Sukses

Minder dengan Bentuk Tubuh, Perempuan Akhirnya Sukses Turunkan Berat Badan 40 Kg

Natalia Masterman sering mengalami makan secara emosional yang membuatnya kesulitan menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Natalia Masterman telah bertahun-tahun tak nyaman karena bentuk tubuhnya. Wanita yang bekerja sebagai personal trainer ini akhirnya memutuskan berdiet, yaitu mengubah seluruh pola makan dan gaya hidupnya hingga turun 40 kg.

Melansir dari New York Post, Senin, (23/1/2023) wanita yang berusia 28 tahun itu mengunggah foto di Instagram dengan menampilkan transformasi bentuk tubuhnya yang dicapai kurang dari satu tahun.

"Saya mengalami momen kehidupan yang bergerak dengan cepat di depan mata saya, di mana saya tidak menyukai apa yang saya lihat dan memutuskan bahwa saya akhirnya tidak akan pernah mengingat kembali kebiasaan buruk saya," tuturnya.

Masterman mengungkapkan bahwa pola makan yang dilakoni sebelumnya tidak benar-benar buruk. Dia sempat mengalami makan secara emosional, yaitu makan secara normal seharian kemudian makan banyak pada malam hari.

Namun, dirinya kembali membenahi pola makan dan gaya hidupnya dengan mulai menentukan diet yang bervariasi berdasarkan tujuan yang ingin dicapainya, seperti pembentukan otot atau mengurangi lemak di tubuh. Dia tidak lagi mengonsumsi lemak dan nasi, hanya memakan oatmeal, daging, dan lebih banyak protein.

"Kadang-kadang, saya akan makan protein bar, bagel, atau sesendok adonan kue jika saya ingin yang manis. Tetapi jika saya makan dalam defisit kalori, saya makan dalam jumlah kecil untuk makanan tersebut," kata wanita asal Washington.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Percaya Diri

Sebelum berat badannya turun sebanyak 40 kg, dia belum berolahraga secara konsisten. Setelah serius untuk diet, ia mulai rutin berolahraga di gym dan sering melakukan kardio dan angkat beban hampir setiap hari.

"Saya suka bahwa saya tidak stres ketika mengenakan bikini, dan berbelanja pakaian baru tidak membuat saya cemas lagi," ujarnya.

Menurutnya, tidak ada bentuk tubuh yang sempurna, tetapi dirinya senang untuk mengatakan bahwa merasa jauh lebih baik dengan tubuhnya saat ini. Masterman pun mengunggah perubahan bentuk tubuhnya lewat video di akun TikToknya.

Video tersebut sudah diputar ribuan kali dan dibagikan oleh para warganet. Ini merupakan hal yang baru bagi Masterman karena tidak pernah berani ia lakukan sebelumnya. Dia pun menerima banyak komentar positif dari warganet terkait video yang diunggahnya tersebut.

"Sebelum penurunan berat badan, kepercayaan diri saya sangat rendah dan saya cukup pendiam karena saya ragu untuk membuka diri atau menempatkan diri saya di luar sana," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Butuh Motivasi

Setelah berjuang dengan penurunan berat badan sejak usia 8 tahun, Masterman membutuhkan waktu hampir 20 tahun untuk mengumpulkan motivasi untuk mencapainya. "Saya dulu berkata pada diri sendiri bahwa saya akan mulai (diet) besok, setiap harinya," kata Masterman.

Dia merasa tidak bahagia dengan tubuhnya pada saat itu karena merasa terlihat berbeda dengan menjadi diri yang dia inginkan. Bahkan, dia sempat hilang kepercayaan diri dalam urusan percintaan.

Masterman sempat diet vegetarian, yaitu pola makan dengan mengonsumsi sayur dan buah tanpa mengonsumsi makanan dari hewani. Namun, niat tersebut gagal, begitu juga dengan pola makan lainnya yang telah ia coba.

Dia mengaku selalu memanjakan dirinya dengan piza, camilan olahan, dan kue yang bisa dikonsumsi sebanyak 6 ribu kalori dalam sekali makan. Namun, titik terendahnya adalah pada 2019, ketika dia menyadari betapa "lelah" dia dengan gaya hidupnya kemudian dia mulai perjalanan penurunan berat badannya.

"Saya membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk menurunkan berat badan, dan sekarang saya telah menghabiskan waktu untuk membentuk tubuh, seperti menghilangkan lemak dan membangun otot, tetapi yang terpenting mempertahankan berat badan saya," jelasnya.  

4 dari 4 halaman

Menyadarkan Orang Lain

Saat ini, ia berharap kisahnya ini dapat menyadarkan orang lain yang mungkin mengalami tantangan yang sama dalam bentuk tubuh dan penurunan bentuk badan. "Saya ingat bagaimana rasanya berkecil hati ketika Anda baru saja memulai. Jadi, saya mengunggah cerita saya untuk menunjukkan kepada orang lain apa yang mungkin terjadi ketika Anda memutuskan tampil untuk diri sendiri dan tetap konsisten," ia menuturkan.

Masterman secara teratur mengunggah gambar bentuk badannya sebelum dan sesudah di Instagram yang mendapatkan komentar positif dan dorongan dari para pengikutnya. Nasihat Masterman kepada siapa pun yang berjuang adalah untuk memiliki keanggunan dan kesabaran, karena dia tahu bahwa fasilitas olahraga bisa menjadi tempat yang menakutkan bagi para pemula.

Dia juga meyakinkan orang-orang bahwa mereka dapat memulai sebanyak yang diperlukan karena pengejaran kebugaran tidak pernah berakhir. Ia berpendapat bahwa setiap orang harus keluar dari zona nyaman dan memulai dari yang kecil.

"Pastikan Anda berada di tempat yang baik untuk memberi diri Anda waktu dan energi untuk menjadi sukses," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.