari 2023.

4 dari 4 halaman

Sempat Tutup Sementara

Seperti taman hiburan lain di dunia, Universal Studios Hollywood juga sempat ditutup sementara di masa pandemi COVID-19. Pihaknya kembali membuka pintu untuk pengunjung pada 15 April 2021.

Di awal periode pembukaan, dikutip dari Travel and Leisure, 4 April 2021, Universal Studios Hollywood membatasi pengunjungnya hanya boleh warga California. "Universal Studios Hollywood terus bekerja dalam kemitraan dengan pejabat kesehatan dan pemerintah untuk menerapkan prosedur kesehatan dan keselamatan baru," kata perusahaan itu.

Kapasitasnya juga sempat dibatasi untuk menerapkan jarak fisik. Pemeriksaan suhu tubuh dan penggunaan masker pun semula diperlukan. Warga California yang mematuhi aturan itu disuguhkan wahana Jurassic World Universal Studios Hollywood.

Atraksi ini memperkenalkan dinosaurus Indominus Rex setinggi 22 kaki (sekitar 6,7 meter) yang tampak seperti asli, mampu mengedipkan mata, dan melenturkan lengannya. Los Angeles Times menggambarkan Indominus Rex sebagai "dinosaurus hibrida fiksi yang menggabungkan ciri-ciri berbagai spesies."

Pengunjung awal Universal Studios Hollywood saat itu juga jadi orang pertama yang mengalami perjalanan animasi The Secret Life of Pets. Atraksi ini menggabungkan pemetaan proyeksi dan animasi untuk memperkenalkan versi iluminasi karakter favorit mereka dari film.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.