Sukses

4 Tanda Kamu Punya Pola Pikir yang Dewasa, Bukan Perkara Umur

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mengatakan bahwa semakin bertambah umur seseorang, maka semakin dewasa pula pola pikir yang dimiliki. Padahal, hal tersebut tak sepenuhnya benar. Sebab, pemikiran dewasa seseorang itu tak bisa diukur dari seberapa tua dirinya. 

Bisa saja anak remaja yang baru berusia belasan tahun lebih mampu bersikap dan berpikir dewasa dari orang yang lebih tua. Ada juga individu berumur 20an yang lebih bijak dan pandai berpikir dewasa dibandingkan dengan orang yang memiliki usia 30 tahun ke atas. Oleh karena itu, kamu tak bisa langsung menilai status kedewasaan seseorang hanya lewat usia saja.

Untuk bisa lebih tahu dan memahami apakah kamu merupakan sosok yang memiliki pola pikir dewasa, maka berikut tanda-tandanya.

1. Selalu Berpikir sebelum Mengambil Keputusan

Setiap orang pastinya mengalami kondisi dan situasi yang berbeda-beda. Jika mereka memiliki level kedewasaan yang matang, maka berpikir menjadi hal pertama yang dilakukan sebelum mengambil sebuah keputusan. Ini karena mereka memahami bahwa di setiap hal yang diputuskan, akan ada tanggung jawab serta konsekuensi yang menyertai. Selain itu, orang yang dikategorikan dewasa ini pun cenderung mempertimbangkan apa yang diinginkan secara perlahan, namun tetap tepat.

2. Pandai Memahami Sudut Pandang Orang Lain

Bersama siapapun itu, kamu selalu mampu menerima dan memahami sudut pandang orang lain. Dengan adanya pola pikir ini, artinya ada banyak perspektif baru yang bisa didapatkan. Nah, pandangan-pandangan baru inilah yang nantinya akan membantu diri untuk bisa lebih berkembang. Oleh karena itulah, seseorang yang bisa menerima pemikiran orang lain dinilai lebih dewasa dan pandai menyikapi berbagai kondisi serta situasi. 

3. Mampu Menyeimbangkan Rasional dan Perasaan

Dalam menghadapi sebuah persoalan, kamu bisa menyeimbangkan penggunaan pemikiran rasional dan perasaan. Memang benar jika keduanya memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Namun, jika dioptimalkan penerapan kedua aspek penting ini, maka kamu akan menjadi seseorang yang dewasa dalam hal intelegensi dan emosi.

4. Menghargai Perbedaan yang Ada

Manusia sendiri dijadikan dengan memiliki banyak perbedaan satu sama lain. Entah itu latar belakang keluarga, karakteristik fisik, hobi dan kesukaan, hingga sifat. Meski begitu, di tengah perbedaan yang ada, selalu ada rasa menghargai dan juga menghormati akan kamu berikan. Tak hanya itu, kamu pun menerima hal yang berbeda tersebut seolah itu adalah hal yang wajar dan memang sepatutnya dilaksanakan. 

Well, itu tadi beberapa tanda bahwa kamu adalah seseorang yang dewasa. Meskipun menjadi dewasa itu tidak mudah, namun bukan berarti kamu tak bisa mewujudkannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar menambah kebijaksanaan serta pola pikir yang cerdas adalah dengan membaca buku, khususnya yang membahas kedewasaan seorang individu dan sebagainya. 

Nah, bagi kamu yang ingin membaca buku-buku tersebut namun belum punya, maka bisa banget untuk langsung membelinya melalui e-commerce yang tersedia. Apalagi, penggunaan platform belanja online ini memiliki sejumlah kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan. Dijamin, belanja barang apa saja bisa makin puas dan untung terus.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS